Sponsors Link

8 Penyebab Cacingan Kremi yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Banyak orang yang belum mengetahu penyebab cacingan, sehingga banyak orang yang tidak terhindar akan penyakit cacingan ini. Pada umum nya penyakit cacingan akan menyerang anak – anak, maka di anjurkan untuk para orang tua ada baiknya untuk mengetahui penyebab cacingan,gejala serta cara mengatasinya. Anak belum mengetahui apa yang dapa menyebab kan mereka terkena cacingan maka disini orang tualah yang harus berperan untuk menjaga dan memperhatikan selalu tumbuh kembang anak – anak nya. Biasanya anak anak suka berrmain dengan tanah yang kotor da nada banyak kuman di dalamnya, maka anda harus memberi tahu bukan berarti melarang ya akan tetapi selalu di ingatkan dengan selalu mencuci tangan atau sebagainya.

ads

Lalu Apasih Sebenarnya Cacingan Itu?

Cacingan merupakan suatu parasite yang tumbuh di dalam tubuh kita dan mengganggu tubuh tersebut, cacingan dapat mengakibatkan semua nutrisi ataupun gizi yang di serap oleh tubuh kita akan di serap oleh parasite tersebut jadi tubuh kita akan kekurangan nutrisi atau kebutuhan lainya. Nah oleh sebab itu semua orang harus tau apa itu sebenrnya yang menyebabkan cacingan. ketahui juga tentang bab lembek terus menerus.

Cacingan Ada 3 Jenis :

  • Cacing Kremi, Jenis cacing ini biasnya sering dialami oleh anak – anak. Jenis cacing ini mempynyai ukuran tubuh yang sangat kecil, yaitu sekitar hanya seperempat inci. Cacing ini biasanya akan menginfeksi pada organ usu anak, akan tetapi tidak menimbulkan suatu gejala jadi banyak orang yang tidak menyadari akan adanya parasit satu ini.
  • Cacing Pita, Cacing pita biasanya di jumpai pada beberapa daging babi, cacing pita biasanya akan menyerang kaum dewasa.
  • Cacing Gelang, Cacing jenis ini dapat menembus pori – pori kulit dan biasanya bisa hidup dalam paru – paru dan jangan menganggap remeh jenis cacing yang satu ini karna dapat menimbulkan suatu penyakit yang berbahaya.

Nah untuk mengatasi infeksi cacingan, dokter biasanya akan memberikan obat cacing untuk si penderita cacingan. Akan tetapi biasanya bukan hanya untuk si penderita cacingan, tapi biasnya akan di kasih ke semuaa anggota keluarga aga mencegah infeksi berulang kembali. Kebanyakan orang juga akan merasakan efek samping dari saluran pencernaan pada masa perobatan. Biasanya obat – obat yang di rekomendasi kan adalah mebendazole , albendazole dan juga paraziquantel, akan tetapi jika si penderita juga mengalami anemia maka biasanya juga akan di saran kan untuk menggunakan atau meminum suplemen zat besi. Namun untuk ukuran cacing yang sudah besar seperti cacing gelang biasanya juga di perlukan operasi. baca juga ciri ciri usus luka.

Beberapa Penyebab Cacingan :

  • Kurang dalam memelihara kebersihan

khusus nya untuk anak – anak yang belum bisa atau belum tahu cara memelihara kebersihan. Maka anda sebagai orang tua haru selalu memperhatikan kebersihan dari anak-anak anda dan anda juga harus mengajarkan betapa pentingya menjaga kebersihan untuk kesahatan tubuh nya.

  • Faktor Lingkungan Yang Kotor

Lingkungan di sekitar anda juga dapat mempengaruhi anda terkena cacingan, biasanya cacing menempati lingkungan yang lembab dan kotor. baca juga penyebab kanker usus buntu.

  • Jarang Memakai Alas Kaki

Kebiasaan ini tidak Cuma dilakukan oleh anak – anak saja tapi orang dewasa biasanya juga melakukan kebiasaan tidak memakai alas kaki. Cacing jenis gelang dapat menempbus permukaan kulit dan juga pori pori manusia. Cacing jenis itu juga dapat bertelur dan menyebab kan anda terkena cacingan. baca juga efek setelah operasi usus besar.

  • Faktor Makanan

Cacingan juga dapat di sebabkan oleh factor makanan yang sudah tercemar oleh larva cacing. Larva tersebut dapat di dalam usus dan kemudian bertelur dan dapat berkembang biak. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan anak anak atau orang dewasa dapat terkena cacingan dikarenakan oleh factor suatu makanan. baca juga Cara mencegah kanker usus.

Sponsors Link

  • Faktor Minuman

Banyak orang yang tidak menyangka jika ternyata minuman juga dapat menyebab kan anda terkana gejala cacingan. Dengan meminum air mentah secara terus menerus dapat membuat telur cacing tumbuh di dalam perut anda. Anda harus menghindari kebiasaan buruk tersebut kebiasaan meminum air mentah merupakan kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.

  • Tidak Menjaga Kebersihan Anus

Ketika anak terkenan cacingan , khususnya untuk cacing kremi pada umum nya gejala yang di timbulkan ialah gatal – gatal di area anus yang sering kali sangat mengganggu dan membuat yang terkena sangat tidak nyaman. Ketika kita menggaruk pada area yang gatal , maka telur cacing akan pecah dan nantinya larva akan masuk ke dalam dubur.

Bahkan saat di garuk terlur atau larva cacing ini nanti dpa menempel di sela sela kuku ataupun jari dan juga di sprei atau pakaian yang terkena langsung dengan area gatal tersebut dan telur cacing tersebut dapat menular ke orang lain yang dapat menimbulkan siklus cacingan. Nah itu dia sebabnya kita harus selalu menjaga kebersihan baik pada bagian kuku ataupun lainya. Kalian juga harus menjaga kebersihan pada area genital dan khusus nya untuk anak kecil peran orang tua sangat di butuhkan untuk mengajarkan betapa pentingya menjaga kebersihan dan mengajarkan bagaimana cara menjaga kebersihan yang benar.

  • Proses Memasak Yang Kurang Bersih (Baik)
ads

Ketika kita memasak maka kita harus memasak dengan bersih dan juga hingga keadaan matang. Dikarenakan dengan makanan yang masih sedikit mentah atau belum matang  dapat memungkinkan cacing – cacng belum mati dan masih dapat berkembang biak dengan bebas. Dan yang terpenting ketika anda hendak memasak anda juga harus membersihkan bahan – bahan yang akan anda gunakan untuk masak dan memastikanya dalam kondisi bersih dan tidak ada kotran yang masih tersisa.

  • Jari Yang Kotor

Terutama untuk anak – anak sangat suka sekali dengan tanah dan mereka belum tahu cara menjga kebersihan. Anak biasanya lebih mudah terinfeksi cacing karna mereka belum mengerti tengan menjaga kebersihan padahal di dalam tanah yang basah dan lembab biasanya terdapat telur cacing. Nah karena itu kita sebagai orang tua harus mengajarkan sejak dini bagaimana cara menjaga kebersihan dan mengajarkan betapa pentingya itu kebersihan bagi kesehatan tubuh kita. Dengan jari yang kotor maka cacing dan telur nya dapat saja masih tertinggal di sela sela jari atau kuku kita. Kemudian dapat masuk melalui mulut saat mreka hendak makan atau minum. Anda juga dapat memotong kuku anak agar kejadian ini juga tidak terjadi kepada anak – anak .

Pengobatan Tradisional Penyakit Cacingan

Jika di rasa anda mendapat kan gejala cacingan maka anda dapat melakukan pengobatan tratditional dan modern yang sudah saya jelas kan di atas. Jika gejala tidak kunjung membaik maka anda harus segera membawanya ke dokter agar segera mendapat penganganan yang khusus, di beri langkah – langkah oleh dokter agar cepat sembuh dan juga dokter akan memberikan anda obat dan resep obat untuk anda agar sembuh serta terhindar dari cacingan. Ada juga penyakit tipes disertai batuk, yang anda harus ketahui gejala serta bahayanya.

Namun, sebelum membahas itu anda bisa mengetahui beberapa pengobatan yang penting untuk penyakit cacingan ini, yang bisa anda atasi segera sebagai berikut:

1. Kelapa dan Wortel

Anda dapat menggunakan wortel dan kelapa, siap kan ¼ kelapa yang sudah agak tua dan juga 1 buah wortel yang masih segar, kemudia parut keduanya dan jangan lupa tambah kan 1 gelas air. Setelah itu peras dan ambil sarinya dan setelah itu anda dapat meminum air perasan tersebut saat hendak tidur lakukan secara berkala agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kulit Mangga

Anda juga dapat menggunakan kulit manga, caranya pun cukup muda, cukup rebus kulit manga dengan 2 gelas air dan tunggu sampai mendidih setelah itu tiriskan hingga dingin setelah itu anda dapat meminum nya, konsumsi secara teratur agar dapa mendapat kan hasil yang maksmimal.

3. Vermox

Obat ini merupakan salah satu obat cacingan yang sangat ampuh dan sudah banyak di gunakan untuk mengatasi berbagai masalah cacingan baik untuk orang dewasa maupun anak – anak. Namun Vermox sangat tidak di rekomendasikan atau tidak di perkenankan untuk usia anak – anak di bawah 2 tahun. Anda dapat membeli obat ini karna obat vermox ini sudah tersedia di berbagai apotek.

Nah dengan adanya artikel ini semoga anda dapat lebih berhati – hati dengan penyakit cacingan karna cacingan jika dibiarkan dapat menjadi berbahaya. Anda yang sudah berperan sebagai orang tua juga harus mengajarkan sejak dini ke anak anda tentang penting nya menjaga kebersihan untuk nya dan juga mengajarkan cara menjaga kebersihan contohnya dengan rajin mencuci tangan agar terhindar dari penyakit ataupun gejala cacingan. Diatas kita juga sudah memberikan beberapa penyebab cacingan dengan adanya itu semoga anda dapat terhindar dari cacingan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Cacingan