Sponsors Link

8 Penyebab BAB Tidak Tuntas yang Sering Dialami

Sponsors Link

Berbicara mengenai BAB yang tidak tuntas, tentu ini ada hubunganya dengan gangguan pada system pencernaan kita. BAB menjadi tidak lancar umumnya terjadi karena pola makan kita sehari-harinya kurang sehat. Kekurangan banyak serat juga bisa menjadi faktor utama mengapa BAB kita menjadi tidak tuntas. Sebagian orang yang kekurangan cairan dalam tubuhnya, seperti kurang minum juga bisa mengalami BAB yang tidak tuntas.

ads

Bisa kita bayangkan, jika kita mengalami BAB yang tidak tuntas di hampir setiap kali buang air besar, maka aka nada efek negative yang muncul terkait dengan obat tradisional polip usus kesehatan pencernaan kita. BAB yang tidak tuntas dapat menyebarkan racun yang berasal dari sisa kotoran yang tersimpan di dalam usus atau tubuh kita. Sisa makanan hasil metabolisme tubuh tersebut akan terus menumpuk dan menjadi sumber penyakit.

Ketahui Ritme Metabolisme Tubuh

Sebagai pengetahuan, bahwa tubuh kita akan melakukan metabolisme tubuh dan membuang sisa dari metabolisme yang tidak digunakan oleh tubuh. Jika sisa metabolisme penyebab sakit perut melilit tersebut tidak bisa dikeluarkan lewat BAB, maka harus dilakukan pengobatan khusus, agar BAB menjadi tuntas dan pencernaan menjadi lancar.

Saat proses metabolisme terjadi, tubuh kita akan mengeluarkan keringat yang merupakan hasil pelepasan dari proses metabolisme ini. Kita juga bisa merangsang keluarnya keringat dari tubuh dengan bergerak dan berolahraga. Feses dan juga urine yang kita keluarkan merupakan bagian dari metabolisme yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Pada kondisi normal, orang seharusnya melakukan BAB dari satu hingga tiga kali dalam sehari. Ada juga orang yang bisa BAB hanya 3 kali dalam satu minggu, dan itu masih kategori normal. Namun, jika Anda merasa sudah tidak bisa BAB lebih dari seminggu, maka perlu diwaspadai dan penyebab bab berdarah segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan, agar mendapat diagnose dan penanganan lebih lanjut.

Penyebab BAB Tidak Tuntas

Lalu mengapa orang bisa mengalami BAB yang tidak tuntas? Tentunya banyak faktor penyebab dari BAB tidak tuntas, mulai dari pola makan yang kurang benar, hingga masalah pencernaan lainya. Supaya bisa lebih waspada terhadapa gangguan pencernaaan yang satu ini, berikut akan dijelaskan mengenai penyebab BAB tidak tuntas :

  • Kurang Mengkonsumsi Serat

Makanan yang diperlukan oleh tubuh dan baik untuk pencernaan, salah satunya adalah makanan yang mengandung serat. Jika BAB Anda sering tidak tuntas dan seperti cara mengobati asam lambung tinggi mengendap, maka sebaiknya coba untuk mengkonsumsi makanan berserat dengan takaran yang cukup.

  • Kurang Cairan (minum)

Tubuh memerlukan banyak cairan, agar kegiatan metabolisme tubuh bisa semakin lancar. Dengan banyak minum air putih, kita mendapatkan banyak manfaat, seperti bersih ciri ciri usus melintir dari racun-racun yang berbahaya bagi tubuh, dan juga memperlancar BAB yang keras dan sulit dikeluarkan.

  • Sering Menunda BAB

Siapa yang sering menunda kegiatan BAB? Karena aktifitas yang super padat, terkadang orang menjadi malas dan menahan serta menunda-nunda untuk BAB. Padahal, panggilan alam ini sebaiknya tidak ditunda dan harus disegerakan. Efeknya, jika ditunda maka BAB akan sulit dan tidak tuntas.

Sponsors Link

  • Stress

Stress biasanya berhubungan dengan rasa sakit pada perut serta pada pencernaan. Hal ini terjadi karena saraf mengantarkan impuls pada pencernaan sehingga bisa memberikan cara mengatasi asam lambung berlebihan efek secara langsung. Ketika stress, terkadang BAB juga bisa menjadi sulit dan tidak tuntas.

  • Mengkonsumsi Obat Efek Sembelit

Mungkin sebelumnya Anda mengalami mencret ketika BAB dan untuk mencegahnya, Anda meminum obat khusus yang memiliki efek seperti sembelit, agar BAB kembali padat. Namun, terkadang efek yang terjadi malah sebaiknya, BAB menjadi sulit dan tidak tuntas.

  • Faktor Lanjut Usia

Orang-orang yang sudah berusia lanjut atau lansia, umumnya memiliki keluhan penyakit yang berkaitan dengan pencernaaan, salah satunya adalah BAB yang tidak tuntas. Kinerja organ-organ tubuhnya mulai melemah, sehingga makanan yang dikonsumsi juga harus lebih diperhatikan.

Sponsors Link

  • Gangguan Hormon

Biasanya, wanita hamil atau wanita yang sedang periode akan mengalami BAB yang tidak tuntas atau bahkan sembelit. Hal ini diakibatkan adanya gangguan hormon obat herbal perut kembung yang terjadi karena haids dan kehamilan yang membuat pencernaan menjadi bekerja secara lambat.

  • Agar BAB Menjadi Lancar

Kita bisa melakukan tindakan pencegahan, agar BAB menjadi tuntas dan lancar dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan yang kekurangan serat. Jalankan pola hidup yang sehat dan olahraga yang teratur. Pilih makanan berserat seperti sayuran dan buah untuk menjadi menu harian yang sehat bagi pencernaan kita.

Ternyata bukan hanya faktor makanan yang mempengaruhi pencernaan menjadi kurang lancar, dan menyebabkan BAB tidak tuntas. Faktor lainya seperti gaya hidup yang tidak sehat dan sering mengalami stress, bisa memicu penyebab BAB  tidak tuntas. Disarankan untuk selalu menjaga pola makan dengan lebih memilih makanan berserat baik.

 

Sponsors Link
, ,
Oleh :