Sponsors Link

7 Penyebab Bab Keras yang Wajib Anda Atasi Segera

Sponsors Link

Terkadang mencari penyebab susah buang air besar atau sembelit memang sulit untuk di ketahui. Akan tetapi pada umum nya ada beberapa factor yang mampu menyebabkan buang air besar atau sembelit yang sering di alami pada seseorang seperti kehamilan, pola makan yang buruk, sering menunda buang air besar, bias juga pengaruh obat-obatan dan juga bias mengalami gejala atau karena kondisi tertentu. Susah Buang air besar atau sembelit pada bahasa medis sering di sebut konstipasi, terjadi karena ketika frekuensi buang air besar anda berkurang. Frekuensi buang air besar setiap orang ber beda-beda dan tidak bias di samakan. Tidak ada patokan juga harus berapa lama atau berapa sering orang buang air besar.

ads

Ada beberapa orang buar air besar 1-3 kali dalam waktu seminggu namun ada juga beberapa orang yang buang air besar 1-3 dalam 1 hari. Akan tetapi biasanya ketika orang tidak buang air besar selama 3 hari atau lebih itu sudah di katakana terlalu lama dan bias jadi terkenan gejala susah buang air besar atau sembelit. Hal ini menyebabkan tekstur tinja yang berubah menjadi keras. baca dan ketahui juga tentang  ciri ciri usus luka

Apa Saja Yang Menyebabkan Seseorang Mejadi Susah Buang Air Besar?

1. Mempunyai Pola Makan Yang Buruk

Disaat tubuh anda megalami kekurangan serat, buah-buah an atau juga sayur-sayuran dan juga kekurangan cairan itu dapat memicu konstipasi. Terlepas dari itu, terlalu sering mengkonsumsi produk pada susu juga dapat menyebabkan susah nya buang air besar atau sembelit. Gangguan makan turut berkontribusi juga dalam menyebabkanya sembelit atau susah buang air besar. Seseorang yang tidak mempunyai berat ideal juga dapat menyebab kan anda mengalami sembelit atau susah nya buang air besar.

2. Mengalami Kehamilan

40% wanita yang sedang hamil juga sering mengalami susah nya buang air besar atau sembelit. Teruntuk pada periode awal kehamilan, ini dapat di alami ibu hamil karna selama mengalami kehamilan tubuh dapat memproduksi hormone progestron yang sangat tinggi dan memberikan efek mengendur kan otot nah maka dari itu, hal itu akan menyebabkan sulitnya otot usus untuk berinteraksi. baca dan ketahui juga tentang  penyebab kanker usus buntu

3. Sering Menunda Buang Air Besar

Ketika anda atau anak kita ataupun siapa yang sering menunda buang air besar, entah alas an takut atau malas. Hal ini dapat beresiko meningkatkan kemungkinan gejala sembelit atau susah buang air besar. Nah makanya jangan tunda buang air besar selagi anda dapat melakukan. Karna kotoran yang ada di tubuh anda harus di keluarkan secara teratur

4. Karena Faktor-faktor Psikologis

Saat seseorang kesulitan buang air besar, mungkin itu bisa terjadi karena mereka mempunyai masalah psikis, seperti stres, kecemasan, trauma kekerasan, atau pelecehan seksual.

5. Karena Obat-Obatan

Sering mengkonsumsi obat-obat an tertentu juga dapat menyebabkan dan juga menimbulkan efek samping yang berupa sembit atau susah nya buang air besar. Obat-obat an yang di maksut adalah seperti suplemen kalsium,zat besi, obat epilepsy, antidepresi dan juga obat lainya yang mempunyai sifat candu atau membuat kecanduan seperti kodein ataupun juga morfin. Terlepas dari itu obat yang untuk mengatasi pada gangguan pencernaan seperti antasida juga mampu memberikan efek membuat sembelit ataupun susah buang air besar.

6. Mempunyai Kondisi Kesehatan Tertentu

Untuk khasus ini jarang terjadi atau di alami oleh seseorang karna ini merupakan faktir kesehatan tertentu yang di alami oleh seseorang. Kesulitan buang air besar atau sembelit dapat di anggap dari gejala atau tanda yang menunjukan kondisi medis tertentu. Diabetes, sindrom iritasi pada usus besar, hiperkalsemia dan juga kelebihan kalsium dalam darah.

Sponsors Link

7. Kurang air Minum

Kenapa bisa dan mengapa BAB kita bisa menjadi keras? Salah satunya  adalah karena kurangnya mengkonsumsi air putih. Kekurangan cairan didalam tubuh tidak hanya cuma akan menyebabkan Anda terkena dehidarasi akan tetapi juga dapat membuat kotoran anda menjadi bertekstur keras sehingga akan membuat Anda menjadi merasa kesulitan saat akan  buang air besar.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Susah buang air besar atau jugasembelit mempunyai penyebab yang berfariasi pada setiap orang. Begitu juga mengenai langkah pada penanganan gejala tersebut juga tergantung terhadap gejala dan apa yang di alami oleh si penderita. Akan tetapi pada umum nya ada beberapa cara yang kami rangkum untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Nah disini kami sudah menyiapkan atau merangkum kan untuk anda cara mengatasi gejala susah buang air besar atau sembelit, semoga dengan menggunakan cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan dapat sembuh dengan cepat:

ads
  • Perhatikan kebutuhan cairan, ketahuilah kebutuhan cairan pada tubuh anda agar anda terhindar dari dehidrasi dan susah buang air besar atau pun sembelit.
  • Mengonsumsi Serat, Sering mengkonsumsi serat hingga 18-30 gram untuk satu hari. Serat dapat di dapat dari sayuran dan juga buah-buahan.
  • Posisi pada saat buang air besar, Saat anda sedang buang air besar sebaiknya pastikan kaki andaberada di bangku yang rendah agar lutut berada di atas pinggan, pada posisi ini akan membuat kotoran lebih cepat keluar.  penyebab kanker usus buntu
  • Konsumsi obat, Anda juga bias mengkonsumsi beberapa obat penghilang nyeri sesua takar aran, seperti aspirin dan juga parasetamol ketika gejala sembelit atau susah buang air besar sudah menimbulkan rasa nyeri pada perut dan mual. baca dan ketahui juga tentang  akibat kekurangan karbohidrat
  • Sering Olahraga, Sering berolahraga juga dapat melancarkan buang air besar. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki ataupun lari-lari kecil dengan rutin.
  • Jangan Menunda-nunda Buang Air Besar, Perhatikan jadwal buang air besar anda, dengan mengingat kapan terakhir anda ke toilet untuk buang air besar, agar tidak terlalu menumpuk kotoran di dalam tubuh anda.
  • Terapkan Rutinitas Buang Air Besar Anda, Seperti kapan dan di tolet mana anda nyaman untuk melakukan buang airbesar. Penerapan rutinitas seperti ini juga sangat penting dilakukan atau di kerjakan untuk anda. Karna kegiatan ini selain membuat anda sembuh dari gejala susah buang air besar atau sembelit anda juga dapat terjauh dari gejala itu sendiri.  Cara mencegah kanker usus
  • Menggunakan Jus Lemon, Buah yang mengandung vitamin C tinggi ini dapat di jadikan solusi saat anda mengalami susah buang air besar atau sembelit. Cara nya pun cukup mudah dengan mengekstrak jus dari setengah buah lemon dengan tambahan segalas air hangat dan juga sedikit garam. Anda juga dapat menggunakan cara alternatif seperti meminum air lemon secara teratur setiap hari pada saat sebelum anda sarapan pagi. Hal ini dapat membuat memperlancar buang air besar dan menjauhkan anda dari gejala sembelit
  • Menggunakan Minyak Kastor, Selain minyak zaitin anda juga dapat memanfaatkan minyak kastor untuk memperlancar BAB sekaligus dapat menolong anda agar anda terhindar dari BAB yang bertekstur keras. Anda juga dapat mengkonsumsinya secara bersamaaan dengan jus papaya agar rasanya terasaa lebih enak. Anada di anjurkan untuk menggunakan caara ini dalam jangka waktu yang pendek saja karna jika menggunakan cara ini dalam jangka waktu yang panjang dan dengan dosis secara berlebihan akan menyababkan hal yang berbahaya.
  • Mengonsumsi Madu, Madu dapat berperan sebagai laksatif ringan, madu yang murni selain juga dapat di lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ternyata juga mampu membantu melancarkan BAB yang keras. Caranya pun cukup mudah hanya dengan meminum dengan 2 sendok teh selama 3kali sehari, akan membuat BAB anda tidak keras. Cara alternatifnya anda juga dapat mencampurkan 1 sendok jus lemon dengan madu murni dengan masing-masing ke dalam segelas air hangat. Minumlah secara rutin saat kondisi perut anda sedang kosong. Anda dapat meminum setiap pagi sebelum anda makan pagi. Asalkan anda rutin meminum nya pasti gejala sasah buang air besar atau sembelit akan hilang.

Nah dengan adanya info ini semoba masalah susah buang air besar atau sembelit anda dapat teratasu secara cepat, dan semoga yang belum mengalami dapat terjauh dari gejala susah buan air besar atau sembelit. Perlu di perhatikan apa saja yang menyebabkan anda susah buang air besar atau sembelit, karna yang kita rangkum di atas adalah faktor-faktor yang paling sering membuat seseorang terkenan gejala susah buang air besar atau sembelit.

Dan juga kami sudah memberikan cara untuk meringankan dan juga menghilangkan buang air besar atau sembelit ini. Jangan biarkan penyakit atau gejala anda semakin parah karna akan menyebab kan penyakit atau gejala yang lebih parah. Jika anda sudah menggunakan cara ini akan tetapi tetap belum mendapatkan hasiil atau pun perubahan, maka sebaiknya anda langsung ke dokter atau ke ahli agar dapat penanganan khsus dan lekas sembuh. Karna jika di biarkan anda akan mendapat kan penyakit serta gejala yang lebih berbahaya. Akan tetapi tidak cuma BAB yang bertekstur keras saja yang menunjukan gejala suatu penyakit namun Bab lembek terus menerus juga dapat menunjukan gejala suatu penyakit.

Sponsors Link
, ,