Sponsors Link

13 Penyebab BAB Berdarah Tanpa Rasa Sakit

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengalami buang air besar disertai dengan darah? Ketika mengalami hal tersebut, tentunya kita akan merasa kaget dan khawatir. Pasalnya, pada buang air besar yang normal dan sehat, seharusnya tidak terdapat campuran darah yang menyertai di dalamnya. Jika Anda mengalami BAB yang disertai darah, bisa jadi terdapat kelainan penyakit yang menyerang system pencernaan Anda.

ads

Adanya bercak darah dalam feses biasanya merupakan akibat dari masalah saluran pencernaan yang cukup serius. Terkadang, darah yang keluar memang tidak banyak, penderita kadang tidak menyadarinya. Namun, ketika kondisi sudah cukup parah , pasien baru mulai sadar telah melihat feses yang berdarah ketika BAB. Kita juga bisa mengetahui apakah kita menderita BAB dengan darah, melalui tes darah tinja okultisme.

Gejala Utama BAB Berdarah

Dari beberapa kasus yang ada, buang air besar yang berdarah bisa dideteksi dengan mudah. Kita bisa mendeteksinya langsung di toilet setelah BAB, atau bisa dilihat dari tissue toilet yang digunakan untuk membersihkan setelah buang air besar. Namun, kasus lain BAB berdarah juga ada yang tidak tumor usus bisa dideteksi langsung. Untuk itu, digunakan tes khusus yang disebut fetal occult blood , yang dapat menemukan darah yang tersembunyi pada feses.

Beberapa gejala utama BAB berdarah dapat dikenali dengan melihat jenis, warna serta jumlah darah yang ditemukan pada feses . berikut gejala utamanya :

  • Buang air besar yang hitam dan lengket, Jika keadaan feses seperti ini, bisa dikaitkan dengan penyakit ulkus atau gangguan kesehatan lainya.
  • Darah yang berwarna merah cerah, Kondisi yang disebabkan oleh pendarahan di bagian saluran pencernaan bawah.
  • Darah yang Berwarna merah tua, berikut ini beberapa penyebab buang air besar

Adapun penyebab umum BAB berdarah tanpa rasa sakit, dijelaskan sebagai berikut :

  • Penyakit Divertikulitis

Salah satu penyebab dari BAB yang berdarah, salah satunya adalah penyakit yang disebut divertikula.  Penyakit ini berupa adanya tonjolan pada lapisan usus bawah, berbentuk seperti kantung kecil. Divertikula tidak menimbulkan masalah serius, namun beberapa kasus penyakit ini ditemukan cukup sering terjadi pendarahan.

  • Kolitis

Colitis merupakan penyakit peradangan usus, yang membuat aktifitas BAB menjadi berdarah. Hal tersebut terjadi karena keadaan usus itu sendiri, sedang mengalami peradangan yang cukup berat.

  • Tukak Lambung

Tukak lambung atau luka pada lambung, umumnya disebabkan oleh serangan bakteri khusus, seperti jenis helicobacter phylori yang cukup menimbulkan kerugian bagi kesehatan usus hingga menyebabkan organ usus dan lambung menjadi radang dan mengalami luka.

  • Anal Fissure

Kelainan ini berupa adanya robekan pada kulit anus yang cukup menyakitkan serta membuat kulit menjadi sensitif.  Kelainan anal fissure ini mengakibatkan keluarnya feses disertai dengan bercak darah yang berwarna merah terang. Untuk hal ini sebaiknya penderita tidak perlu khawatir, karena pendarahanya akan cepat berhenti sendiri dalam hitungan minggu.

Sponsors Link

  • Angiodysplasia

Kelainan ini merupakan adanya pembuluh darah yang abnormal di bagian saluran pencernaan. Akibatnya feses akan keluar disertai darah. Hal ini juga tidak menyakitkan penyebab sakit perut melilit penceritanya. Umumnya, angiosysplasia ini di derita oleh orang yang berusia tua.

  • Hemoroid (wasir)

Wasir adalah pembengkakan serta peradangan yang terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah vena di sekitar anus yang menimbulkan nyeri. Karena wasir, kita juga bisa mengalami bab berdarah. Sebaiknya banyak mengkonsumsi serat agar pencernaan kembali normal.

  • Disentri

Penyakit pencernaan yang cukup serius lainya adalah Disentri. Kelainan penyakit inni terjadi karena adanya infeksi pada organ usus yang menyebab diare serta feses yang dikeluarkan bercampur lendir dan darah.

  • Polip Usus

Polip usus merupakan kelainan pada usus besar, berupa timbulnya kutil atau polip kecil yang akan bertumbuh dengan cepat, karena merupakan sel kanker. Munculnya polip ini dapat menjadi penyebab BAB berdarah, karena masalah pencernaan di organ usus yang cukup berbahaya.

ads
  • Fistula ani

Penyakit yang dinamakan fistula ani ini bentuknya berupa saluran kecil yang muncul diantara akhiran usus atau biasa disebut lubang anus. Akibat dari fistula ani, penderita akan merasakan sakit ketika BAB dan feses yang keluar akan disertai dengan darah.

  • Penyakit Menular Sexual

PMS khususnya sex anal, bisa jadi merupakan salah satu penyebab kenapa feses yang keluar bercampur darah. Gejala yang dirasakan adalah terjadi pendarahan di bagian rectum.  Penyakit ini merupakan penyakit menular sexual yang cukup berbahaya.

  • Kanker Usus

Gejala kanker usus juga menjadi salah satu penyebab pendarahan yang terjadi pada dubur dan membuat feses yang dikeluarkan bercampur darah. Karena merupakan penyakit kanker, maka tingkat keparahanya akan bertahap. Segera temui dokter, sebelum gejalanya bertambah parah.

  • Radang Usus

Radang usus juga dapat memicu BAB berdarah, sebab terjadinya obat tukak lambung inflamasi pada organ usus ini, mengakibatkan penyakit pencernaan seperti colitis serta crohn.

  • Diare

Diare merupakan kondisi penyakit pencernaan yang membuat feses yang dikeluarkan lebih encer. Selain itu, frekuensi BAB kita menjadi lebih sering. Diare terjadi akibat konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri, parasit serta virus yang berbahaya. Pada kasus diare yang cukup parah, feses yang keluar juga terkadang bercampur darah.

  • Maag

jika ketika BAB Anda mengeluarkan darah, bisa jadi itu karena maag yang sedang diderita. Hal ini dapat Anda deteksi sendiri dengan melihat warna tinja yang keluar saat BAB. Jika warnanya agak hitam dan gelap, maka ini berasal dari hasil saluran pencernaan bagian atas perut Anda, dimana ini adalah letak organ lambung berada.

Mengatasi BAB Berdarah

Ketika kita mengalami sakit BAB berdarah, kita harus mulai memperhatikan asupan makanan yang baik, agar BAB berdarah dapat segera pulih. BAB berdarah berkaitan dengan masalah pencernaan, sehingga memilih makanan dan minuman yang baik dan sehat, dapat membantu mengatasi BAB berdarah. Salah satu makanan alami yang direkomendasikan untuk BAB berdarah adalah konsumsi buah-buahan.

Beberapa buah berikut ini  cocok dikonsumsi ketika Anda sedang mengalami BAB berdarah. Berikut ulasanya :

  • Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Kandunganya sebesar 2.2 gram dari 100 gram buah alpukat. Maka dari itu, alpukat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita BAB berdarah. Khasiatnya dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

  • Apel Merah

Buah Apel juga merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang dapat larut dengan air, kalium, serta asam organic lainya. Kulit apel juga memiliki kandungan serat yang dapat larut bersama makanan. Dengan mengkonsumsi buah apel merah, feses akan lebih lunak dan dapat membantu memerangi lemak jahat serta melancarkan buang air besar.

Sponsors Link

  • Tomat

Tomat sering digunakan dalam dunia masak-memasak, sehingga tomat bisa dikatakan sebagai sayuran. Namun, tomat sebenarnya adalah golongan buah-buahan yang memiliki serat tinggi. Tomat memiliki khasiat untuk menyehatkan fungsi hati. Selain itu, tomat dapat membantu melancarkan BAB.

  • Buah Naga

Buah yang memiliki nama unik ini, ternyata banyak disukai orang, karena kaya akan manfaat. Rasanya yang khas, buah naga juga tinggi serat serta mengandung banyak vitamin ciri ciri penyumbatan usus untuk kesehatan. Buah naga juga bersifat sebagai pelancar pencernaan.

  • Pisang

Buah pisang sudah umum diketahui orang sebagai buah yang dapat melancarkan BAB. Buah pisang yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan BAB sebaiknya buah pisang yang sudah matang.

  • Aprikot

Buah apricot juga dapat dimanfaatkan untuk bahan alami pelancar BAB dan mengurangi BAB berdarah yang cukup berbahaya. Buah apricot memiliki kandungan serat yang tinggi. Aprikot juga dapat membasmi cacing parasit yang terdapat di organ usus, yang mungkin menjadi penyebab BAB berdarah.

  • Lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang manfaatnya sangat baik untuk menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh, lewat makanan, dan mencegah racun merusak system pencernaan kita. Lemon juga memiliki serat asam yang dapat melancarkan BAB secara alami.

  • Buah-buahan kering

Yang dimaksud dengan buah-buahan kering ini adalah jenis buah yang sering dimanfaatkan untuk campuran makanan, di zaman modern seperti sekarang ini. Contohnya cara mengobati cacingan adalah kismis, prem, serta pisang yang dibuat versi keringnya. Buah kering ini tidak mengandung pemanis buatan, sehingga aman dikonsumsi dan bisa membantu melancarkan BAB.

  • Strawberry dan Jenis Berry Lainya

Buah strawberry serta aneka buah berry lainya, diketahui memiliki kandungan jenis serat yang baik untuk kesehatan kita. Buah berry juga memiliki kalory yang rendah sehingga dapat diolah menjadi jenis manisan, dan lainya. Karena termasuk buah yang berserat baik, maka dapat membantu melancarkan BAB, termasuk saat BAB berdarah.

Diagnosa Bab Berdarah

Ketika mengalami Bab berdarah yang cukup berat, dan berkonsultasi kepada dokter, dokter akan menyarankan pasien untuk menjalani beberapa tes. Tes tersebut dapat mengidentifikasikan penyebab pendarahan yang terjadi di saluran pencernaan tersebut. Beberapa tes yang dilakukan adalah :

  • Nasogastric Lavage ( bilas lambung melalui hidung)

Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui darimana asal  darah yang bercampur dengan Bab. Tes ini akan dilakukan oleh dokter, dengan memasukan tabung ke dalam bagian perut melalui hidung. Tujuanya untuk melihatkan  isi perut dan keberadaan darah jika ada pendarahan.

  • EGD esofagogastroduodenoskopi

EGD ini juga tes yang disarankan dokter yang bernama endoskop. Endoskop dimasukan lewat mulut lalu didorong ke perut hingga ke usus dua belas jari. Endoskop akan mengambil gambar bagian perut.  Alat ini juga bisa digunakan untuk pengambilan sampel.

  • Sinar X Barium

Pengobatan pindai  sinar X ini dilakukan untuk menyuntikan barium ke bagian tubuh. Alat ini juga digunakan untuk mengikuti pergerakan barium ketika mengalir dalam tubuh. Barium ini juga bisa dimasukan lewat rectum.

  • Kolonoskopi

Diagnosa ini memiliki prosedur yang hampir sama dengan EGD , tabung kecil akan khasiat daun sirsak untuk radang usus dimasukan ke dalam rectum agar bisa melihat keadaan usus besar lewat monitor.

  • Enteroskopi

Memiliki prosedur yang juga mirip seperti EGD dan kolonoskopi. Namun, khusus untuk enteroskopi, bagian organ yang diperiksa lebih jauh adalah usus kecil.

Pengobatan BAB Berdarah

Kelainan yang dialami pada system pencernaan, seperti BAB berdarah ini tentunya tidak bisa kita biarkan begitu saja. Jika gejala terus berlanjut dan akan memicu munculnya penyakit pencernaan lainya. Untuk langkah pengobatan ada beberapa teknik yang akan digunakan oleh dokter, untuk menghentikan sumber pendarahan.

Selain itu, pemberian obat jenis antibiotic juga bisa membantu mengatasi BAB berdarah, yang disebabkan colitis. Untuk kasus pendarahan karena polip usus yang memicu kanker, kegiatan operasi sudah seharusnya dilakukan. Tujuanya, untuk menghindari Anda dari pendarahan serupa yang lebih parah lagi.

Untuk BAB berdarah yang mungkin disebabkan oleh wasir atau ambeien, maka beberapa hal ini dapat Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan :

  • Mengubah Pola Duduk dan Lama Duduk

orang yang memiliki gangguan wasir atau ambeien biasanya memiliki rasa kurang nyaman ketika harus duduk, atau ketika terlalu lama duduk. Maka dari itu, jika memungkinkan cobalah untuk mengubah pola duduk Anda, agar lebih terasa nyaman walaupun sedang mengalami ambeien. Kurangi duduk terlalu lama, yang malah akan membuat semakin tidak nyaman.

  • Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

masalah pencernaan memang selalu identik dengan solusi sederhana, berupa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Coba untuk lebih rajin mengkonsumsi jenis buah-buahan seperti yang sudah diuraikan di bagian atas artikel ini. Coba juga untuk mengkonsumsi sayuran yang aman dengan kadar serat yang cukup.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Tinja yang menjadi padat, yang akhirnya mengeras dan menyebabkan BAB berdarah saat keluar, harus dimungkinkan untuk melunak terlebih dulu. Salah satu cara obat herbal usus buntu melunakan tinja adalah dengan meminum air putih secara rutin, minimal 8 gelas setiap harinya.

  • Konsumsi Obat Wasir atau Amebeien sesuai Anjuran Dokter

Jika Anda lebih memilih untuk mengkonsumsi obat kimia, sebaiknya harus sesuai anjuran dokter. Dokter akan memberikan resep obat yang tepat untuk keluhan BAB berdarah Anda yang mungkin disebabkan oleh wasir atau ambeien.

Obat Herbal BAB Berdarah

Anda yang ingin menghindari obat-obatan kimia, karena takut akan efek sampingnya, maka bisa memilih alternatif untuk mengkonsumsi obat herbal alami, yang dapat membantu penyembuhan BAB berdarah. Berikut ini obat herbal yang direkomendasikan untuk BAB berdarah :

  • Ace Maxs

Salah satu solusi yang tepat untuk mengobati BAB berdarah yang sedang dialami , serta terbuat dari bahan alami yang aman dan nyaman untuk dikonsumsi adalah obat herbal ace maxs. Obat herbal BAB berdarah ini terbuat dari kombinasi kulit buah manggis serta daun sirsak yang memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk BAB berdarah.

Seperti kita ketahui, kulit manggis memiliki kandungan zat xanthone yang cukup tinggi dan dapat menetralkan racun, menurunkan kadar kolesterol serta melebarkan dan melancarkan peredaran darah pada tubuh. Xanthone juga memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan sehingga dapat meredakan peradangan yang terjadi ketika BAB yang menyebabkan BAB berdarah tanpa rasa sakit. Begitu juga dengan daun sirsak  yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi yang baik untuk tubuh.

  • Q n C Jelly Gamat

Obat herbal yang satu ini sangat populer di dunia maya, sebab beberapa fungsinya yang baik untuk kesehatan system pencernaan kita. Jelly gamat ini juga salah satu obat herbal untuk BAB berdarah yang memiliki kemampuan dalam mengobati masalah tersebut secara cepat dan tanpa efek samping pastinya.

Terbuat dari 100% bahan alami, sehingga tidak masalah jika akan dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari pun. Jelly gamat ini memiliki kandungan ekstrak sayur dan buah, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita BAB berdarah. Mengandung anti septik alami dan anti bakteri, yang dapat membersihkan organ usus dan mampu memperbaiki kerusakan pada system pencernaan kita.

Beberapa penyebab BAB berdarah sepertinya muncul dari masalah pencernaan yang cukup serius. Adapun gejala utamanya, bisa dideteksi dari keadaan feses yang keluar saat BAB dilakukan. Disarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih baik, dengan mengkonsumsi makanan berserat alami. Konsumsi obat herbal juga dianjurkan untuk mengobati BAB berdarah. Jika memang gejala sudah terlalu lama terjadi, segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut dengan operasi.

 

 

 

 

 

 

Sponsors Link
, ,
Oleh :