Sponsors Link

21 Penyebab Asam Lambung Naik Yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal penyakit satu ini, penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang tidak memandang usia. Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini tentunya tidak hanya berdampak bagi sistem pencernaan manusia saja tetapi penyakit asam lambung juga dapat menyebabkan penyakit lainnya bagi organ tubuh. Penyakit asam lambung ialah suatu keadaan dimana asam lambung yang diproduksi mengalami peningkatan sehingga zat tersebut naik menuju esofagus serta ditandai dengan rasa perih dan nyeri pada lambung serta ulu hati. Asam lambung naik di dalam dunia kedokteran juga dikenal sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit yang satu ini tergolong penyakit yang umum terjadi disebabkan faktor penyebab nya yang bisa dari faktor makanan, kelelahan hingga faktor psikologis.

ads

Ada beberapa ciri khusus yang ditunjukkan ketika seseorang terkena penyakit asam lambung atau yang sering dikaitkan pula dengan penyakit maag. Berikut kami akan menjelaskan sedikit apa saja yang menjadi ciri-ciri dari gejala asam lambung naik:

  • Muntah

Gejala yang paling mudah untuk ditandai sebagai penyakit asam lambung ialah adanya muntah, bagi sebagian orang muntah mungkin bukanlah suatu indikasi maag tetapi jika hal tersebut disertai dengan rasa perih di lambung serta rasa pahit pada lidah kemungkinan hal tersebut terjadi karena peningkatan asam lambung pada lambung.

  • Perut Kembung

Peningkatan produksi dari asam lambung pada perut manusia tentunya tidak hanya menghasilkan zat asam tetapi asam lambung tersebut juga menghasilkan gas berlebih. Keadaan tersebut membuat penderita sering merasakan rasa kembung pada perutnya atau begah. Jika dalam keadaan seperti itu, penderita akan sering bersendawa atau mengeluarkan air.

  • Bau mulut

Meskipun organ mulu terlihat jauh dari lambung dan mungkin sebagian orang tidak berfikir untuk tahu cara mengobati asam lambung tinggi dari awal hubungan antara bau mulut dengan peningkatan asam lambung. Tetapi antara mulut dan lambung merupakan suatu organ yang tersusun menjadi sistem pencernaan sehingga memiliki berkesinambungan fungsi. Kenaikan asam lambung pada perut akan meningkatkan produksi gas yang tidak mungkin akan meningkat hingga level tenggorokan atau esofagus. Hal tersebut lah yang membuat bau nafas dari mulut seorang penderita maag menjadi tidak sedap.

  • Nafsu makan menurun

Gejala berikutnya ialah nafsu makan yang menurun. Keadaan peningkatan asam lambung tentunya akan membuat perut terasa tidak nyama serta terasa seperti penuh. Padahal rasa penuh atau kenyang yang dialami oleh penderita tersebut dirasakan karena adanya penumpukan asam lambung serta gas asam lambung yang membuat perut terasa kenyang/penuh/begah. Secara otomatis hal tersebut membuat nafsu makan penderita akan menurun. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengetahui makanan yang cocok bagi penderita asam lambung. berikut ini 22 Makanan Untuk Asam Lambung dan Maag.

Berikut adalah beberapa penjelasan dari ciri-ciri gejala asam lambung naik, sebenarnya masih banyak lagi ciri-ciri dari asam lambung naik, kalian dapat mengetahui lebih lanjut gejala maag kambuh. Bagi anda para penderita maag mungkin sudah memiliki cara sendiri untuk mengetahui kapan asam lambung anda naik atau tidak. Tetapi masih banyak dari para penderita yang tidak mengetahu penyebab asam lambung naik, maka cenderung mereka hanya mempersiapkan obat pertama disaat asam lambung naik seperti obatan antasida yang dapat menurunkan asam lambung. Maka dari itu sebaiknya penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan asam lambung naik sehingga kita dapat mengatasi bahkan sebelum asam lambung tersebut mengalami peningkatan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas apa saja yang menjadi penyebab dari asam lambung naik. Berikut adalah 22 penyebab asam lambung naik:

  • Tidak berfungsinya (LES) lower esophageal sphinchter

LES atau yang dikenal dengan lower esophageal sphinchter merupakan salah satu lingkaran otot yang terdapat pada bagian bawah dari organ pencernaan yakni esophagus. Selain itu LES juga berfungsi sebagai salah satu pintu yang bekerja secara otomatis yang akan terbuka disaat makanan atau minuman yang anda konsumsi masuk kedalam lambung. Disaat makanan yang anda konsumsi masuk ke dalam tubuh, LES akan secara otomatis menutup, hal tersebut terjadi untuk cara mengatasi asam lambung berlebihan serta makanan yang terdapat di dalam lambung supaya tidak naik lagi ke esophagus.

Disaat LES tersebut menjadi longgar dan tidak tertutup dengan baik,kemungkinan asam lambung tersebut dapat keluar dari perut dan menyebabkan penyakit yang kita sebut dengan nama asam lambung. Salah satu penyebab dari penyakit asam lambung biasanya dari faktor keturunan,obesitas atau kelebihan berat badan, faktor psikis stress, mengkonsumsi obat-obat tertentu, dalam keadaan hamil, atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak.

Sponsors Link

Gejala yang sering dialami oleh penderita maag atau asam lambung tinggi adalah seperti nyeri ulu hati atau panas di bagian dada, sehingga kita tidak merasa nyaman setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Kita juga akan merasakan kesulitan dalam menelan makanan, karena mulut dan kerongkongan terasa tidak enak, jika gejala ini sering terjadi secara terus menerus kita perlu mendapatkan perawatan yang serius dan segeralah berkonsultasi dengan dokter anda untuk menemukan obat yang tepat.

  • Merupakan perokok aktif maupun pasif

Aktifitas merokok juga merupakan awal atau sumber dari rusaknya atau tidak berfungsinya LES dengan baik,karena rokok bisa meningkatkan sekresi asam, dan mengurangi produksi air ludah yang dapat menetralkan efek asam di mulut. Rokok mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh kita, dampak negatif tersebut tidak hanya dirasakan oleh para perokok aktif saja, tetapi para perokok pasif atau seseorang yang tidak merokok tapi berada disekitaran perokok aktif juga akan merasakan dampak negatifnta. Yang lebih membahayakan lagi rokok bisa memicu resiko kanker tenggorokan yang dapat mengancam jiwa.

  • Defisiensi magnesium

LES tidak bekerja secara maksimal bisa disebabkan oleh kurangnya kadar magnesium di dalam tubuh, Selain itu asam lambung juga akan meningkat jika tubuh kita mengalami kekurangan mineral dan vitamin tertentu. baca: 13 Penyebab Susah Buang Air Besar Pada Bayi, Orang Dewasa dan Wanita

  • Faktor psikologis atau stress

Orang yang sering mengalami stres, banyak fikiran, tidak nyaman dalam menjalani kehidupan mempunyai resiko lebih besar kemungkinan terkena penyakit mag atau asam lambung tinggi. Karena stress membuat asam lambung meningkat dan sering kali mengakibatkan gangguan kesehatan diperut dan pencernaan. baca: 7 Fungsi Usus Halus Dalam Proses Pencernaan Manusia

  • Efek samping obat

Dalam keadaan sakit biasanya kita mengkonsumsi obat-obataan untuk menyembuhkan penyakit yang sedang kita alami, tetapi untuk menggunakan obat-obatan tertentu kita harus lebih berhati-hati. Misalnya obat untuk penyakit asma, antihistamin, darah tinggi golongan obat tersebut bisa melemahkan kerja otot LES, dan para orang tua yang sering meminum obat untuk mencegah osteoporosis, kemungkinan obat ini bisa menyebabkan efek samping seperti naiknya asam lambung.

  • Mengkonsumsi minuman berakohol

Gaya hidup yang buruk juga dapat menyebabakan berbagai penyakit bagi sistem pencernaan kita. Minum minuman yang beralkohol secara terus menerus dan berlebihan juga dapat membuat otot LES menjadi lemah. Maka dari itu, guna menjaga kesehata serta menjauhi peningkatan dari parah seperti gejala asam lambung kronis tersebut anda harus mengurangi serta menghentikan dalam Mengkonsumsi minuman berakohol.

  • Faktor usia

Ketidak seimbangan asam lambung di dalam tubuh bisa juga di pengaruhi oleh faktor usia yang semakin lanjut. Karena system di dalam tubuh yang memproduksi kadar asam tidak berfungsi lagi dengan baik. Maka sering kita temukan pada lanjut usia yang mempunyai keluhan pada asam lambung nya, selain karena faktor usia ketercukupan gizi para lansia pun bisa menjadi faktor pemicu dari penyakit asam lambung tersebut.

  • Pola makan yang tidak teratur
ads

Pola makan sering tidak teratur atau terlambat membuat lambung kita menjadi kosong lebih lama, ini akan memperburuk keadaan didalam gejala radang lambung dan usus, karena pada keadaan lambung yang sedang kosong lambung akan mengeluarkan asam untuk membantu proses cerna tetapi tidak ada makanan yang dicerna dalam waktu lama maka asam lambung akan berlebih dan mudah naik kekerongkongan. Maka dari itu para penderita asam lambung atau maag sebaiknya memperhatikan pola makan yang teratur.

  • Mengkonsumsi makanan terlalu asam

Buah-buahan juga banyak yang mengandung kadar asam yang tinggi, seperti jeruk, lemon dan masih banyak lagi. Walaupun buah banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tetap kita harus selektif dalam mengkonsumsinya serta mengkonsumsi dalam porsi yang tepat atau tidak berlebihan. Beberapa jenis sayuran juga ada yang bisa menambah keasaman dan menyebabkan gejala sakit maag. Maka, bagi anda para penderita maag atau asam lambung naik tentunya anda harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan apapun, karena makanan yang benar untuk cara mengobati tukak lambung terutama yang berhubungan dengan makanan yang terlalu asam serta pedas karena hal tersebut akan memicu peningkatan asam lambung bagi tubuh anda.

  • Kandungan serat yang berlebihan

Mengkonsumsi makanan dengan serat yang berlebihan ternyata juga tidak baik bagi organ pencernaan. Brokoli salah satu sayuran yang banyak mengandung serat, terlalu banyak serat dapat menyebabkan system pencernaan anda lebih banyak gas, kalau anda sudah mempunyai gejala maag makan hindari lah mengkonsumsi brokoli atau makanan dengan terlalu banyak serang terlalu banyak.

  • Konsumsi kopi atau minuman bekarbonasi

Bagi anda yang suka mengkonsumsi kopi sebaiknya anda lebih memperhatikan kesehatan lambung anda terutama bagi kalian yang sudah memiliki riwayat penyakit asam lambung. Karena kandungan kafein yang tinggi didalam kopi tidak baik bagi system pencernaan dan merangsang peningkatan asam lambung secara drastis.

  • Mengkonsumsi makanan terlalu pedas

Hal berikutnya yang patut anda perhatikan adalah makanan yang anda konsumsi, bagi anda yang telah mengalami sakit maag atau asam lambung tinggi anda disarankan untuk menghidari atau mengurangi makanan dengan rasa yang terlalu pedas. Karena sifat dari makanan pedas yang dapat menambah penumpukan asam dan hal tersebut akan menyebabkan naiknya asam lambung. Guna menghindari anda dari asam lambung yang tinggi anda harus meninggalkan kebiasan memakan makanan pedas.

  • Mengkonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan

Selain makanan dengan rasa yang pedas, makanan yang diolah dengan cara digoreng juga harus menjadi perhatian dari para penderita maag. Karena kandungan dari minyak tersebut akan mengakibatkan makanan lama untuk dikonsumsi. Penumpukkan yang terjadi lebih lama akan menyebabkan kenaikan asam lambung pada perut penderita. Maka dari itu hindari lah memakan makanan gorengan dengan porsi yang banyak.

  • Tubuh mengalami kekurangan mineral dan vitamin

Hal berikutnya yang menyebabkan kenaikan asam lambung pada penderita ialah disaat keadaan tubuh kekurangan vitamin dan mineral, hal itu membuat tubuh kita rentan terhadap gangguan asam lambung. Karena kandungan dari vitamin dan meineral sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan asam lambung serta menjaga tubuh dari keadaan dehidrasi.

  • Sedang dalam masa diet ketat
Sponsors Link

Bagi anda yang sedang diet patutnya anda tidak melakukan diet secara ekstrim atau dengan tidak mengkonsumis makanan apapun. Karena pada umunya tubuh tetap membutuhkan lemak, protein, kalori karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Disaat tubuh kekurangan zat-zat yang disebutkan diatas makan akan merangsang peningkatan dari asam lambung itu sendiri. Diet yang tidak memperhatikan keseimbangan nutrisi untuk tubuh mengakibatkan produksi asam lambung menjadi terganggu. Orang yang sedang diet pada umumnya memiliki asam lambung yang tinggi. Maka dari itu terutama bagi kalian yang sedang dalam proses pelaksanaan diet anda harus tetap memperhatikan asupan gizi dan pola makan yang seimbang bagi tubuh supaya tubuh tidak kekurangan vitamin dan mineral yang akan berdampak pada peningkatan asam lambung.

  • Kekurangan Nutrisi

Disaat tubuh kekurangan nutrisi atau mengalami ganguaan dalam proses penyerapan nutrisi akan menganggu sistem pencernaan. Karena pada sistem pencernaan disaat lambung tidak melakukan penyerapan secara optimal mengakibatkan kandungan hiploklorida tidak terserap secara sempurna menyebabkan peningkatan asam lambung. Maka disaat seseorang mengalami kekurangan nutrisi tentunya akan berdampak pada kesehatan lambung nya.

  • Kurang tidur

Menjaga kesehatan lambung tidak hanya dilihat dari kualitas makanan serta pola makanan saja tetapi gaya hidup tentunya akan memperngarhui kinerja dari sistem pencernaan secara keseluruhan. Bagi seseorang yang kurang tidur biasanya akan rentan terkena peningkatan asam lambung disebabkan kurang nya waktu istirahat tersebut. Maka bagi anda yang rentan terhadap peningkatan asam lambung maka anda harus memperhatikan pola tidur serta istirahat yang cukup.

  • Banyak mengkonsumsi cokelat

Bagi anda para penggemar cokelat tentunya akan sangat sedih jika ternyata mengkonsumsi coklat dapat meningkatkan produksi dari asam lambung. Mengkonsumsi segala sesuatu dalam porsi banyak memang tidak baik terhadap tubuh terutama cokelat, maka konsumsilah makanan dengan takaran serta porsi yang pas. Bagi anda penderita maag sebaiknya memperhatikan dalam mengkonsumsi cokelat, karena di dalam cokelat mengandung kandungan theobromine yang mana dapat menyebabkan pemicu gejala refluks asam lambung. Dalam kasus yang lebih lanjut, anda harus memperhatikan dalam mengkonsumsi cokelat tersebut atau setidaknya mengurangi dalam mengkonsumsi nya.

  • Makan sebelum tidur

Kebiasaan makan berdekatan dengan waktu tidur tentunya akan membaut perut merasa tidak nyaman serta hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Disaat anda telah makan dan langsung memposisikan tubuh anda seperti saat sedang tidur akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Makanan akan dengan mudah tercampur dengan gas asam yang dihasilkan sehingga makanan tersbeut tidak langsung dikonsumsi malah mengakibatkan perut terasa penuh atau begah.

Itulah beberapa ulasan dari penyebab penyakit asam lambung yang sering terjadi pada banyak orang bila mengalami kenaikan secara tiba-tiba yang bisa anda ketahui.

Sponsors Link
, ,
Oleh :