Sponsors Link

7 Penyakit Mematikan Dibalik Perut Kembung yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Perut kembung adalah salah satu penyakit  akibat kekurangan karbohidrat  yang paling sering kita alami saat tidak enak badan. Perut kembung memang bisa saja terjadi saat kita masuk angin, namun saat masuk angin tidak akan selalu diiringi dengan perut kembung. Dokter internis dan kardiologis RS Pusat Pertamina Jakarta, Dr. Djoko Maryono, Sp.PD, Sp.JP, FIHA, FASE mengatakan bahwa perut kembung adalah salah satu bagian dari penyakit gejala kolik abdomen atau dysepsia atau indigeston yang menyerang usus serta menunjukkan abnormalitas sistem pencernaaan. Makanan yang dapat menimbulkan perut kembung adalah sayuran berwarna putih seperti kol dan sawi, coklat, keju dan makanan berlemak lain.

ads

Selain itu, apabila kita membiasakan untuk meminum minuman bersoda saat perut kosong, maka juga dapat mengakibatkan perut kembung. Berikutnya yang menyebabkan faktor lambung adalah situasi yang terjadi di dalam lambung seperti, lambatnya kerja lambung, kontraktilitas dan pengosongan lambung yang lambat. Hal ini terjadi disebabkan karena kurangnya olahraga atau bisa juga akibat dari adanya tukak, infeksi atau bisul dalam lambung. Penyebab selanjutnya adalah apabila keasaaman lambung dan jumah enzim berkurang maka makanan tidak dapat diahancurkan dengan baik, maka hal ini yang membuat perut menjadi kembung. Gejala perut kembung berkaitan dengan penyakit adalah :

Penyakit Mematikan Akibat Perut Kembung

Penyakit yang dapat terjadi akibat dari  perut kembung terus menerus adalah:

  1. Penyakit Crohn

Penyakit Crohn adalah peradangan kronis lapisan sistem pencernaan yang menyebabkan usus tersumbat. Gejala penyakit Crohn ini adalah perut kembung parah dengan penurunan berat badan, diare, serta mual dan muntah setelah selesai makan.

  1. Kanker Ovarium

Kanker Ovarium adalah penyakit yang gejalanya ditandai dengan perut kembung dengan cepat merasa kenyang dan terasa nyeri pada panggul.

  1. Kanker Pankreas

Kanker Pankreas merupakan penyakit yang juga diatandai dengan gejala perut kembung disertai dengan penurunan nafsu makan dan berat badan, merasa nyeri perut yang parah serta kulit dan mata yang menguning.

  1. Kanker Rahim

Kanker Rahim yaitu penyakit mematikan selanjutnya yang juga ditandai dengan gejala perut kembung. Kemudian disertai dengan pendarahan pada vagina, mengalami keputihan, nyeri pada panggul dan kesakitan saat buang air kecil.

  1. Kanker Perut

Kanker Perut merupakan penyakit yang gejala awalnya ditandai dengan perut kembung yang terjadi bersamaan dengan mual, mengalami kekenyangan di peur bagian atas, pencernaan yang terganggu, sakit perut yang hebat dan menurunnya berat badan.

  1. Penyakit Jantung

Penyakit Jantung juga merupakan kelainan yang terjadi akibat pembuluh darah LAD (Left Antorior Dicending) yang dapat mengakibatkan serangan jantung fatal dan bisa berujung kematian. Jalan pembuluh darah LAD menuju ke lambung. Apabila terdapat kelainan jantung, maka lambung terasa sakit. Bahkan, 25% penduduk Indonesia mengalami perut kembung yang berkaitan dengan penyakit jantung. Perut kembung yang menjadi gejala penyakit jantung biasanya ditandai dnegan keringat dingin berlebih dan denyut nadi sekitar 90 per menit.

  1. IBS (irritable bowel syndrome)

Atau sindrom buang air besar adalah sekelompok gangguan fungsional saluran pencernaan. Penyakit ini ditandai dengan nyeri, perut kembung, makanan untuk penderita disentri  dan gangguan buang air besar. IBS terbagi menjadi 3 macam yaitu, IBS diare yaitu pola diare lebih dari tiga kali sehari dengan bentuk tinja yang lembek dan cair; IBS kontipasi yaitu pola BAB kurang dari tiga kali dlama seminggu dengan tinja keras; serta IBS alternating yaitu terjaidnya IBS diare dan konstipasi bergantian dari waktu ke waktu.

Demikian penyakit mematikan akibat perut kembung. Pelajari informasi cara mencegah kanker usus. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,