Sponsors Link

Penyakit Intususepsi: Gejala, Penyebab, dan Penanganan

Sponsors Link

Apa yang kalian pikirkan tentang masalah pencernaan? Kapan terakhir kali kalian mengalami masalah pencernaan? Masalah pencernaan adalah suatu hal yang pastinya tidak diinginkan oleh siapa saja dan pastinya dapat menganggu keseharian kita. Masalah pencernaan biasanya terkait dengan usus seperti kanker usus besar stadium 3, infeksi usus besar, ataupun diare karena cacingan. Lalu siapa saja yang bisa mengalami masalah pencernaan?

ads

Masalah pencernaan sendiri tidak mengenal umur alias bisa menyerang siapa saja. Anak pun tidak luput dari masalah pencernaan terlebih ketika kita tidak memperhatikan asupan makan anak dengan baik. Salah satu masalah pencernaan yang bisa menyerang anak adalah penyakit intususepsi. Sebenarnya apa sih penyakit intusepsi ini? Apa yang membedakan penyakit intususepsi ini dengan masalah pencernaan lainnya?

Penyakit intususepsi yaitu kondisi di mana sebagian usus terlipat dan lipatannya tersebut akan menyusup ke bagian usus lainnya yang berujung pada timbulnya sumbatan pada usus dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan usus terluka bahkan jaringan di sekitar usus mati. Penyakit yang satu ini biasa dialami anak yang berusia 3 bulan hingga 6 tahun dan anak laki-laki cenderung mengalaminya daripada anak perempuan. Kabar baiknya, penyakit ini jarang dialami oleh kita yang sudah dewasa alias menginjak usia di atas 20 tahun. Lalu sebenarnya apa sih penyebab dari penyakit intususepsi ini?

Penyebab Penyakit Intususepsi

Hingga saat ini, para ahli belum bisa memutuskan atau menemukan apa yang menjadi penyebab dari penyakit intususepsi. Namun terdapat beberapa hal yang diduga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya penyakit intusepsi pada anak, antara lain sebagai berikut:

  • Infeksi virus dan bakteri;
  • Tumor jinak yang biasa timbul pada bayi berusia kurang dari 3 bulan ataupun bisa dialami oleh anak yang usianya lebih dari 5 tahun;
  • Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian perut;
  • Anak mengalami penyakit Chron, yaitu kondisi di mana terjadinya peradangan pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan mulai dari mulut hingga anus;
  • Anak mengalami kelainan bentuk usus alias memiliki cacat bawaan pada organ usus.

Gejala Penyakit Intususepsi

Mengetahui gejala dari penyakit intususepsi adalah hal yang sangat penting mengingat kita segera perlu melakukan penanganan untuk mencegah penyakit ini menjadi lebih parah. Berikut adalah beberapa gejala penyakit intususepsi yang harus diketahui:

  • Timbulnya kram perut yang bisa berlangsung selama beberapa menit;
  • Buang air besar anak yang berbeda dari biasanya, seperti timbul darah ataupun lendir bahkan anak mengalami diare;
  • Anak sering muntah yang disertai keringat dingin. Wajah anak pun cenderung menjadi pucat dan menjadi lebih mudah lelah meskipun tidak banyak beraktivitas dalam sehari;
  • Perut yang terlihat besar atau membengkak dan kita bisa merasakan timbulnya benolan pada daerah sekitar perut anak;
  • Detak jantung anak yang menjadi tidak beraturan yang disertai dengan fekuensi napas yang tidak beraturan pula.

Nah itu tadi adalah beberapa informasi singkat mengenai penyakit intususepsi yang perlu diketahui sehingga kita bisa segera memberikan penanganan apabila gejala mulai muncul. Kita bisa memastikan anak benar mengalami penyakit intususepsi atau tidak melalui beberapa prosedur medis seperti USG perut, CT Scan, atau foto rontgen. Kita juga perlu lebih memperhatikan asupan makan anak seperti memperbanyak makanan yang mengandung antibiotik ataupun makanan yang mengandung glukosamin tinggi dan antioksidan. So, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup yang sehat pada anak sejak dini untuk menghindari berbagai permasalahan pencernaan yang bisa datang kapan saja ya!

Sponsors Link
, , ,