Sponsors Link

4 Tips Pengobatan Parotitis Yang Wajib Tahu

Sponsors Link

Parotitis atau yang umum biasa disebut dengan gondongan, bisa dialami oleh siapa pun karena penyakit parotitis merupakan penyakit yang bisa menular. Bagi anda yang mencari cara untuk mengobatinya, tentunya bisa anda atasi dengan memperbanyak makanan beryodium dan masih banyak bahan makanan lainnya bisa dijadikan obat. Hal lain yang perlu juga anda ketahui adalah seperti dengan obat kram usus dan juga memahami bahaya kram usus jika diabaikan. Untuk langkah pengobatan parotitis sendiri ada beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya seperti berikut :

ads
  • Memperbanyak Minum Air putih

Banyak minum air putih merupakan salah satu cara pengobatan parotitis yang sangat sederhana dan bisa dengan mudah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat mengalami parotitis, karena biasanya seseorang yang mengalami parotitis akan kesulitan makan dan malas mengkonsumsi apapun. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, pastinya kondisi kesehatan anda bisa lebih baik dan juga mampu melancarkan metabolisme tubuh anda. Adapun hal lain yang wajib anda ketahui seperti dengan perbedaan malabsorbsi dan intoleransi dan juga mengenal obat sakit perut melilit.

  • Memperhatikan Makanan Saat Parotitis

Memperhatikan setiap jenis makanan juga merupakan langkah pengobatan parotitis yang paling baik, hal ini dikarenakan setiap makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi gondongan anda bisa sembuh dengan cepat. Beberapa jenis makanan yang keras tentunya akan membuat rasa sakit anda bertambah. Oleh karena itu makanlah jenis makanan yang mudah dikonsumsi. Perlu anda perhatikan juga sebuah pengobatan seperti dengan diare setelah makan durian dan juga sakit perut setelah makan kerang. Ada beberapa jenis makanan yang bisa meredakan penyakit gondongan yang anda alami diantaranya adalah seperti berikut :

  1. Makanan beryodium.
  2. Nanas.
  3. Bawang putih.
  4. Selada air.

Tidak ada larangan bagi penderita parotitis untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan lain, akan tetapi kesulitan untuk mengkonsumsi makanan yang keras bisa menjadi hambatan. Oleh karena itu bagi anda yang sedang mengalami gondongan bisa juga mengkonsumsi makanan yang lunak seperti sup, yogurt, kentang rebus dan jenis makanan yang mudah dikunyah lainnya.

  • Konsumsi Obat

Langkah pengobatan parotitis  yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat. Meski demikian tidak ada obat khusus yang mampu menyembuhkan gondongan, akan tetapi anda bisa menggunakan obat pereda nyeri dan juga obat demam. Anda juga perlu mengetahui Pengobatan Sakit Perut Setelah Makan Kepiting dan untuk beberapa obat yang bisa anda gunakan untuk meringankan penyakit parotitis yang bisa di dapatkan apotek adalah seperti berikut :

  1. Paracetamol.
  2. Ibuprofen.
  3. Aspirin.

Pastikan setelah mengkonsumsi obat tersebut anda harus beristirahat, supaya rasa sakit bisa berkurang dan pembengkakan mulai mengempis. Dengan istirahat yang cukup maka penyakit gondongan bisa lebih cepat sembuh.

  • Kompres Dengan Es

Mengompres leher yang bengkak dengan es merupakan pengobatan parotitis yang bisa anda lakukan segera saat mengalami gejalanya. Selain mampu mengurangi rasa sakit ssat anda mengalami gondongan, melakukan pengkompresan juga mampu meredakan peradangan dan membuat anda lebih nyaman beraktivitas. Adapun selain dengan melakukan kompres, anda juga harus beristirahat total supaya rasa sakit anda tidak bertambah dan mampu menetralkan kembali kondisi leher bengkak anda.

Nah itulah artikel tentang tips pengobatan pada penyakit parotitis atau gondongan yang kerap dialami sebagian orang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan