Sponsors Link

Pengaruh Maag Terhadap Sakit Kepala yang Sering Dialami

Sponsors Link

Penyakit Maag yang sering dialami oleh orang kebanyakan, umumnya terjadi karena gejala naiknya asam lambung atau disebut GERD ( Gastroesphageal Reflux Disease). Asam lambung ini naik hingga ke esophagus (bagian dari saluran pencernaan yang letaknya diatas lambung) dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati, serta rasa sensasi terbakar di bagian dada. Kondisi seperti ini tentunya membuat penderitanya tidak nyaman dan cukup sulit untuk beraktifitas.

ads

Penyakit maag merupakan gangguan penyakit sindrom usus pendek yang cukup sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa sangat rentan terkena sakit maag. Sakit maag akan menyerang organ lambung, sehingga rasa kurang nyaman di bagian perut sering menjadi gejala utamanya. Selain itu, gejala lain yang juga sering dialami penderita maag adalah merasa pusing dan sakit kepala, dan diikuti oleh rasa mual dan muntah.

Gejala Sakit Asam Lambung

Ketika seseorang mengalami sakit asam lambung, maka bisa gejala usus buntu ringan dikenali melalui beberapa gejala yang cukup sering dialami penderitanya. Berikut ini beberapa gejala penyakit asam lambung :

  • Keluar Air Liur yang Berlebihan

Ketika asam lambung naik, gejala yang sering dialami adalah meningkatnya jumlah air liur akibat naiknya asam lambung dan cairan kea rah tenggorokan

  • Mengalami Sakit Kepala dan Pusing Kepala

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, gas dan cairan ciri ciri usus melintir yang menyertainya akan memberikan tekanan pada organ tubuh lainya, hingga ke leher. Akibatnya kepala bagian belakang akan menjadi tegang dan membuat organ otak kekurangan oksigen. Itulah sebabnya, kepala bisa menjadi pusing dan sakit.

  • Sensasi Terbakar di Dada

Produksi asam lambung yang menjadi berlebihan, membuat dada menjadi berat dan disertai rasa terbakar pada bagian dada. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada bagian asam lambung.

  • Badan Terasa Panas dan Sulit Berisitirahat

Ketika asam lambung meningkat, keadaan stamina tubuh juga bisa menjadi lemah dan mudah lelah. Ketika istirahat, badan akan terasa sangat panas, berkeringat, sehingga sulit untuk bisa beristirahat seperti biasanya.

Ternyata, kepala pusing dan sakit kepala merupakan salah satu obat herbal usus buntu gejala utama dari naiknya asam lambung ke kerongkongan. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kepala pusing dan sakit kepala yang disebabkan asam lambung tinggi, yaitu dengan berusaha memperbaiki pola hidup dan pola makan sehari-hari Anda. Hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok, bergadang, minum alkhohol dan jauhi stress.

Pengaruh Maag Terhadap Sakit Kepala

Apakah ada hubunganya, antara sakit maag dan sakit kepala? Mengutip dari artikel hubungan maag dan sakit kepala yang dipaparkan di muhyasir.wordpress.com, dikatakan bahwa cara mengobati asam lambung tinggi secara langsung, system syaraf kita ini tidak memiliki hubungan dengan bagian perut dan kepala. Namun, dalam kasus sakit maag ternyata banyak ditemui gejala maag yang disertai dengan sakit kepala.

Sponsors Link

  • Asam Lambung Naik Menekan Organ Lainya

Seperti kita ketahui bahwa sakit maag dapat terjadi karena asam lambung kita ini naik hingga ke tenggorokan. Tidak hanya maag yang kita rasakan, namun kita juga bisa merasa khasiat wortel untuk asam lambung sakit kepala yang cukup hebat. Secara ilmiah dijelaskan, bahwa saat asam lambung naik, ada relaksasi yang terjadi diantara Lower Esophageal Sphincter (LES), yang membuat cairan di dalam perut mengalir menuju kerongkongan. Setelah itu, kerongkongan akan dipenuhi oleh cairan dan gas yang terus bertambah dan memberi tekanan pada organ –organ tubuh lainya.

  • Asupan Oksigen Ke Otak Menjadi Berkurang

Bagian ulu hati kita akan terasa sakit dan bagian otot bekalang kepala kita juga menjadi tegang. Sehingga, tegangnya otot belakang kepala ini, membuat asupan oksigen ke bagian otak menjadi berkurang. Bila ditelusuri, orang yang mengalami sakit kepala juga disebabkan karena kekurangan asupan oksigen ke dalam otaknya. Proses inilah yang menjadi jawaban, mengapa saat sebagian orang menderita maag disertai sakit kepala yang cukup berat.

  • Bersendawa 

Untuk meringankan gejala seperti maag yang disertai sakit kepala, biasanya dilakukan dengan cara lebih banyak bersendawa. Katup kerongkongan yang terbuka saat sendawa, akan obat herbal perut kembung mengurangi rasa sakit kepala. Jika seseorang sering mengalami sakit kepala, namun tidak tahu penyebabnya, bisa jadi ini karena dia memiliki riwayat penyakit seperti maag.

Sakit Kepala yang Bukan Karena Maag

Sakit kepala yang sering terjadi juga tidak selalu karena gejala maag. Adapun sakit kepala yang menjangkiti seseorang, biasanya terjadi karena beberapa hal berikut ini :

Sponsors Link

  • Migrain
  • Infeksi telinga
  • Sakit kepala tegang
  • Masalah gigi
  • Flu
  • Stress
  • Serangan panik
  • Cemas dan lainya

Penanganan sakit kepala karena maag atau bukan karena maag, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Jenis obat yang dikonsumsi biasanya adalah paracetamol dan ibuprofen. Jika sakit kepala yang diderita ternyata masih berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sementara itu, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk meringankan gejala sakit kepala :

  • Menghindari kelelahan fisik
  • Menghindari stress
  • Konsumsi makanan rendah asam seperti pisang dan melon
  • Menghindari minuman yang bisa mengiritasi lambung seperti kopi dan teh
  • Istirahat yang cukup
  • Olahraga secara teratur
  • Jangan begadang

Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa sakit kepala yang dirasakan sebagian orang, bisa jadi karena pengaruh sakit maag yang pernah di derita. Sebaiknya segera lakukan pengobatan kesehatan terbaik, agar bisa segera diatasi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :