Sponsors Link

3 Pengaruh Asam Lambung Terhadap Jantung Berdetak Cepat

Sponsors Link

Jantung memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Jantung memiliki peranan sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh. Jika terjadi kelainan pada jantung, akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Penyebab asam lambung naik bagi penderita penyakit asam lambung tinggi, gejala nyeri di bagian dada menjadi salah satu gejala yang dialami saat meningkatnya produksi asam lambung. Bagi penderita penyakit jantung, nyeri pada bagian dada merupakan salah satu gejala dari sakit jantung.

ads

Gejala dari kedua penyakit ini hampir sama namun sebenarmya tidak ada keterkaitan antara asam lambung yang tinggi dengan serangan penyakit jantung. Jika terjadi gejala – gejala nyeri di bagian dada sebaiknya harus segera diwaspadai karena menjadi salah satu ciri dari penyakit jantung, dan harus diberikan penanganan medis sesegera mungkin.

Gejala Penyakit asam lambung

Pada beberapa artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai gejala-gejala gejala asam lambung kronis  yang terjadi pada penderita asam lambung, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penderita sering kali mengalami sensasi  terbakar yang kuat di bawah tulang bagian dada atau di bagian tulang rusuk.
  • Merasa sesak nafas atau mengalami sakit pada ulu hati.
  • Nyeri pada bagian perut, biasanya terjadi setelah makan, saat sedang berbaring, disaat sedang berolahraga, dan juga sering mengalami kecemasan.

Hyperchlorydria atau biasa disebut dengan kelebihan asam lambung (hyperacidity) yaitu meningkatnya volume asam lambung hingga menjadi lebih tinggi dari batas normal atau pH yang lebih rendah sehingga menghasilkan sekresi lambung menjadi lebih asam.

Selain dibabkan oleh bakteri H. Pylori dan penggunaan obat – obatan kimia secara berlebihan, penyakit asam lambung terjadi karena kelebihan produksi asam lambung gejala asam lambung kronis hingga menyebabkan meningkatnya volume di dalam lambung. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Makan makanan secara berlebihan.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Melakukan olahraga setelah makan.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung soda.

Beberapa gejala – gejala yang sering dijumpai pada penderita pengaruh asam lambung terhadap jantung, antara lain : perut terasa kembung, sendawa, nyeri, mual dan juga mulas di bagian perut. Hal tersebut merupakan gejala awal refluks asam dan kadang – kadang sering terjadi secara bersamaan. Adapun komplikasi penyakit yang disebabkan oleh asam lambung tinggi antara lain sebagai berikut :

1. Esofagitis

Esofagitis adalah iritasi yang terjadi pada lapisan esofagus, hingga menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian lambung. Hal ini terjadi dikarenakan asam lambung yang tinggi, hingga menyebabkan nyeri dikerongkongan terutama saat menelan makanan maupun minuman. Para penderita akan mengalami kesulitan saat menelan makanan dan juga saat menelan minuman, sehingga menyebabkan kurangnya nafsu makan.

2. Borok

Salah penyebab dari borok atau luka pada bagian esofagus adalah GERD. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah rasa nyeri saat menelan, terasa mual dan nyeri di bagian dada.

3. Striktur

Sponsors Link

Dalam beberapa waktu, asam lambung dapat melukai lapisan kerongkongan. Hal ini dikarenakan saat jaringan parut di kerongkongan membangun, bisa menyempitkan bagian kerongkongan. Striktur merupakan bintik – bintik sempit di kerongkongan, hingga membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam menelan makanan dan minuman. Bagi penderita yang sedang mengalami kondisi seperti ini akan merasakan hilangnya nafsu makan dan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

4. Esofagus barret

Esofagus baret adalah kondisi dimana asam lambung mengalami perubahan prakanker pada sel. Pada kondisi ini penderita harus segera diberi penangan secepatnya. Segera periksakan ke dokter agar segera bisa ditangani secara medis, agar tidak terjadi komplikasi.

5. Kanker tenggorokan

Pada penderita esofagus barret ini bisa meningkatkan status penyakit berubah hingga meningkat menjadi kanker tenggorokan, apalagi jika si penderita memiliki riwayat kondisi yang sama di dalam keluarga. Diperlukan pemeriksaaan kesehatan secara rutin agar kita bisa mengetahui dampak yang disebabkan oleh penyakit ini.

Hubungan antara asam lambung dengan jantung berdebar / berdetak

ads

Gejala yang dialami penderita penyakit asam lambung hampir sama dengan gejala serangan jantung, yaitu  jantung akan berdetak lebih kencang dari keadaan normal. GERD (Gastroesophageal Reflux) merupakan salah satu jenis penyakit asam lambung, dan menjadi salah satu gejala dari gangguan pada detak jantung. Gejala – gejala yang ditimbulkan oleh GERD yaitu merasakan panas yang menjalar dari bagian dada hingga ke leher, tenggorokan dan juga sudut rahang bagian bawah, hal ini bisa berakibat gangguan pada detak jantung, sebagai berikut pengaruhnya:

  • Menurut keterangan dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Bunda Heart Centre, dr. Dicky A. Hanafi, beliau mengatakan bahwa letak jantung dan lambung memang berdekatan, hingga tidak heran jika banyak yang salah mengenai gejala dari penyakit asam lambung dan serangan jantung.
  • dr. Dicky menambahkan meskipun letaknya berdekatan namun asam lambung yang meningkat bukan sebagai pemicu penyakit jantung.
  • Meningkatnya produksi gas di lambung tidak ada kaitannya dengan serangan jantung, akan tetapi bisa menyebabkan meningkatnya ritme detak jantung yang disebabkan oleh GERD.

Gejala maag kambuh, gejala – gejala yang ditimbulkan  pada penderita asam lambung disebut dengan heartbun, hal ini berbeda dengan penyebab dari serangan jantung / penyakit jantung. GERD (Gastreophagael Reflux Disease) atau biasa disebut dengan asam lambung bisa mempengaruhi kesehatan dan juga kinerja dari jantung. Hal ini dikarenakan asam lambung tinggi bisa memicu gangguan pada detak jantung, salah satunya jantung berdebar – debar. Jika anda tiba – tiba mengalami jantung berdebar – debar tanpa alasan, bahkan saat kita tidak sedang berolahraga, ini dimungkinkan karena naiknya produksi asam di lambung. Beberapa gejala tersebut Gejala penyakit lambung bocor  harus segera diwaspadai supaya bisa terdeteksi secara dini dan bisa diobati dengan tepat.

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena adanya nervus vagal yang menjalar dari sisi kerongkongan, kemudian melalui lambung oleh makanan yang tercampur dengan asam lambung yang mengalami regurgitasi. Selain itu, iritasi pada bagian saraf juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan jantung yang berdebar – debar. Jika terjadi gejala-gejala tersebut, sebaiknya cepat ditangani secara medis. Agar bisa diketahui jenis penyakit apa yang diderita, dan untuk menghindari berbagai komplikasi penyakit lainnya.

Mengenal istilah Aritmia

Aritmia merupakan salah satu keadaan dimana jantung mengalami suatu kondisi yang tidak normal, hal ini mempengaruhi denyut jantung. Kondisi seperti ini meyebabkan kinerja jantung menjadi kurang maksimal, dan biasanya berdetak tidak seperti biasanya. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh aritmia yaitu irama detak jantung yang tidak teratur, bisa menjadi lambat bahkan bisa menjadi terlalu cepat. Aritmia tergolong dalam beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

  • Bradikardia

Bradikardia adalah keadaan melambatnya ritme detak jantung, bahkan pengaruh asam lambung terhadap jantung bisa melambat hingga di bawah 60 detak per menit bagi orang yang bukan atlit. Normalnya detak jantung orang dewasa yang bukan atlit berkisar antara 60 – 100 detak per menit. Sedangkan untuk atlit yang melakukan banyak aktivitas fisik (olahraga) denyut jantungnya bisa kurang dari 60 detak per menit atau sekitar 40 kali per menit pada saat sedang istirahat. Gangguan bradikardia ini bisa berasal dari nodus sinoatrial (listrik di bagian jantung) yang berfungsi sebagai alat pacu pada jantung. Selain itu, bradikardia juga disebabkan karena adanya kerusakan pada jantung yang disebabkan oleh kardiovaskular dan penyakit jantung (serangan jantung).

  • Takikardia

Takikardia adalah keadaan dimana jantung berdetak sangat cepat meskipun dalam kondisi tidak melakukan aktivitas atau sedang istirahat, bahkan denyut jantung yang dihasilkan melebihi 100 detak per menit. Pada kondisi Takikardia supraventricular atau SVT yaitu kondisi dimana denyut jantung meningkat hungga mendekati 150 detak per menit bahkan bisa lebih dari 150 detak per menit. Pada penderita SVT terjadi gangguan pada sistem listrik di jantung, sehingga penderitanya harus segera mendapatkan pertolongan medis.

  • Fibrilasi ventrikel

Fibrilasi ventrikel adalah kondisi dimana jantung mengalami detak tidak teratur dan cepat, penderita bisa mengalami hilangnya kesadaran bahkan bisa  menyebabkan kematian yang terjadi secara tiba – tiba. pada kondsi ini penderita harus segera ditangani secara medis.

  • Fibrilasi atrium

Fibrilasi atrium ini  dapat terjadi ketika saat jantung mengalami detak yang tidak teratur dengan kontraksi pada organ jantung yang meningkat tinggi.

Cara menjaga detak jantung agar tetap stabil

Sponsors Link

Pentingnya pola hidup sehat bisa menjaga kita untuk terus sehat dan juga menjaga tubuh kita dari berbagai ancaman penyakit. Detak jantung bisa dijaga agar tetap stabil atau normal antara lain sebagai berikut:

1. Rutin konsumsi teh hijau

Selain berkhasiat untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga berkhasiat untuk menurunkan resiko sakit jantung. Teh hijau diketahui mengandung anti oksidan yang sangat baik untuk jantung, yang berfungsi menjaga kestabilan detak jantung.

2. Rutin konsumsi minyak zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Di dalam minyak zaitun terkandung asam lemak mono tak jenuh, aman dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung dan bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

3. Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dapat menstabilkan pengaruh asam lambung terhadap jantung, dan juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Tubuh memerlukan asupan magnesium sekitar 270 – 400 miligram, adapun beberapa makanan yang mengandung magnesium diantaranya buah kurma, biji labu, kacang almond, oatmeal, biji rami, gandum, dan juga sayuran hijau.

4. Rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium

Kalsium memiliki peranan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Dengan rutin mendapatkan asupan 1000 miligram kalsium per hari bisa menstablkan detak jantung. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium tinggi antara lain kubis, sereal, tahu, keju, susu, brokoli, dan juga yogurt.

5. Rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalium

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang penting bagi tubuh kita. Jika kita kekurangan asupan kalium, maka akan mempengaruhi kinerja otot – otot jantung yang juga berdampak pada tidak stabilnya detak jantung. Beberapa contoh makanan dan minuman yang banyak mengandung kalium yaitu ikan salmon, kedelai, tomat, air kelapa, buah pisang, buah plum, buah alpukat dan juga buah jeruk.

6. Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega 3

Minyak ikan memiliki kandungan lemak omega 3 yang paling tinggi kandungannya. Sangat disarankan mengkonsumsi minyak ikan secara teratur untuk menstabilkan detak jantung. Seperti yang diketahui, lemak  omega 3 berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan juga sebagai penstabil detak jantung. Adapun beberapa jenis makanan yang banyak mengandung omega 3 diantaranya yaitu : jenis kacang – kacangan, tiram, ikan tuna,  ikan sarden dan ikan mackerel.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang pengaruh asam lambung cara mengatasi asam lambung berlebihan terhadap jantung. Ada baiknya kita menjaga kesehatan kita, agar terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan. Sangat disarankan untuk selalu rutin mengecek kesehatan kita, untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak kita inginkan. Biasakanlah menjaga pola hidup sehat dan juga menjaga asupan makanan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.

Jadi, kesimpulan asam lambung adalah salah satu penyebab gangguan jantung berdebar (meningkatnya ritme jantung). Namun perlu kita ketahui bahwa asam lambung bukan menjadi penyebab dari penyakit jantung (serangan jantung). Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu kita tentang hal kesehatan lambung dan juga jantung.

Sponsors Link
, ,
Oleh :