Sponsors Link

Penderita Tipes Boleh Merokok? Benarkah? Apa Alasannya?

Sponsors Link

Penyakit tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Apabila sudah terjangkit penyakit ini, penderita akan mengalami beberapa gejala, yakni sebagai berikut:

ads
  1. Demam dan panas tinggi mencapai 40 derajat celcius
  2. Mual dan muntah. Keduanya juga bisa merupakan gejala penyakit maag tetapi ada perbedaan penyakit tifus dan maag
  3. Sakit kepala
  4. Konstipasi atau diare
  5. Badan terasa lemas
  6. Linglung terhadap sekitar
  7. Beberapa tipes disertai batuk
  8. Nyeri otot

Penyebab Penyakit Tipes

Bakteri Salmonella ini dapat menyebar dan masuk ke usus manusia melalui berbagai cara, salah satunya adalah melalui makanan yang terkontaminasi bakteri ini. Selain itu, penggunaan sembarangan air untuk kepentingan sehari-hari juga berpotensi terjangkit penyakit ini. Berikut ini dijelaskan mengenai beberapa faktor penyebab penyakit tifus yang berbahaya.

  1. Sanitasi yang buruk: hal utama yang menjadi penyebab penularan penyakit ini adalah melalui tinja orang yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Selain itu, air yang terkontaminasi juga berpotensi menjadi sarana penularan bakteri ini ke orang lain yang menggunakan air tersebut untuk keperluan MCK sehari-hari.
  2. Tidak menjaga kebersihan diri: contoh sederhananya adalah bakteri ini juga bisa menular ke orang-orang yang tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  3. Penggunaan toilet: bakteri ini juga bisa menyebar apabila Anda menyentuh mulut setelah buang air tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Cara Mencegah Penyakit Tipes

Berikut ini dijelaskan mengenai cara mencegah tipes:

  1. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  2. Jagalah kebersihan kakus tempat tinggal Anda karena kakus rentan menjadi tempat penyebaran penyakit ini.
  3. Cuci makanan yang hendak diproses dengan air bersih dan tidak terkontaminasi bakteri tifoid.
  4. Hindari membeli makanan sembarangan karena Anda tidak mengetahui proses yang dilalui ketika membuat makanan tersebut, termasuk ketika hendak membeli es karena imbauan tentang penderita tipes boleh minum es.

Penderita Tipes Boleh Merokok?

Pada dasarnya, merokok merupakan hal yang berbahaya untuk kesehatan, tidak terkecuali pasien tipes. Rokok bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga rentan terpapar infeksi. Apabila tubuh sudah rentan terhadap infeksi penyakit, maka akan lebih mudah tertular penyakit tipes ini daripada ketika Anda merokok. Dengan demikian, penderita tipes tidak boleb merokok karena dikhawatirkan bisa semakin menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalam satu batang rokok yang mana memang mengandung banyak sekali racun dan bisa menyebabkan penyakit, seperti:

  1. Penyakit paru-paru: Asap rokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti radang, bronkitis, atau pneumonia. Lebih buruk lagi, bisa menyebabkan kanker paru-paru bahkan kematian.
  2. Penyakit lambung: merokok juga bisa menimbulkan penyakit lambung. Dengan merokok, saluran pernafasan akan melemah dan memengaruhi proses pencernaan yang menjadi terhambat. Selain itu, asap rokok jug menyebabkan adanya peningkatan asam lambung yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  3. Stroke: merokok bisa melemahkan pembuluh darah yang kemudian bisa menyebabkan stroke meski tidak ada riwayat penyakit darah tinggi atau penyebab stroke lainnya.

Demikian informasi mengenai penderita tipes boleh atau tidak boleh merokok. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, ,