Sponsors Link

4 Pencegahan Parotitis Yang Dapat Dilakukan Sedini Mungkin

Sponsors Link

Parotitis atau biasa juga disebut dengan penyakit gondongan, bisa terjadi hanya seumur hidup sekali pada siapa saja. Namun ada baiknya bisa anda melakukan langkah pencegahan parotitis dari pada anda mengalaminya. Walau bagaimana pun juga mengalami parotitis sangatlah mengganggu saat anda sedang makan ataupun beraktivitas. Perlu diketahui juga bahwa penyakit parotitis tidak lah memiliki obat khusus, namun anda harus mencegahnya dengan beberapa langkah yang diperlukan. Anda juga peru mengetahui obat alternatif untuk kram usus dan obat sakit perut melilit. Adapun beberapa langkah yang anda bisa lakukan supaya terhindar dari penyakit parotitis adalah sebagai berikut.

ads
  • Memberikan Vaksin Untuk Anak

Salah satu langkah awal untuk pencegahan parotitis adalah dengan memberikan vaksin, vaksin sendiri merupakan serangkaian dari program imunisasi yang diberikan pada anak. Adapun jenis imunisasi yang diberikan adalah seperti dengan MMR yang merupakan kepanjangan dari mumps, morbili dan rubela. Untuk pemberiannya sendiri vaksin ini diberikan pada usia bayi sudah menginjak usia 15 bulan.

Anda juga perlu mengetahui perbedaan malabsorbsi dan intoleransi dan pengobatan sakit perut setelah makan kepiting supaya anda lebih memperhatikan kesehatan. Pemberian vaksin Mumps, Measles dan Rubella sendiri difungsikan untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan menjadi langkah pencegahan parotitis yang sangat efektif. Biasanya pemberian vaksin ini berbarengan dengan vaksin untuk campak dan juga campak jerman yang populer dengan nama MMR.

  • Memberikan Vaksin Untuk Orang Dewasa

Langkah vaksinasi juga bisa dilakukan bagi orang dewasa sebagai langkah pencegahan parotitis, sama halnya dengan untuk anak-anak remaja dan orang dewasa pastinya akan diberikan sebuah Imunisasi MMR. Hal ini diberikan kepada orang dewasa dan juga remaja yang pastinya belum pernah mengalami gondong. Perlu untuk diketahui juga bahwa pemberian imunisasi tidak menimbulkan efek dan juga gejala lainnya. Adapun hal lainnya yang perlu anda ketahui adalah seperti dengan sakit perut setelah makan kerang dan juga  bahaya kram usus.

  • Isolasi Pasien Parotitis

Mengisolasi pasien Parotitis bisa dilakukan dengan memberikan perhatian khusus dan jangan sampai bisa menyebar. Hal ini bisa diketahui dari gejala awalnya yang terlihat membengkak di bagian lehernya. Apabila telah melihat sebuah gejala tersebut pastikan untuk mengisolasi nya selama sembilan hari atau setelah bengkak nya menghilang. Untuk bisa menghindari menular maka pastikan untuk mencuci tangan bila bertemu dengan penderita.

Selain itu juga pastikan penderita gondongan untuk memakai masker supaya cipratan ludahnya tidak mengenai yang sehat. Hal lain yang peru anda ketahui juga adalah mengenai diare setelah makan durian. Adapun bila anda menemukan kerabat ataupun teman yang belum melakukan Langkah vaksinasi, maka pastikan teman anda untuk segera melakukan langkah vaksinasi supaya bisa terhindar dari penyakit parotitis.

  • Jaga Kebersihan

Apabila langkah pencegahan parotitis dengan melakukan vaksinasi yang telah dilakukan di lingkungan anda mencapai 80 persen. Tentu saja wilayah anda bisa dikatakan aman akan penyakit parotitis. Akan tetapi untuk lebih memaksimalkan sebuah langkah penanganan maka pastikan anda selalu menjaga peralatan makan atau juga pakaian supaya tidak terkena virus apabila telah menemui pasien yang terkena penyakit gondong.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :