Sponsors Link

Wajib Tahu 3 Operasi Ambeien Stadium 4 yang Sering Dilakukan Dokter

Sponsors Link

Ambeien (hemorrhoid) atau lebih dikenal dengan sebutan wasir merupakan gangguan yang ditandai dengan pembengkakkan atau peradangan pada pembuluh darah (vena) di dalam anus. Penyakit ini dapat terjadi di dalam rektum atau saluran yang menghubungkan usus besar dan anus, atau muncul pada area anus. Ambeien terbagi ke dalam ke dua jenis, yakni:

ads
  1. Ambeien internal: Ambeien yang muncul pada rektum yang tidak memunculkan rasa sakit pada penderitanya, tetapi akan menyebabkan kotoran bercampur darah saat buang air besar.
  2. Ambeien eksternal: Ambeien jenis ini terjadi di luar anus yang akan memunculkan gejala berupa rasa sakit dan tak nyaman pada penderitanya, pada saat buang air besar pun kotoran akan bercampur dengan darah.

Banyak orang yang terkena ambeien tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami ambeien. Hal itu dikarenakan ambeien yang ringan tidak akan menimbulkan gejala apapun. Meskipun demikian, ambeien juga sering menimbulkan beberapa gejala umum, antara lain:

  • Buang air besar disertai darah
  • Sensasi terbakar dan gatal pada daerah anus
  • Bengkak di sekitar anus
  • Keluar mukosa atau lendir setelah buang air besar
  • Beberapa penderita akan merasakan nyeri saat buang air besar

Sebenarnya gejala ambeien juga tergantung dari tingkat keparahannya. Ada 4 stadium ambeien yang dilihat dari tingkat keparahan beserta gejalanya, yakni:

  • Stadium 1: Vena atau pembuluh darah pada anus mulai membengkak membentuk benjolan. Akan tetapi benjolan ini masih terbilang berukuran kecil, sehingga ambeien stadium 1 biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, pada sebagai kasus, penderita ambeien stadium ini akan merasakan gejala berupa rasa tak nyaman ketika buang air besar. Hanya melalui pemeriksaan endoskopi lah ambeien stadium 1 dapat terdeteksi.
  • Stadium 2: Benjolan atau vena yang membengkak mulai tumbuh membesar, sehingga benjolan sudah mulai dapat dirasa. Benjolan juga dapat keluar masuk anus dengan sendirinya tanpa adanya pendarahan. Benjolan ambeien stadium 2 akan menyebabkan gejala berupa rasa panas dan gatal di anus. Gejala ini akan muncul utamanya jika terlalu lama duduk dan ketika buang air besar.
  • Stadium 3: Benjolan makin sering keluar masuk anus. Akan tetapi, pada ambeien stadium 3, benjolan tidak dapat masuk dengan sendirinya. Perlu didorong oleh jari untuk benjolan masuk kembali ke dalam anus. Benjolan ini juga bisa pecah yang akan menimbulkan pendarahan. Rasa panas dan gatal pada area anus akan dirasakan oleh penderita ambeien stadium 3.
  • Stadium 4: Benjolan sudah tidak dapat dimasukan lagi ke dalam anus walaupun dibantu oleh jari. Vena yang membengkak juga sering pecah, sehingga pendarahan juga akan sering terjadi. Akibatnya, orang yang mengalami ambeien stadium 4 dapat mengalami kekurangan darah.

Apapun jenis stadiumnya, ambeien jangan dianggap enteng, sebab penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi berupa penyeakit lain yang sangat serius. Pada umumnya, ambeien dengan tingkat keparahan ringan dapat sembuh dengan sendirinya atau hanya dengan melakukan cara mengobati ambeien dengan daun salak, cara mengobati ambeien dengan daun pepaya, atau cara mengobati ambeien dengan daun jambu biji. Lain halnya dengan ambeien yang telah parah, seperti ambeien stadium 4. Ambeien jenis ini perlu ditangani oleh pihak medis. Operasi adalah salah satu cara mengobati ambeien stadium 4.

Cara Operasi Ambeien Stadium 4

Operasi ambeien merupakan salah satu cara menyembuhkan ambeien yang paling efektif, meskipun terdapat cara mengobati ambeien secara alami dengan obat tradisional wasir stadium 4. Selain dilakukan pada pasien yang mengalami ambeien parah, operasi juga dilakukan pada pasien yang mengalami ambeien berulang atau kambuhan. Operasi ambeien dikelompokkan ke dalam tiga jenis, yakni prosedur hemoroidektomi, prosedur hemorrhoidopexy, serta prosedur ligasi arteri hemoroid.

Sponsors Link

Jenis operasi tersebut semuanya adalah cara operasi ambeien stadium 4. Kondisi tubuh pasien serta tingkat keparahan ambeien sangat berpengaruh dalam pemilihan jenis operasi ambeien mana yang akan dokter lakukan yang paling sesuai sebagai si pasien. Di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai ketiga cara operasi ambeien stadium 4 tersebut:

1. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi merupakan cara operasi ambeien stadium 4 yang dilakukan dengan cara mengangkat ambeien. Dalam mengangkat ambeien, dokter akan melakukan pembedahan kecil pada anus untuk memotong hemoroid. Dokter juga akan mengikat vena untuk mencegah pendarahan.

Pasien yang menjalani hemoroidektomi bisa tidak menjalani rawat inap jika kondisi tubuhnya sudah membaik setelah operasi. Sayangnya, jenis operasi ambeien ini dapat menimbulkan efek setelah operasi berupa rasa sakit yang lumayan hebat dibandingkan dengan rasa sakit setelah jenis operasi ambeien lainnya.

2. Hemorrhoidopexy

Sponsors Link

Hemorrhoidopexy disebut juga sebagai prosedur operasi stapling atau penjepitan. Jenis operasi ini terkadang baik dijalankan untuk mengatasi ambeien yang bergelantung keluar anus. Saat operasi dokter menggunakan alat seperti stapler (penjepit) yang bertujuan untuk menjepit pembuluh darah dalam rangka mengecilkan benjolan.

Masa pemulihan operasi hemorrhoidopexy normalnya lebih cepat dibanding dengan operasi hemoroidektomi. Namun, cara operasi ambeien stadium 4 ini lebih berisiko menimbulkan banyak komplikasi. Sehingga saat ini prosedur operasi tekni hemorrhoidopexy lebh jarang dilakukan.

3. Ligasi Arteri Hemoroid

Cara operasi ambeien stadium 4 ini dilakukan dengan cara mengikat benjolan ambeien dengan bantuan ultrasound. Teknik ligasi arteri hemoroid mempunyai keunggulan dibandingkan dengan teknik operasi ambeien lainnya, yaitu prosedur dilakukan lebih singkat dan rasa sakit setelah prosedur tidak akan terlalu sakit. Benjolan yang diikat normalnya akan menyusut dan mati dalam kurun waktu 7 sampai 10 hari. Benjolan yang mati kemudian akan keluar bersama dengan kotoran saat buang air besar.

Saat pemulihan setelah operasi, pasien dapat membantu mempercepat pemulihan dengan cara memakan buah-buahan yang dapat menyembuhkan ambeien seperti buah naga untuk mendapatkan manfaat buah naga untuk ambeien.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan