Sponsors Link

9 Olahraga yang Baik untuk Penderita Asam Lambung yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Penyakit asam lambung atau dalam bahasa medis dikenal dengan nama Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh lower esophageal spincter (LES) yang tidak berfungsi. GERD bisa menimbulkan gejala-gejala umum seperti gejala maag kambuh yang meliputi sensasi terbakar di dada atau rasa nyeri di ulu hati, mulut terasa asam ataupun pahit, sakit dan sulit untuk menelan makanan, dada terasa panas atau sakit, serta batuk kering terus menerus.

ads

Penderita GERD dianjurkan untuk berolahraga, tetapi tidak bisa melakukan olahraga berat sehingga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Keadaan yang harus difokuskan  adalah kondisi lemas dan jantung yang berdebar atau tidak normal pada saat berolahraga. Kondisi jantung berdebar sendiri dalam bahasa medis disebut palpitasi yang biasanya disertai badan yang terasa lemas, pusing, dan lain-lain. Asam lambung yang tinggi (GERD) disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan pada jantung, gangguan kecemasan, merokok, dan lain-lain.

Olahraga yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Penderita GERD harus memerhatikan beberapa agar olahraga yang dilakukan berhasil dan tidak menyebabkan keburukan bagi tubuh. Pertama, konsumsi air hangat sebelum memulai olahraga agar cairan tubuh tidak dibiarkan dalam keadaan kosong karena bisa menstimulasi peningkatan asam lambung ketika salah melakukan kegiatan pemanasan. Kedua, lakukan pemanasan sederhana dengan  peregangan otot terlebih dahulu agar tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup sebelum melakukan olahraga yang melelahkan.

Penderita asam lambung memilih jenis olahraga yang ringan karena ada beberapa jenis olahraga yang bisa memperparah kondisi asam lambung. Sedangkan olahraga yang harus dihindari adalah olahraga yang tergolong dalam HIIT (High Intensity Interval Training) seperti Muay Thai, CrossFit, dan Tabata. Jika penderita asam lambung ingin menurunkan berat badan bisa melakukan aktivitas olahraga yang cukup berat secara bertahap. Tetapi, penderita gejala asam lambung kronis harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga.

Pada hakikatnya, olahraga yang tepat bisa membantu proses penyembuhan masalah asam lambung asalkan disertai pengaturan pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Segera atasi masalah asam lambung ketika baru muncul sehingga masalah asam lambung tidak akan semakin parah. Konsumsi obat yang mengandung Hydrotalcite, Magnesium Hydroxide, dan Simethicone secara rutin agar penyakit asam lambung segera teratasi.

Aktivitas fisik yang berat bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga penderita akan merasa mual dan sakit perut. Jadi, berhati-hatilah dalam berolahraga. Sebelum berolahraga sebaiknya konsumsi makanan untuk asam lambung atau cemilan untuk penderita asam lambung seperti granola atau buah-buahan dan perhatikan bahaya jengkol untuk asam lambung. Cara menurunkan asam lambung ini harus dilakukan untuk menghindari kelaparan di tengah latihan sehingga gejala asam lambung memburuk.

  1. Plank

Plank adalah jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Gerakan olahraga ini termasuk gerakan dasar yang menggunakan tumpuan tangan dan posisi awal seperti push up. Plank bisa dilakukan selama 10 menit saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Jadi, penderita asam lambung tidak perlu khawatir akan kelelahan saat dan setelah melakukan olahraga ini.

  1. Push Up dan Sit Up

Olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah push up dan sit up.  Kedua jenis olahraga ini bisa melatih otot perut sehingga terhindar dari perut buncit dan gejala maag juga bisa berkurang. Lakukan push up dan sit up sebanyak 5 kali ulangan selama 15 menit.

  1. Sprint
Sponsors Link

Sprint adalah lari cepat, tetapi olahraga ini harus diawali dengan lari kecil atau jogging yang dipadukan dengan lari cepat melalui track tertentu. Sprint bisa dilakukan selama 30 menit sebelum memulai aktivitas pada pagi hari. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga setiap hari.

  1. Senam Aerobik

Penderita asam lambung boleh melakukan senam aerobik yang mengombinasikan berbagai kegiatan pemanasan maupun pendinginan selama 45 menit. Senam aerobik bisa menstimulasi oksigen dan memperlancar peredaran darah di dalam tubuh yang bermanfaat bagi regenerasi sel organ tubuh yang mengalami kerusakan.

  1. Jalan santai

Jika tidak ingin mengambil risiko pada tubuh karena tidak terbiasa olahraga sebelumnya, tidak ada salahnya untuk berjalan santai pada pagi atau sore hari dengan memilih jalur yang dekat dari rumah. Olahraga ini akan membiasakan otot kaki dan tangan tanpa harus menyiksa fisik. Olahraga ringan ini bisa dilakukan oleh semua kalangan usia dan penderita berbagai penyakit terutama penderita asam lambung. Terkadang, orang yang menderita asam lambung tinggi atau naik lebih nyaman untuk berbaring atau tidur.

ads

Namun sebenarnya tidur terus menerus dan tidak bangun dari tempat tidur sangat tidak baik sehingga penderita harus memilih aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan. Tahukah kalau olahraga ringan ini bisa menurunkan asam lambung? Cobalah rutin berjalan kaki termasuk orang-orang yang memiliki segudang aktivitas dan tidak menderita penyakit apapun. Sisipkan kegiatan berjalan santai ini dalam aktivitas sehari-hari seperti saat menuju kantor atau pulang kantor. Jika biasanya naik ojek atau angkot, ubahlah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan berjalan kaki.

  1. Peregangan

Penderita asam lambung harus melakukan peregangan ringan sebelum berolahraga yang agak berat. Peregangan ini juga bisa dilakukan sebagai kegiatan olahraga utama. bagaimana caranya? Gerakkan  kepala, leher, tangan, lengan agar sendi dan otot tubuh tidak kaku dan perut yang sakit karena asam lambung menjadi lebih ringan dan rileks.

Kegiatan olahraga peregangan ini bisa dilakukan di rumah khususnya kamar tidur. Saat melakukan peregangan, bagian tubuh akan bergerak dalam rangkaian tertentu dan hanya sedikit melawan gravitasi. Peregangan bisa dilakukan sebelum tidur setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Tubuh akan menjadi rileks dan nyaman sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak.

  1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan pengaturan nafas sehingga membuat pelakunya merasa rileks dan nyaman. Keluhan penyakit kronis seperti asam lambung bisa diringankan dengan yoga. Mengapa demikian? Karena yoga terdiri dari latihan pernafasan dan fokus pada bagian tubuh yang berbeda. Jangan lakukan yoga secara berlebihan dan harus hati-hati agar mendapatkan manfaat yang multi dari olahraga ini.

Dengan teknik pernapasan dan gerakan-gerakan lambat, yoga bisa menjadi solusi yang tepat untuk meredakan rasa sakit pada perut yang disebabkan oleh asam lambung yang tinggi. Yoga sudah menjadi olahraga yang populer sekarang ini. Tidak heran jika olahraga ini digemari oleh banyak orang terutama wanita karena bisa menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan secara alami serta mencegah penuaan.

  1. Bersepeda

Bersepeda juga baik untuk penderita asam lambung karena kegiatan ini juga mengatur pernapasan. Saat bersepeda, badan selalu terjaga dalam posisi tegak, terutama saat menggunakan sepeda statis. Jika  tidak sempat dan malas untuk bersepeda keliling kota, gunakan sepeda statis yang bisa dilakukan sambil menonton televisi. Sangat mudah dan menyenangkan bukan? Lakukan sekarang juga agar tubuh menjadi sehat dan bugar.

  1. Berenang

Renang adalah jenis olahraga yang mengasyikkan untuk dilakukan terutama saat kemarau yang sangat panas. Berenang mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan perasaan menjadi senang karena segala aktivitas yang dilakukan di kolam renang tentunya menyenangkan. Apalagi jika berenang di tempat yang mengasyikkan seperti infinity pool, kalau punya kolam renang di rumah juga menyenangkan karena bisa berenang sesering mungkin. Menurut penelitian yang dikutip oleh dailymail.co.uk.

Sponsors Link

Jika penderita asam lambung ingin berenang, sebaiknya tidak makan sebelum berenang karena bisa memicu kenaikan asam lambung secara cepat. Renang biasanya dilakukan dalam posisi horizontal sehingga pergerakan kenaikan asam lambung ke esofagus akan lebih cepat sehingga membuat mual atau mulas dan muncul sensasi seperti terbakar di kerongkongan. Hindari konsumsii makanan tinggi lemak, protein, dan tinggi serat sebelum berenang karena semua makanan itu membutuhkan waktu cerna yang lebih lama sehingga bisa membuat perut terasa tidak nyaman saat berenang.

Untuk memastikan pencegahan asam lambung meningkat sebelum olahraga, konsumsilah obat yang mengandung antasida yang berfungsi menetralisasi asam lambung. Tetaplah lakukan olahraga ringan yang telah dijelaskan secara teratur agar tekanan darah menjadi stabil atau normal. Perhatikan porsi olahraga yang tepat agar menjadi solusi bagi asam lambung yang sering mendadak tinggi.  Jangan anggap sepele GERD karena bisa menyebabkan berbagai komplikasi karena asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan. Luka yang terjadi bisa meluas dan menyebabkan penyempitan pada kerongkongan bawah. GERD juga bisa menyebabkan perubahan struktur dinding dalam kerongkongan yang menimbulkan penyakit Barrett’s (penyakit lesi prakanker). Bahkan, asam lambung yang tinggi bisa menyebar ke gigi sehingga terjadi erosi dental, gangguan tenggorokan (faringitis kronis), sinus (sinusitis), pita suara (laringitis), saluran pernapasan bawah (asma), dan paru-paru (fibrosis paru idiopatik).

Ternyata penderita asam lambung bisa mengatasinya dengan olahraga yang ringan dan menyenangkan. Banyak orang yang menganggap kalau olahraga itu melelahkan dan sulit untuk dilakukan. Padahal pada kenyataannya, olahraga yang ringan dan mudah juga banyak yang menjadi cara menjaga kesehatan lambung. Bahkan olahraga seperti itu bisa dilakukan di rumah sehingga bisa dilakukan kapan saja. Hal yang harus dilakukan adalah olahraga ringan tersebut harus dilakukan dengan rutin. Ingatlah, jangan lakukan olahraga secara berlebihan karena dikhawatirkan justru akan memperparah kondisi asam lambung atau menimbulkan efek samping lainnya. Sayangi diri sendiri dan jangan menyiksanya dengan aktivitas fisik yang berat dan menyusahkan. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup