Sponsors Link

Wajib Dicoba, 6 Olahraga Untuk Usus Turun yang Paling Ampuh!

Sponsors Link

Usus turun merupakan salah satu gangguan kesehatan yang pada umumnya disebut dengan hernia ataupun turun berok di masyarakat. Kondisi ini bisa mengakibatkan penurunan pada kekuatan otot perut, juga bisa menyebabkan munculnya tonjolan di daerah perut bagian bawah sebagai salah satu ciri-ciri usus turun. Usus turun ini pada umumnya sebagian besar dialami oleh kaum  pria dan rata-rata dialami pada usia di atas 40 tahun. Penyakit ini biasanya akan membuat penderitanya mengalami nyeri, perih dan rasa panas seperti terbakar.

ads

Untuk mengatasi penyaki usus turun, bisa dengan pengobatan secara medis ataupun dengan cara mengobati turun berok tanpa operasi secara alami. Selain itu bisa juga dengan melakukan olahraga yang mana dapat berperan sebagai cara pencegahan sekaligus membantu pengobatan agar lebih maksimal. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa macam olahraga untuk usus turun dengan lebih jelas. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Berjalan santai

Jenis olahraga yang paling mudah untuk dipraktekkan adalah berjalan santai, yang mana bisa bisa dilakukan sambil melakukan rutinitas sehari-hari. Berjalan santai ini juga bisa digunakan sebagai salah satu macam olahraga pasca operasi usus buntu yang aman, untuk menjaga otot pada area perut tetap terlatih agar kuat dan kencang.

2. Bersepeda

Bersepeda santai juga bisa menjadi olahraga untuk usus turun yang efektif, karena dengan bersepeda bisa melatih otot di area perut bawah dan melatih kekuatas jaringan syaraf di sekitarnya. Namun dinjurkan untuk menghentikan aktivitas bersepeda jika area perut mulai terasa panas.

3. Meremas bantal

Jika tidak dilakukan pencegahan ataupun penanganan yang tepat, akibat hernia tidak di operasi bisa menyebabkan kondisi yang fatal. Salah satu upaya agar usus turun dapat cepat sembuh tanpa harus melakukan aktivitas berat ataupun peralatan khusus adalah dengan meremas bantal. Hal ini bisa dilakukan sambil membaringkan badan pada posisi mendatar sambil menekuk lutut, dengan bantal disisipkan di antara kedua lutut.

4. Aerobik

Selain bisa membentuk tubuh, olahraga aerobik juga dapat bermanfaat sebagai olahraga untuk usus turun. Walaupun aerobik menjadi olahraga yang dilarang dilakukan setelah operasi usus buntu masih sakit, aerobik bisa membantu melancarkan aliran darah dan melatih otot tubuh yang bisa mempercepat penyembuhan usus turun.

5. Berolahraga air

Olahraga untuk usus turun selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga di dalam air. Tidak harus dengan berenang namun juga bisa dengan cara berjalan mengelilingi kolam renang, dilanjutkan dengan melakukan peregangan kaki setelahnya.

6. Yoga

Yoga yang mana menjadi salah satu cara mengatasi konstipasi juga dapat mengatasi dan mencegah usus turun. Namun yoga ada beberapa macam jenis, yang mana harus disesuaikan dengan konsisi usus turun yang dialami sehingga perlu dikonsulasikan terlebih dahulu.

Lakukan olahraga di atas secara rutin dan teratur, agar usus turun bisa diatasi dengan lebih cepat dan lebih maksimal. Selain mengatasi usus turun, olahraga yang telah dijelaskan di atas juga bisa digunakan sebagai jenis olahraga sederhana yang bisa mengecilkan perut buncit lho. Demikian ulasan mengenai berbagai macam olahraga untuk usus turun yang bisa dicoba, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,