Sponsors Link

5 Olahraga Untuk Penderita Usus Buntu Yang Telah Dipercaya Dan Aman

Sponsors Link

Usus buntu merupakan salah satu organ yang terletak di ujung akhir usus dan fungsinya adalah sebagai organ imunologik dan berperan aktif dalam sekresi kekebalan tubuh yang berisi kelenjar limfoid. Sedangkan penyakit usus buntu sendiri adalah suatu keadaan dimana itu ditandai dengan pembengkakan pada bagian usus buntu ini. Perbedaan usus buntu dan usus turun dapat dilihat dari gejalanya. Malah justru rasa yang ditimbulkan hampir sama dengan penyakit lambung yaitu nyeri perut yang sangat hebat di perut terutama bagian bawah, dan disertai dengan demam, sembelit dan muntah. Untuk pengobatan, biasanya dilakukan operasi pengangkatan usus buntu untuk tingkat yang kronis, dan obat-obatan alami. Untuk tindakan pasca operasi, selain istirahat yang cukup, penderita usus buntu sangat disarankan untuk melakukan olahraga. Olahraga pasca operasi usus buntu telah dipercaya dan aman dilakukan. Berikut daftar olahraga untuk usus buntu:

ads
  1. Latihan Ringan Di Tempat Tidur

Setelah operasi usus buntu, hal yang dianjurkan adalah melakukan latihan ringan di atas tempat tidur. Tapi ingat untuk berhati-hati karena kondisi organ di dalam mungkin masih belum pulih betul. Cobalah dengan latihan mengangkat kaki secara perlahan, angkat kaki kiri ke atas lalu hitung sampai 8, setelah itu angkat kaki kanan dan ulangi sampai beberapa kali. Di samping itu, anda juga harus memperhatikan posisi tidur yang baik pasca operasi usus buntu.

  1. Naik Turun Tangga

Walau mungkin terdengar sederhana dan ringan, namun dengan melakukan naik dan turun tangga ini, otot bagian bawah tubuh akan kembali aktif dan dipercaya aman untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi pasien usus buntu. Selain itu, terdapat tips olahraga sederhana yang bisa mengecilkan perut buncit. Sebagai langkah awal, jangan memaksakan diri untuk berjalan cepat dalam naik dan turun tangga, cukup lakukan pelan-pelan dan sambil atur nafas supaya tubuh tidak kaget dengan goncangan.

  1. Jalan Kaki

Aktivitas normal seperti jalan kaki bisa langsung dilakukan bagi pasien pasca operasi usus buntu selang 2 minggu sampai 3 minggu sejak dilakukannya operasi. Sebagai langkah awal, cukup berjalan kaki di dalam rumah semampu yang anda dapat lakukan dan jangan memaksakan apabila dirasa tidak nyaman baik pada pernafasan maupun pada perut bagian bawah. Jalan kaki termasuk dalam olahraga pasca operasi radang usus buntu yang aman, jadi anda tidak perlu khawatir.

  1. Latihan Perut

Jangan membayangkan latihan perut seperti melakukan sit up yang cenderung berat, karena itu justru akan memperparah keadaan pasca operasi usus buntu. Yang dimaksud latihan perut disini adalah hal yang mudah dan dijamin aman, yaitu belajar duduk pada ujung tempat tidur sambil meluruskan punggung dan mengangkat kaki perlahan.

  1. Bersepeda

Terakhir yaitu olahraga yang lebih baik untuk dilakukan selang 4-8 minggu setelah operasi usus buntu, karena hal ini membutuhkan tenaga yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan olahraga diatas. Jika masih ragu, anda bisa melakukannya dengan sepeda statis. Bersepeda dipercaya sebagai salah satu jenis olahraga yang baik untuk penderita asam lambung.

Itulah beberapa olahraga untuk usus buntu yang telah dipercaya dan aman untuk dilakukan sendiri di rumah, namun sebelum benar-benar yakin dengan kondisi tubuh, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu