Sponsors Link

5 Olahraga Untuk Radang Usus Paling Ampuh

Sponsors Link

Radang usus merupakan salah satu gangguan pencernaan yang bisa membuat penderitanya mengalami gejala radang lambung dan usus seperti nyeri pada perut, berkurangnya nafsu makan, mudah kelelahan, berat badan turun dan lain sebagainya. Radang usus sendiri pada umumya menjelaskan dua jenis keluhan gangguan usus yaitu penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Di mana penyakit Crohn biasanya akan menyebabkan peradangan di saluran pencernaan dari mulut sampai anus, sedangkan kolitis ulseratif yang terjadi pada area kolon atau usus besar.

ads

Untuk mengobati radang usus bisa dengan menggunakan obat anti inflamasi, antibiotik ataupun obat lain untuk mengatasi gangguan pencernaan. Di samping itu, juga bisa diimbangi dengan melakukan olahraga untuk radang usus. Di mana fungsi olahraga tidak hanya bisa membantu meminimalisir dampak atau komplikasi yang ditimbulkan, namun juga bisa mencegah terjadinya radang usus sejak dini.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis olahraga untuk radang usus yang paling ampuh, seperti berikut ini:

  1. Berjalan santai, yang juga menjadi salah satu olahraga pasca operasi usus buntu bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang bersifat ringan di mana dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.
  2. Bersepeda, selain bisa melatih otot yang ada di area perut juga dapat membantu mencegah terjadinya radang usus karena dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh dengan baik.
  3. Gym, selain dapat membentuk otot juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi radang usus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan secara alami dapat memberikan efek anti inflamasi sebagai cara menyembuhkan radang usus secara alami.
  4. Berenang, juga dapat menjadi salah satu olahraga untuk radang usus karena dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan dapat meningkatkan aktivitas bakteri probiotik yang mana sangat baik untuk pencernaan.
  5. Yoga, juga dapat mencegah ciri-ciri usus bengkak dan mengurangi nyeri yang muncul ketika radang usus terutama pada radang usus yang terjadi pada usus besar, yang mana juga dapat meredakan stress yang dialami saat radang usus.

Untuk mendapatkan manfaat olahraga untuk radang usus di atas secara lebih optimal, sebaiknya olahraga dilakukan secara rutin setidaknya 30 menit untuk setiap harinya atau untuk yoga adalah setidaknya 90 menit per minggu. Di samping melakukan olahraga, ada beberapa hal yang juga sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keefektifan penanganan gejala radang usus besar ataupun sistem pencernaan, seperti:

  1. Banyak minum air putih, yang mana bisa mengatasi terjadinya diare yang biasanya muncul ketika mengalami radang usus, serta juga bisa memberikan efek dingin pada usus yang radang.
  2. Melakukan diet seimbang, dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita radang usus terutama makanan yang mengandung banyak serat dan mineral.
  3. Menghindari minuman bersoda, juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan karena bisa menambahkan volume gas dalam usus.
  4. Menghindari makanan penyebab radang usus, seperti makanan pedas, berlemak, sayur brokoli atau kol yang bisa memicu radang usus bertambah parah.

Demikian pembahasan mengenai beberapa olahraga untuk radang usus baik untuk pencegahan maupun penanganan yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan