Sponsors Link

3 Olahraga Untuk Mengatasi Sembelit Yang Ampuh

Sponsors Link

Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya ada beberapa olahraga untuk mengatasi sembelit yang paling efektif membantu sebuah sistem pencernaan. Seperti halnya senam dimana dengan melakukan beberapa gerakan tertentu, bisa mempercepat pergerakan makanan di dalam usus besar lebih lancar. Hal tersebut tentu bisa membuat sembelit bisa teratasi, ada baiknya anda mengetahui juga diare setelah makan durian dan juga obat kram usus untuk membantu proses pencernaan anda. Adapun beberapa olahraga yang cocok untuk sembelit yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

ads
  • Kardio

Salah satu olahraga untuk mengatasi sembelit yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah kardio. Melakukan olah raga jenis ini tentunya bisa membantu anda dalam meningkatkan berbagai fungsi dari beberapa organ dalam tubuh termasuk pencernaan. Bahkan dengan olah raga jenis kardio anda mampu membuat sistem pernapasan anda lebih baik , detak jantung bekerja normal dan membuat  otot dan saraf bisa bekerja dengan baik. Untuk jenis dari olah raga kardio sendiri contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Berjalan.
  2. Berenang.
  3. Zumba.
  4. Jogging.

Adapun hal lain yang ada kaitannya dengan kesehatan pencernaan perlu juga diketahui seperti mengetahui perbedaan malabsorbsi dan intoleransi dan menemukan segera obat sakit perut melilit hilang timbul.

  • Yoga

Yoga juga merupakan salah satu jenis olahraga untuk mengatasi sembelit, karena diantaranya ada beberapa gerakan yoga yang membuat sistem pencernaan anda bisa sehat. Hal ini didasari dari beberapa gerakan yoga yang mampu meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan, dengan begitu maka setiap gerakan yoga mampu menstimulasi pergerakan usus. Adapun beberapa gerakan Yoga yang baik untuk anda lakukan dan efektif mengatasi sembelit diantaranya adalah ;

  1. Gerakan Pose cat dan cow.
  2. Beberapa Gerakan Wind relieving pose, baik itu wind relieving pose dengan kedua kaki sekaligus ataupun juga dengan gerakan wind relieving pose satu per satu.
  3. Suspine twisting.

Dengan demikian bahaya kram usus jika diabaikan dan gangguan sistem pencernaan lain bisa diatasi.

  • Gerakan Otot Dasar Panggul

Untuk olahraga untuk mengatasi sembelit lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan Melatih gerakan Otot dasar panggul. Hal ini disebabkan apabila seseorang yang memiliki  gangguan terhadap kondisi panggul, tentu saja bisa membuat seseorang merasa kesulitan waktu sembelit karena beberapa bagian ototnya bermasalah. Adapun cara yang tepat untuk melancarkan gerakan otot panggul anda maka bisa melakukan serangkaian gerakan Deep squat pose seperti berikut :

  1. Awali dengan posisi berjongkok,
  2. Buk kaki kanan dan kiri,
  3. Pastikan pergelangan kaki dan lutut dalam posisi sejajar,
  4. Pastikan Beban berat badan di bawa ke belakang,
  5. Bila kesulitan bisa menggunakan kursi pendek untuk menopang berat badan yang dipusatkan di bokong,
  6. Selanjutnya tarik perlahan-lahan kursinya untuk bisa menahan bobot sendiri,
  7. Lakukan gerakan untuk menurunkan tubuh dengan mempertahankan posisi lutut supaya jangan melebihi pergelangan kaki,
  8. Sisipkan tangan pada jarak kaki kanan dan kiri,
  9. Pastikan untuk mengulangi gerakan sebanyak 10 kali.

Ada baiknya anda mengenali juga sakit perut setelah makan kerang dan cara pengobatan sakit perut setelah makan kepiting.

Itulah beberapa olahraga untuk mengatasi sembelit yang bisa anda lakukan di rumah dan sangat efektif membantu sistem pencernaan anda bekerja optimal. Tentu saja sembelit yang dirasakan bisa diatasi dengan serangkaian olahraga tersebut secara konsisten dan melakukannya dengan baik.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup