Sponsors Link

3 Olahraga Pasca Operasi Usus Buntu yang Aman Dilakukan

Sponsors Link

Operasi usus buntu adalah salah satu tindakan kesehatan untuk mengobati ciri ciri usus luka dengan memotong dan mengangkat bagian usus yang mengalami peradangan. Pada umumnya, pasien yang melakukan operasi usus buntu dengan membedah perut akan diperbolehkan pulang setelah 1 minggu. Apabila usus buntu yang dilakukan menggunakan teknik laparoskopi, maka waktu penyembuhannya terbilang sakit. Biasanya, pasien dapat beraktivitas normal setelah 2-3 minggu, sedangkan untuk aktivitas berat dilakukan perlahan dalam kurun waktu 1,5-2 bulan setelah operasi. Mengembalikan fungsi tubuh pasca operasi usus buntu memakan waktu cukup lama.

ads

Selain dengan memperbanyak manfaat madu bagi pencernaan, Anda juga dapat melakukan berolahraga. Namun, durasi dan intensitas olahraganya berbeda dengan yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Proses penyembuhan operasi usus buntu sangat bergantung pada jenis operasi yang Anda lakuakn. Tetapi, proses apapun yang Anda jalani, Anda ternyata sudah diperbolehkan untuk berolahraga. Namun, dengan intensitas sedang, misalnya saja, jalan kaki di sekitar area komplek atau lari-lari kecil.

Larangan Pasca Operasi Usus Buntu

Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak boleh mengangakat benda berat seperti olahraga angkat beban. Terhitung 2 minggu setelah melakukan operasi laparoskopi dan 4-6 minggu setelah melakukan pembedahan terbuka. Selain itu, jangan mengangkat beban berat melebihi empat kilogram, Anda hanya diperbolehkan mengangkat kantong belanjaan bulanan, koper kecil atau menggendong bayi.

Olahraga Pasca Operasi Usus Buntu

Olahraga yang bisa Anda lakukan setelah operasi usus buntu, diantaranya :

  • Jalan kaki

Setelah melakukan operasi usus buntu, Anda bisa langsung melakukan proses pemulihan dengan berolahraga ringan seperti jalan kaki dengan jarak yang pendek. Selama melakukan jalan kaki, selalu perhatikan postur tubuh Anda. Usahakan untuk tidak menumpukan sebagian besar berat badan ke otot perut Anda. Jangan paksakan dan langsung berhenti berjalan sesaat setelah Anda merasa lelah. Selain itu, jangan memaksakan diri jika memang tubuh Anda sudah tidak kuat untuk berolahraga dengan jangka waktu yang lama. Semakin Anda paksakan tidak akan memberikan efek yang baik bagi Anda.

  • Mengencangkan otot perut

Saat berada pada masa pemulihan, latihan perut dasar juga akan membantu membuat otot inti tubuh Anda menjadi lebih kuat. Olahraga ini bisa Anda mulai dengan duduk di tepi tempat tidur dengan menggantungkan kaki di tepi tempat tidur. Luruskan dan kencangakn punggung dengan kaki yang diangkat perlahan hingga sejajar dengan lantai.

Tahanlah posisi ini selama beberapa detik sebelum perlahan-lahan menurunkan kaki seperti kondisi Anda semula. Ulangi segala bentuk pergerakan ini hingga keluar keringat dari tubuh Anda dan hentikan segera setelah Anda merasa kelelahan. Dengan latihan seperti ini akan senantiasa memperlancar aliran darah di sekitar perut Anda dan mempercepat penyembuhan terutama organ pencernaan makanan setelah melakukan operasi usus buntu.

  • Renang

Berenang adalah salah satu olahraga ringan yang dapat membantu membuat persendian Anda menjadi lemas. Setelah dirasa pulih dari usus buntu, cobalah untuk melakukan olahraga renang dengan jarak yang pendek. Renang gaya bebas dianggap cukup efektif dalam mengurangi ketegangan otot perut yang biasa terjadi setelah melakukan operasi usus buntu. Namun, sebelum berenang, Anda pastikan bahwa luka operasi sudah benar-benar sembuh. Segera hentikan renang Anda apabila Anda merasa kelelahan atau mengalami sakit di daerah perut bawah. Jikalau memang dirasa kekuatan Anda kembali, maka frekuensi renang Anda bisa tambah.

Demikian olahraga yang bisa Anda lakukan setelah operasi usus buntu. Cegah penyakit berbahaya dengan menambah informasi mengenai penyebab usus besar luka, cara mencegah kanker usus, penyebab kanker usus buntu dan informasi lainnnya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu