Sponsors Link

5 Obat Tradisional Sendawa Terus Menerus yang Aman Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Bersendawa merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas yang berlebihan yang ada pada perut melalui kerongkongan dan juga mulut. Bersendawa atau eruktasi merupakan hal yang wajar, hampir setiap orang melakukan sendawa setiap harinya. Meskipun hal yang wajar akan tetapi bersendawa secara terus menerus tentunya sangat mengganggu apalagi jika disertai dengan suara yang keras. Selain mengganggu, bersendawa secara terus menerus dapat menjadi gejala bahwa sistem pencernaan sedang mengalami gangguan.

ads

Beberapa orang mengalami diare disertai sendawa berbau dengan disertai suara yang kera. Salah satu penyebab bersendawa secara terus menerus yaitu terlalu banyak menelan udara, maag sering bersendawa atau dapat dikarenakan sistem pencernaan yang buruk. Jika Anda ingin mengatasi masalah sendawa terus menerus, maka berikut ini 5 obat tradisional sendawa terus menerus yang aman.

1. Peppermint

Obat tradisional sendawa terus menerus yang pertama yaitu peppermint. Selain dapat menyegarkan dan mengatasi bau mulut, rupanya peppermint dapat mengatasi sendawa yang berlebihan. Pada peppermint terdapat sifat antispasmodic, sifat tersebut sangat membantu mengurangi pembentukan gas. Selain dapat mengurangi pembentukan gas, peppermint dapat membantu melancarkan pencernaan pada tubuh.

Cara mengkonsumsinya yaitu siapkan 1 sdt daun peppermint yang kering kemudian rendam menggunakan air panas selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu saring daun peppermint kemudian konsumsi air teh peppermint tersebut. Untuk hasil yang maksimal konsumsilah 2 kali sehari. Peppermint dapat bermanfaat sebagai obat tradisional maag dan diare.

2. Jahe

Jahe adalah tanaman obat yang mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat jahe untuk sakit maag dan dapat membantu mengobati sendawa secara terus menerus. Pada jahe terdapat sifat karminatif yang dapat mencegah gas berlebihan, perut kembung dan juga bersendawa. Jahe juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Cara mengolahnya yaitu siapkan 1 buah jahe kemudian iris tipis-tipis. Masukkan 1 sdm jahe yang telah di iris tipis ke dalam air panas kemudian diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, Anda dapat menambahkan madu untuk menambah cita rasa. Madu mempunyai manfaat madu bagi pencernaan. Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk membuat ramuan tersebut, maka Anda dapat mengkonsumsi obat herbal yang mengandung jahe.

3. Biji Adas

Obat tradisional sendawa terus menerus yang ketiga yaitu adas. Adas merupakan tanaman obat yang dapat membantu mengatasi masalah sendawa berlebihan. Sama halnya dengan jahe, biji adas mengandung sifat karminatif yang dapat mencegah pembentukan gas dan juga dapat mengurangi rasa kembung pada perut. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sendawa berlebihan yaitu bijinya. Anda dapat mengunyah langsung 1/2 sdt biji adas kering atau dapat juga dengan membuat minuman dari biji adas.

4. Makanan yang mengandung Probiotik

Untuk mengatasi sendawa terus menerus Anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi makanan probiotik. Beberapa jenis makanan probiotik yang dapat Anda konsumsi yaitu yoghurt, kimchi, acar, buttermilk, dll. Makanan yang mengandung probiotik dapat membantu menyeimbangkan bakteri yang ada pada usum. Pada saat bakteri dalam usus tidak seimbang maka akan terjadi pembentukan gas yang berlebihan untuk itu Anda dapat mengkonsumsi makanan probiotik untuk mengatasi sendawa terus menerus.

5. Teh Kamomil

Obat tradisional sendawa terus menerus yang terakhir yaitu teh kamomil. Kandungan pada kamomil mempunyai khasiat menghilangkan gas berlebihan pada perut. Selain itu kamomil juga dapat menenangkan perut dan membantu mengobati penyebab kram usus. Anda dapat mengkonsumsi kamomil 2 kali sehari. Teh kamomil juga berkhasiat sebagai obat tradisional iritasi usus besar.

Selain dengan mengkonsumsi obat tradisional tersebut, ada beberapa cara lainnya yang dapat Anda lakukan. Seperti halnya dengan makan secara perlahan, mengkonsumsi minuman yang tidak berkarbonasi, mengubah pola makan, dll. Sekian pembahasan mengenai 5 obat tradisional sendawa terus menerus yang aman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal