Sponsors Link

Mudah Ditemukan! 5 Obat Sakit Perut Saat Makan Pedas yang Terbukti Aman

Sponsors Link

Kuliner dengan sensasi pedas sudah menjadi bagian dari gaya hidup mayoritas masyarakat di Indonesia. Rasa pedas yang nikmat semakin menambah selera makan. Namun, apa jadinya jika lidah menginginkan digoyang dengan masakan lezat tapi perut menolak. Rasanya pasti tidak nyaman jika sakit perut saat makan pedas. Untuk menanggulanginya terdapat obat sakit perut saat makan pedas.

ads

Penyebab Sakit Perut Saat Makan Pedas

Rasa pedas antara dihasilkan dari cabai yang memiliki senyawa capsaicin di dalamnya. Lambung yang terpapar senyawa capcaisin terlalu banyak akan mengalami iritasi, sehingga menimbulkan sakit perut saat makan pedas. Kondisi ini disebut pula dispepsia fungsional, yaitu adanya keluhan pada saluran cerna atas, yaitu sakit perut serta mual setelah makan masakan pedas. Salah satu penyebab dispepsia yaitu makan masakan pedas.

Makanan pedas juga bisa sebagai pemicu gastritis yaitu peradangan pada lambung. Perlu diketahui pula adanya perbedaan dispepsia dan gastritis, salah satunya yaitu pada dispepsia akan muncul sensasi panas di perut bagian atas. Sementara pada gastritis, sensasi panas dirasakannya pada lambung.

Selain itu, masakan dengan rasa pedas yang kuat merupakan makanan penyebab usus lengket, bahkan juga penyebab infeksi usus. Masakan pedas pun mengandung sifat asam yang mengakibatkan usus menjadi teriritasi hingga menimbulkan diare.

Pencegahan Sakit Perut Saat Makan Pedas

  • Memakan makanan yang bersifat alkali

Hal ini dapat menetralisir rasa pedas ketika makan cabai. Contoh makanan bersifat alkali antara lain : Buttermilk, yoghurt, krim keju.

  • Minum Jus Lemon Ketika Makan Pedas

Jus lemon ini dapat menetralkan senyawa capsaicin sebelum senyawa ini masuk ke dalam usus, sehingga diare dapat dicegah. Perlu diketahui bahwa lemon ini memang rasanya asam, namun lemon berubah menjadi basa yang netral ketika berada di dalam tubuh.

  • Mengkonsumsi Roti & Bubur

Supaya pH makanan pedas menjadi netral.

  • Minum Air Putih yang Banyak

Terutama ketika sebelum dan setelah makan masakan pedas. Air putih dapat mencairkan isi lambung sehingga iritasi pada lapisan usus dapat berkurang.

  • Perbanyak Makan buah dan sayur mayur

Buah dan sayur dapat meluruhkan capsaicin yang terdapat pada cabai. Buah dan sayur ini dapat dikonsumsi sebelum maupun setelah makan makanan pedas.

Obat Sakit Perut Saat Makan Pedas

Ada beragam cara mengobati perut perih akibat makan pedas. Secara alami Anda dapat mengkonsumsi makanan untuk asam lambung, maupun menggunakan cara menurunkan asam lambung secara alami. Minum Susu juga bisa menetralkan asam dari masakan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan.

Cara lainnya yaitu dengan mengkonsumsi obat generik di Apotek maupun obat resep dokter. Obat untuk sakit perut saat makan pedas yang dapat Anda temui di Apotek antara lain:

Sponsors Link

  • Obat dengan Jenis Antasida

Obat dengan jenis ini berfungsi untuk menetralkan asam lambung yang berlebih, sehingga dapat mencegah terjadinya iritasi pada lambung.

  • Obat Penghambat Pompa Proton (PPI)

Obat ini berfungsi mengurangi kadar asam lambung secara lebih efektif.

  • Obat Antagonis Reseptor H2 (H2A)

Obat jenis ini mampu mengurangi jumlah asam lambung.

  • Obat Anti Depresan

Obat jenis anti depresan umumnya disarankan oleh dokter untuk mengurangi rasa nyeri pada lambung.

  • Obat Diare

Sifat asam dalam masakan pedas dapat membuat usus teriritasi yang menyebabkan diare. Jika kamu terserang diare setelah makan masakan pedas, maka kamu perlu meminum obat diare yang dapat dibeli di apotek.

Sponsors Link
, , ,