Sponsors Link

Inilah 3 Obat Ampuh Untuk Usir Cacingan Terbukti Langsung Ampuh

Sponsors Link

Pilihlah obat cacingan yang tepat, karena tidak semua obat cacing bisa membasmi cacing di dalam tubuh. Ada berbagai macam jenis cacing di dalam tubuh yang perlu kita waspadai dan konsumsi obat cacingan yang sesuai untuk membasminya.

ads

Cacingan tidak hanya menyerang anak-anak saja, namun juga dapat terjadi pada orang dewasa. Penyakit cacingan ini disebabkan oleh organisme cacing, yang salah satu penyebabnya yaitu kurangnya kebersihan. Cacing sendiri terdapat berbagai jenis, antara lain : cacing kremi, cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Semua cacing tersebut memerlukan obat yang berbeda dengan cara kerja yang berbeda pula.

Gejala Cacingan 

Gejala Cacingan secara umum yaitu: Tidak nafsu makan, badan kurus, lemas, mual, muntah, nyeri perut, tinja berdarah, diare karena cacingan, batuk kering, pucat, mudah mengantuk, serta susah gemuk karena cacingan.

Adapun di bawah ini merupakan gejala cacingan akibat jenis cacing yang berbeda.

  • Gejala Cacingan Akibat Cacing Kremi

Cacingan akibat cacing kremi ini sering dialami oleh anak-anak, dengan gejalanya yaitu muncul mual, nyeri perut, serta gatal pada permukaan dubur maupun vagina hingga menyebabkan susah tidur.

  • Gejala Cacingan Akibat Cacing Pita

Ketika tubuh didiami cacing pita, maka gejalanya akan terasa nyeri perut, mual, diare, kejang, berat badan menurun dan kelelahan, serta munculnya demam massa atau benjolan akibat reaksi alergi terhadap cacing pita.

  • Gejala Cacingan Akibat Cacing Tambang

Gejala cacingan akibat cacing tambang antara lain timbulnya ruam yang menonjol dan terasa gatal, terjadi demam yang disertai batuk dengan bunyi nafas mengi akibat larva cacing tambang di paru-paru, perut bagian atas terasa nyeri, anemia, nafsu makan berkurang, serta terasa mual.

  • Gejala Cacingan Akibat Cacing Gelang

Gejala cacingan akibat cacing tambang perlu diwaspadai, yaitu adanya cacing pada muntahan maupun tinja. Bahkan jika jumlahnya banyak, bisa menyumbat usus. Gejala lainnya yaitu batuk kering, nyeri perut, diare, mualm serta berat badan menurun.

Penyebab Cacingan

Penyebab utama cacingan yaitu kurangnya perhatian terhadap kebersihan. Terutama pada anak-anak yang tidak mencuci tangan setelah beraktivitas. Mereka memasukkan tangan yang kotor ke dalam mulut, padahal pada tangan tersebut terdapat telur-telur cacing yang masuk ke dalam mulut kemudian berkembang biak di dalam pencernaan. Adapun untuk cacing dengan jenis cacing tambang bisa menembus kulit telapak kaki jika penderita cacingan tidak menggunakan alas kaki.

Penyebab lainnya yaitu dari makanan,  karena terdapat makanan penyebab cacing kremi yang perlu diwaspadai, juga faktor penyebab cacingan lainnya. Selain itu Anda juga perlu mewaspadai cara penularan cacingan supaya lebih mudah dalam mencegahnya.

Obat Cacingan

Sponsors Link

Terdapat berbagai macam cara mengobati cacingan. Di bawah ini terdapat jenis obat cacing yang dapat ditemui di Apotek :

  • Piperazin

Kandungan Piperazin ini paling tepat untuk cacingan yang disebabkan oleh cacing gelang dan cacing kremi. Cara kerja obat cacingan ini yaitu melumpuhkan otot-otot cacing dan membuangnya bersama kotoran.

  • Pirantel Pamoat

Obat Cacingan dengan kandungan Pirantel Pamoat ini dapat membasmi cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Cara kerja obat ini dalam melumpuhkan cacing yaitu dengan mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

  • Albendazol

Albendazol efektif dalam membasmi cacing pita, cacing kremi, cacik tambang, juga cacing gelang. Cara kerja obat cacingan ini yaitu dengan mencegah cacing menyerap gula dalam tubuh, sehingga cacing mati akibat kehabisan energi.

Yang perlu diperhatikan yaitu bahwa obat cacingan di atas belum bisa membasmi telur cacing. Oleh karena itu, kebersihan perlu dijaga dan pemberian obat cacingan perlu diulang secara berkala yaitu enam bulan sekali, supaya telur cacing yang baru menetas dapat segera dibasmi sebelum menjadi dewasa dan menghasilkan telur cacing baru. Selain itu, Anda juga perlu mewaspadai efek setelah minum obat cacing.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Cacingan