Sponsors Link

Muntah Darah Karena Maag: Penyebab, Bahaya, dan Pencegahannya

Sponsors Link

Muntah darah atau hematemesis umumnya berasal dari saluran pencernaan bagian atas seperti lambung dan kerongkongan (esofagus) akibat maag yang sudah akut. Warna darah yang dikeluarkan biasanya merah segar hingga kehitaman yang menunjukkan tingkat perdarahan. Warna gelap atau kehitaman berarti sumber perdarahan berasal dari saluran cerna bagian atas yang tersumbat atau berjalan lambat. Sedangkan, warna merah terang berarti perdarahan akut yang berjalan cepat dan dimuntahkan segera. Beberapa gejala asam lambung kronis bisa muncul secara bersamaan dengan muntah darah seperti  mual dan kondisi perut yang tidak nyaman atau nyeri sehingga memuntahkan isi lambung lainnya bersamaan dengan darah.

ads

Masyarakat di Indonesia mengenal penyakit maag karena gangguan pencernaan yang disebut indigestion. Faktanya, maag bukanlah penyakit tetapi gejala yang menandakan penyakit tertentu di tubuh seseorang. Maag bukan kondisi yang selalu dialami oleh setiap orang karena hanya orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung yang tinggi dan tukak lambung yang akan menunjukkan gejala maag. Gejala maag akan dirasakan saat seseorang mengalami kondisi isi lambung tertentu seperti ciri asam lambung naik ke dada melalui kerongkongan sehingga seseorang merasa mual, muntah, dan nyeri dada.

Penyebab Muntah Darah

Muntah darah disebabkan oleh penyakit, cedera, atau penggunaan obat-obatan. Penyebab muntah darah karena maag sebagai berikut.

  1. Sindrom Mallory Weiss, yaitu perdarahan yang terjadi akibat adanya robekan di lambung yang dipicu oleh tekanan secara tiba-tiba di lambung seperti batuk dan muntah berulang-ulang.
  2. Perdarahan yang berasal dari lambung disebabkan oleh tukak lambung atau luka di lapisan lambung, gastritis, dan kanker lambung.
  3. Maag yang disebabkan oleh luka di lambung yang tidak segera terobati akan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Luka ini terjadi karena pola makan tidak teratur atau sensitif terhadap makanan tertentu seperti rasa pedas atau lainnya, dan efek samping konsumsi obat antinflamasi nonsteroid (OAINS).
  4. Maag dapat kambuh dengan mudah karena stres yang membuat syaraf mengeluarkan hormon berlebih yang mengganggu kinerja lambung secara keseluruhan.
  5. Konsumsi minuman beralkohol dan berkafein terlalu sering akan mengiritasi permukaan lambung.

Bahaya Muntah Darah Karena Maag

Gejala maag bisa berbahaya karena menimbulkan komplikasi kalau penanganan terlambat. Beberapa komplikasi dari penyakit maag harus diwaspadai agar penyakit lambung tidak bertambah parah. Berikut penjelasannya.

  1. Penyempitan saluran kerongkongan (esofagus) yang menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan makanan atau sesak nafas. Gejala yang muncul adalah nyeri dada dan tenggorokan akibat adanya luka atau infeksi di kerongkongan.
  2. Infeksi yang terjadi akibat asam lambung di kerongkongan dalam jumlah berlebih yang disebut Esofagus Barrett. Penumpukan jaringan sel di bawah kerongkongan bisa menyebabkan tumbuhnya sel kanker yang fatal bagi penderita.
  3. Stenosis pilorus yang terjadi akibat asam lambung berlebih atau maag yang tidak diobati dapat menyebabkan pylorus menjadi sempit sehingga penderita akan muntah-muntah. Kanker kerongkongan akan merusak fungsi kerongkongan dan saluran pencernaan secara umum.

Penderita atau keluarganya harus paham tentang gejala maag akut sehingga bisa mengantisipasinya. Gejala maag kronis sebagai berikut.

  • Rasa mual, mulas, dan maag sering muntah yang bercampur darah akibat dinding lambung mengelupas atau terluka.
  • Nyeri dan pedih yang ditandai dengan perut kembung dan sesak hingga ke dada sehingga penderita malas makan, pucat pasi, keringat dingin, pusing, dan mata berkunang-kunang.
  • Tidak bisa tidur (insomnia) dan banyak sendawa saat telat makan yang diikuti rasa nyeri ulu hati.
  • Sensitif terhadap makanan pedas atau berlemak yang sering tidak disadari oleh penderitanya.

Penyakit maag sering dianggap remeh karena pada awalnya tergolong penyakit ringan. Sakit maag lebih diketahui sebagai penyakit akibat sering telat makan atau pola makan yang tidak teratur saja. Penyakit ini diabaikan begitu saja karena masyarakat kurang paham tentang efek samping yang ditimbulkan oleh penyakit ini. Setiap gejala yang berhubungan dengan penyakit maag harus dianggap serius terutama bagi orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun karena ada kemungkinan pengaruh asam lambung terhadap jantung penderita.

Sponsors Link

Penyakit yang ringan jika tidak diobati dengan serius bisa menjadi lebih parah hingga menyebabkan kematian. Sakit maag bisa dialami oleh siapapun dalam berbagai usia termasuk anak-anak. Gejala utama penyakit maag ditandai dengan nyeri di lambung dan usus. Jika tidak segera diatasi, nyeri dapat merembet ke kerongkongan akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung dan terjadi infeksi. Infeksi disebabkan oleh bakteri yang bisa menyebar ke kerongkongan penderita. Infeksi yang dibiarkan bisa menyebabkan kanker kerongkongan yang sangat fatal terhadap kondisi penderita karena sering menyebabkan kematian.

Pencegahan Muntah Darah Karena Maag

Sakit maag mudah kambuh karena lambung sensitif terhadap pola makan dan jenis makanan yang dimakan. Jika tidak ingin menderita sakit maag sebaiknya lakukan beberapa hal pencegahan ini atau jika pernah menderita maag bisa dicegah agar tidak kambuh kembali. Adapun hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit maag yang kronis hingga menyebabkan muntah darah sebagai berikut.

  1. Kurangi atau hindari konsumsi kafein dan alkohol karena makanan dan minuman berkafein dan beralkohol sangat mudah menyebabkan sakit maag akut yang menyebabkan muntah darah. Makanan dengan kadar asam yang tinggi juga menyebabkan maag akut yang membuat muntah darah. Konsultasikan dengan dokter tentang konsumsi obat-obatan seperti aspirin atau OAINS terutama risiko dan manfaatnya.
  2. Terapkan pola makan teratur dan kurangi konsumsi makanan-makanan yang sensitif terhadap lambung.
  3. Makan dalam porsi sedang/kecil tetapi sering. Lakukan empat atau lima kali sehari dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit. Jangan makan sekaligus dalam porsi besar, tetapi hanya 3 kali makan dalam sehari seperti orang sehat tanpa penyakit maag.
  4. Hindari rasa was-was dan stres dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti olahraga dan rekreasi. Konsultasi dengan psikiater jika kondisi mental atau kejiwaan begitu mendesak untuk diatasi atau tidak bisa diatasi sendiri.
    ads
  5. Kalau perokok sebaiknya berhenti merokok karena nikotindalam rokok memberikan efek relaksasi otot sehingga otot saluran pencernaan yang mempertahankan isi lambung tidak naik menjadi lemah akibat otot menjadi relaks. Hal yang terjadi selanjutnya adalah refluks asam lambung dengan gejala gangguan pencernaan yang ditandai dengan rasa terbakar di dada akibat asam lambung yang naik. Perokok cenderung mudah batuk sehingga setiap kali batuk maka perut akan tertekan sehingga risiko asam lambung naik meningkat. Selain rokok, coklat juga memiliki efek yang mirip dengan nikotin.sehingga harus dihindari konsumsinya agar asam lambung tidak naik.
  6. Hindarimakan berat atau makan kudapan sebelum tidur karena risiko naiknya isi lambung bisa meningkat.

Berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk mengobati sakit maag yang sulit diobati sendiri. Dokter biasanya mendiagnosis sakit maag dengan melihat dari gejala yang dialami oleh penderita untuk memastikan sakit yang diderita termasuk maag stadium awal atau ada komplikasi tertentu yang diderita. Langkah yang biasanya dijalani oleh pasien saat berobat ke dokter antara lain cek keluhan, gejala, dan riwayat sakit pasien lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan lab untuk melihat siklus metabolisme dan gangguan tiroid. Kemudian dilanjutkan dengan cek kondisi lambung dengan metode endoskopi dan pengambilan sampel jaringan.

Dokter biasanya akan meminta sampel tinja untuk mengecek kondisi saluran pencernaan bagian atas. Jika kondisi sudah cukup serius biasanya dilakukan deteksi efek dari infeksi bakteri Helicobacter pylori dengan menggunakan CT scan atau X-ray serta kondisi obstruksi usus untuk memastikan pasien menderita hal itu atau tidak. Pemeriksaan lebih rinci yang dilakukan oleh dokter spesialis jika kondisi tubuh sudah rawan komplikasi. Kondisi yang rawan komplikasi antara lain penderita berusia 50 tahun ke atas, mengalami gejala sering muntah dan sulit menelan, berat badan turun drastis tanpa gejala yang pasti, muntah darah, dan mengeluarkan tinja yang bercampur darah berwarna gelap serta terasa nyeri saat buang air besar.

Jenis-jenis obat untuk sakit maag yang sering diresepkan oleh dokter antara lain antasida sebagai penetral asam lambung sehingga kembali normal, antagonis reseptor H2 (H2RA) yang juga berfungsi sebagai penetral asam lambung, obat penghambat pompa proton (PPI) sebagai alternatif lain untuk meminimalkan produksi kadar asam lambung, alginat untuk menghilangkan rasa nyeri akibat refluks asam lambung sebagai tanda tanda asam lambung naik, antibiotik yang harus dihabiskan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, prokinetik untuk meredakan nyeri dan menetralkan proses pencernaan, dan obat antidepresan sebagai pereda rasa nyeri juga. Obat-obat tersebut cukup dikonsumsi saat masih ada keluhan atau rasa sakit. Konsumsi obat tersebut harus dihentikan jika sudah sembuh karena konsumsi yang terus menerus bisa menyebabkan lambung kebal terhadap obat sehingga sulit diobati jika terasa sakit kembali.

Pengobatan penyakit maag tanpa ke dokter biasanya dilakukan sebagai pertolongan pertama agar gejala sakit maag mereda. Bagaimana caranya? Dengan menghindari berbagai makanan dan minuman yang menyebabkan sakit maag. Beli obat untuk sakit maag di toko obat atau apotek untuk meredakan sakit maag sesuai dengan kadar kecocokan pasien terhadap obat tertentu sehingga sakit maag bisa menghilang tanpa perlu berobat ke dokter. Jika merasa tidak perlu ke dokter memang cukup diobati sendiri asalkan rasa sakit tidak dibiarkan begitu saja. Ingatlah kalau muntah darah karena maag menandakan sakit maag yang diderita sudah akut sehingga harus ditangani oleh dokter. Selamat hidup sehat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Maag