Sponsors Link

Mual Setelah Minum Air Putih, Kenapa? Apa penyebabnya?

Sponsors Link

Air putih adalah air bening yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang dalam kehidupan sehari-hari. Air yang tidak memiliki rasa khusus ini, identik dengan minuman yang menyehatkan, sebab memiliki manfaat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Namun, beberapa orang terkadang ada yang merasa mual setelah minum air putih. Hal tersebut bisa jadi pertanda gangguan kesehatan pada organ pencernaanya.

ads

Seperti yang dikeluhkan seorang pasien melalui situs alodokter bahwa setiap minum air putih, walaupun dalam jumlah sedikit, pasien tersebut akan merasa mual atau eneg. Ia menanyakan apa solusi yang tepat untuk mengurangi rasa mualnya tersebut, setiap kali habis minum air putih. Padahal, air putih tersebut bukanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan cairan tubuh yang hilang infeksi usus besar karena aktifitas yang dijalani.

Penyebab Mual  Setelah Minum Air Putih

Air putih adalah zat yang paling alami untuk tubuh kita.  Jarang sekali kita mendengar bahwa ada orang yang ternyata sensitive terhadap air putih. Sebaliknya, orang yang jarang minum air putih, malah berisiko mengalami gangguan ginjal. Adapun jika pasien merasa mual setiap kali sudah minum air putih, mungkin itu akibat dari gangguan kesehatan organ pencernaanya, seperti lambung yang sedang sakit maag atau asam lambung yang naik. Selain itu, berikut ini beberapa penyebab mual yang sedang dirasakan pasien :

  • Gangguan Empedu
  • Penyakit asam lambung
  • Penyakit hati
  • Penyakit infeksi seperti radang tenggorokan
  • Penyakit TBC
  • kehamilan
  • Gangguan psikis seperti stress dan depresi
  • Efek samping obat-obatan yang sedang dikonsumsi
  • Penyakit kronis seperti gangguan ginjal, kankerm diabetes dan lain lain

Umumnya, rasa mual yang timbul ini adalah akibat keluhan penyakit penyakit enteritis di sekitar organ lambung dan system pencernaan lainya. Rasa mual ini biasanya akan kembali membaik, jika telah diberikan obat maag yang dijual bebas di toko dekat rumah.

Tanpa Mual Saat Minum Air Putih

Tentu kita sudah tahu, bahwa normalnya seseorang itu harus mengkonsumsi atau minum air putih dari 8 hingga 12 gelas sehari. Namun, sebagian orang ternyata tidak melakukan ini sebagai kebiasaan yang menyehatkan. Akibatnya, mungkin saja, ketika meminum air dalam jumlah lebih banyak, reaksinya akan menimbulkan rasa mual.

Jika memang karena tidak membiasakan diri untuk minum air putih dengan teratur, atau tidak suka meminum air putih, sebenarnya ada cara untuk Anda tetap mau minum air putih, agar mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini beberapa cara minum air putih yang tidak membuat mual, seperti yang ditulis oleh Prof. Luckyanto :

  • Mengatur suhu Air Putih

Ketika meminum air putih, terkadang orang ada yang suka dengan suhu air yang hangat, namun air dengan suhu dingin ternyata lebih digemari.  Air yang disimpan di kendi kabarnya lebih segar dan dingin alami. Jika tidak ada kendi, maka simpan saja air putih di dalam lemari es

  • Menyaring Air Putih

Air putih yang telah melalui proses penyaringan sebelumnya, biasanya merupakan air putih yang enak untuk dikonsumsi. Dengan system penyaringan yang baik, endapan dalam radang selaput perut air seperti klorin, parasit serta bau yang kurang sedap akan hilang.

  • Air Putih dimurnikan

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa membeli sebuah pitcher dengan water purifier, yang merupakan system pemurnian air yang akan menyaring air keran biasa (di rumah), menjadi air minum murni yang pastinya jernih dan bersih.

Sponsors Link

  • Menambahkan Perasa Buah

Kreatif sedikit jika memang meminum air putih menjadi mual, tambahkan perasa buah pada air putih yang akan diminum. Misalnya, rasa jeruk, strawberry jeruk nipis dan lain sebagainya.

  • Tambahkan Es Batu Beraroma

Buat es batu dari air jeruk atau rasa yang anda sukai, kemudian kekurangan enzim lipase bisa mengganggu pencernaan masukan ke dalam freezer agar menjadi Es. Setelah itu, campurkan es setiap kali Anda hendak minum air putih.

Cara Mengatasi Rasa Mual

Kebanyakan kasus pasien yang merasa mual setelah minum air putih, biasanya memang berkaitan dengan sakit di saluran cernah, terutama lambung. Untuk itu, kita bisa melakukan konsultasi ke dokter, agar bisa diketahui secara pasti, apa penyebab rasa mual dan eneg tiap kali minum air putih. Jangka pendeknya, Anda hanya perlu mengkonsumsi obat khusus, atau obat alami untuk mengatasi rasa mual dan eneg tersebut.

Selain beberapa tips meminum air di ulasan tadi, Anda juga ramuan tradisional untuk perut panas bisa mengkonsumsi makanan atau minuman dalam keadaan hangat, tentunya hindari makanan-makanan yang mungkin memicu rasa mual dan eneg karena sakit lambung yang sedang alami. Hindari kebiasaan meminum alcohol dan kopi serta soda, jika memang rasa mual dan eneg ini belum juga hilang.

Air putih seharusnya menjadi minuman yang justru paling menyehatkan, bagi siapa saja yang meminumnya. Jika memang merasa mual dan eneg setiap kali minum air putih, sebaiknya tidak minum dalam jumlah berlebih dulu. Mual setelah minum air putih bisa jadi tanda gangguan pencernaan yang lebih serius.

Sponsors Link
, ,
Oleh :