Sponsors Link

Bolehkah Minum Yakult untuk Radang Usus? Bagaimana Mengonsumsinya yang Tepat?

Sponsors Link

Yakult adalah minuman probiotik yang bisa dikonsumsi sebagai suplemen makanan yang mengandung bakteri baik, yaitu Lactobacillus casei shirota strain yang hidup secara alami di dalam usus manusia. Di dalam satu botol yakult terdapat lebih dari 6,5 miliar Lactobacillus casei. Yakult terbukti bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan makanan sehingga menyulitkan bakteri jahat untuk berkembang biak yang menyebabkan infeksi.

ads

Lactobacillus casei juga bisa mencegah dan mengobati gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, sindrom iritasi usus (IBS), peradangan usus (IBD), dan gangguan pencernaan akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Lactobacillus casei juga bermanfaat untuk mencegah flu dan pilek pada orang dewasa dan mencegah infeksi pernapasan pada anak-anak. Jadi, Yakult boleh diminum oleh penderita radang usus sebagai dampak kelebihan karbohidrat karena bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan serta membangun dan menjaga daya tahan tubuh.

Cara Konsumsi Yakult yang Tepat

Konsumsi satu botol saja per hari untuk mendapatkan manfaat dari Yakult. Namun, untuk penderita penyakit pencernaan seperti radang usus sebaiknya minum dua botol Yakult dalam sehari. Yakult hanya baik dikonsumsi sebelum tanggal kedaluwarsa agar jumlah bakteri Lactobacillus casei tidak berkurang sehingga harus diperhatikan tanggal kadaluwarsanya agar mendapat manfaat yakult. Supaya tetap dalam keadaan baik, Yakult sebaiknya disimpan di dalam kulkas maksimal selama 40 hari sejak tanggal pembuatannya. Simpanlah yakult dalam suhu di bawah 10° C, jangan dibekukan di dalam freezer, juga tidak boleh dibiarkan di luar kulkas terlalu lama.

Yakult tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Orang yang mencoba Yakult untuk pertama kalinya mungkin mengalami kembung selama minggu pertama. Yakult mungkin menyebabkan sakit perut, diare, atau justru sembelit bagi orang-orang tertentu. Cara membersihkan usus kotor juga bisa dengan minum yakult setiap hari. Yakult dikemas dalam botol berukuran 65-80 ml agar minuman ini bisa langsung dihabiskan dalam satu kali minum agar terhindar dari kontaminasi silang.

Membuka dan membiarkan botol atau menutupnya bisa menyebabkan bakteri probiotik mati karena terinfeksi oleh berbagai bakteri berbahaya lainnya dari lingkungan sekitar. Akibatnya adalah kualitas dan efektivitas Yakult menurun. Yakult bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusuikarena telah menerima sertifikat GRAS (Generally Recognized As Safe/Umumnya Dianggap Aman) dari FDA Amerika Serikat (AS). Sertifikat ini artinya tingkat keamanan tertinggi untuk produk apapun. Kualitas Yakult juga tidak perlu diragukan karena sudah diresmikan oleh label FOSHU (Food for Specified Health Us) dari Consumer Affair Agency Pemerintah Jepang. Label ini hanya diberikan kepada produk yang dinilai memiliki manfaat keselamatan dan kesehatan secara ilmiah.

Manfaat Yakult Bagi Tubuh Terutama Pencernaan

Berikut ini beberapa manfaat Yakult beserta penjelasannya agar tidak ragu untuk konsumsi Yakult saat menderita sakit pada pencernaan seperti radang usus dan cara mencegah usus buntu.

  • Usus Menjadi Sehat Karena Bakteri Baik Bertambah

Usus adalah organ pencernaan yang identik dengan dualisme bakteri, yaitu bakteri baik dan jahat karena banyak bakteri yang hidup di sepanjang saluran usus. Jika seseorang mengonsumsi makanan yang tidak sehat, bakteri-bakteri jahat akan beraksi untuk menimbulkan beberapa masalah pencernaan seperti radang usus, sakit perut, diare, dan gangguan pencernaan lainnya. Konsumsi yakult setiap hari sebagai cara menyembuhkan radang usus bisa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehinggsebagai cara menyguan perncernaan.

Sponsors Link

  • Kekebalan Tubuh Meningkat

Kekebalan adalah pertahanan terbaik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Konsumsi yakult secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena yakult akan menambah bakteri baik yang siap menyerang bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit. Tubuh akan lebih sehat dan terasa bugar sehingga aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan lancar. Yakult juga bisa membantu program diet karena bisa mengikat lemak dalam tubuh sehingga lemak tidak menumpuk di dalam tubuh. Selain itu, yakult juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga beberapa risiko penyakit berat seperti jantung, darah tinggi, dan kolesterol menurun.

  • Maag Bisa Diobati Secara Alami

Fakta ilmiah menunjukkan bahwa yakult bisa mengatasi penyakit maag dengan melawan bakteri jahat dalam usus melalui dorongan terhadap peran bakteri baik. Yakult juga bisa meredakan gejala maag yang kambuh secara alami sebagai cara menghilangkan mual karena maag.

Sponsors Link

  • Racun dalam Tubuh Terbuang

Banyak racun di dalam tubuh terutama di organ pencernaan yang tidak disadari akibat polusi lingkungan yang kurang baik dan konsumsi makanan penyebab usus kotor. Racun ini berbahaya karena mengakibatkan berbagai infeksi usus sehingga konsumsi yakult menjadi cara yang tepat.

  • Bakteri Baik dalam Usus Terpelihara

Yakult juga bermanfaat untuk menyeimbangkan jumlah bakteri dalam usus sehingga proses pencernaan makanan berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat dua jenis bakteri di dalam usus, yaitu bakteri baik dan jahat yang ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Yakult juga bisa menghindarkan diri dari berbagai masalah pencernaan seperti keracunan makanan.

Itulah beberapa fakta dan manfaat yakult bagi sistem pencernaan terutama usus sehingga minuman ini bisa dikonsumsi sesuai dengan anjuran tanpa berlebihan atau kekurangan. Selamat hidup sehat!  

Sponsors Link
, , ,