Sponsors Link

10 Makanan yang Menyebabkan Radang Usus Buntu yang Wajib Anda Hindari

Sponsors Link

Sebagian besar orang pasti tidak asing lagi dengan penyakit usus buntu. Penanganan untuk penyakit ini tentu saja biasanya operasi sehingga cara pengobatan ini cukup mengerikan dan  biayanya tidak sedikit. Setelah membayangkan bagaimana seram dan mahalnya operasi, sebaiknya mulai dari sekarang kita harus memerhatikan pada usus buntu. Bagaimana caranya? Mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari makanan penyebab radang usus buntu sebagai cara mencegah usus buntu. Sebagian besar kasus radang usus buntu disebabkan oleh makanan yang dimakan.

ads

Beberapa jenis makanan memang bisa menjadi penyebab penyakit ini. Makanan yang sulit dicerna biasanya menyebabkan pembentukan feses mengeras sehingga berpeluang besar tersangkut atau masuk ke umbai cacing alias usus buntu. Kemudian hal tersebut menyebabkan peradangan. Perhatikan makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari masalah ini. Radang Usus Buntu yang dikenal masyarakat sebagai penyakit usus buntu bisa terjadi pada siapa saja tanpa batasan usia. Sebagian besar orang yang mengalami penyakit ini berusia 10 sampai 30 tahun dan umumnya terjadi pada pria dibandingkan wanita. Penyebab radang usus buntu belum diketahui hingga saat ini karena penyebabnya begitu beragam.

Sumbatan di usus buntu menjadi penyebab utama radang usus buntu menurut para dokter. Sumbatan ini bisa terjadi secara parsial atau menyeluruh. Sumbatan total atau menyeluruh adalah kondisi terparah sehingga harus dilakukan operasi untuk menyembuhkannya. Sumbatan pada usus buntu terjadi akibat akumulasi kotoran yang mengeras (fecalith) atau bisa juga akibat folikel limfoid yang membesar. Sumbatan terjadi karena bakteri telah berkembang biak di dalam usus sehingga menimbulkan peradangan dan bernanah.

Makanan yang Menyebabkan Radang Usus Buntu

Usus buntu yang meradang menyebabkan rasa sakit yang tidak bisa ditahan pada perut. Penderita biasanya menderita dan tidak bisa melakukan apapun. Hanya bisa tidur, duduk pun terasa sakit. Radang usus buntu yang sudah terinfeksi bakteri ini dapat meledak atau bocor jika tidak dioperasi segera. Kemudian nanah yang kaya bakteri ini akan menyebar di rongga perut dan  membahayakan organ lainnya. Kondisi ini bisa menimbulkan dampak yang fatal seperti kematian.

Ada kabar gembira bagi pecinta makanan pedas! Ternyata makanan pedas bukanlah penyebab langsung radang usus buntu, walaupun makanan pedas seperti cabai, lada, dan paprika yang dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut yang mirip seperti gejala awal radang usus buntu. Selain itu, biji dari buah yang termakan juga biasanya dianggap sebagai penyebab usus buntu meradang. Misalnya, biji cabai atau biji anggur yang tertelan. Padahal sebenarnya tidak demikian. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, risiko biji-bijian ini menyebabkan radang usus buntu akut yang sangat minim. Namun, dokter dan ahli kesehatan tetap menyarankan untuk mengunyah buah dan bijinya hingga halus agar bahan ini tidak menjadi penyumbat usus buntu.

Pada kenyataannya, tidak ada makanan yang menyebabkan radang usus buntu secara langsung setelah dikonsumsi. Namun, ada beberapa makanan yang harus diwaspadai karena memiliki potensi untuk mengganggu kelancaran saluran cerna, buang air besar yang tidak lancar, feses yang keras sehingga bisa menjadi faktor penyebab usus buntu, ciri ciri usus luka, dan kanker usus. Berikut beberapa jenis makanan yang menyebabkan radang usus buntu secara tidak langsung.

  1. Pisang Muda

Pisang mungkin tidak pernah terpikirkan bisa menyebabkan radang usus buntu karena pisang dikenal sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pisang yang baik untuk dikonsumsi adalah pisang yang sudah masak. Pisang yang bisa menyebabkan radang usus buntu adalah pisang muda yang juga bisa menyebabkan konstipasi. Pisang yang belum masak  mempunyai kandungan zat tepung yang sulit dicerna dan serat (pectin) yang akan menyerap air dalam saluran cerna sehingga menyebabkan sembelit yang juga akan berefek pada usus buntu.

  1. Permen Karet
Sponsors Link

Konsumsi permen karet seharusnya tidak ditelan. Jika rasa manisnya sudah hilang dan sudah dikunyah dalam waktu agak lama segera dibuang. Mengapa demikian? Karena menelan permen karet berbahaya dan banyak yang bilang kalau butuh waktu tujuh tahun untuk mencernanya. Terutama kalau menelan beberapa buah permen karet dalam waktu berdekatan. Terlalu banyak permen karet yang ditelan bisa menyebabkan masalah pencernaan karena kemungkinan bisa membuat usus lengket.

Terlebih setelah makan permen karet diikuti dengan konsumsi makanan yang sulit dicerna seperti biji-bijian keras. Kondisi ini akan membuat usus khususnya usus buntu meradang. Dengan demikian, banyak orang yang menyimpulkan kalau permen karet tergolong makanan penyebab usus buntu meradang.  Anak-anak di bawah usia 5 tahun sebaiknya dilarang mengunyah permen karet karena mereka bisa saja segera menelan dalam jumlah banyak. Setidaknya perbolehkan anak-anak mengonsumsi 1 hingga 2 buah saja per harinya. Jangan lupa mengingatkan anak-anak untuk membuang permen karet setelah dikunyah.

  1. Gluten

Gluten adalah protein yang dikandung oleh gandum, gandum hitam, dan barley. Protein jenis ini biasanya tidak berbahaya bagi sebagian orang, namun bagi orang yang memiliki alergi dan sensitif terhadap zat ini bisa mengalami masalah pencernaan yang disebut penyakit celiac. Orang yang menderita celiac tidak boleh mengonsumsi makan yang mengandung gluten karena dikhawatirkan mengalami sembelit dan radang usus buntu yang semakin parah.

ads
  1. Kesemek

Kesemek cukup populer di Asia dan banyak yang suka dengan buah ini. Pada kenyataannya, buah ini berpotensi menjadi penyebab usus buntu yang meradang. Kesemek manis atau telah matang tidak terlalu berbahaya, tetapi kesemek yang masih asam atau masih muda harus diwaspadai karena buah ini bisa memperlambat pergerakan makanan pada usus. Awalnya, buah ini akan menyebabkan sembelit. Hati-hati kalau sembelit berlangsung lama akan mungkin menyebabkan radang usus buntu.

  1. Daging Merah

Daging merah mengandung banyak lemak dan zat besi yang tinggi. Tidak heran kalau makanan ini lebih lama dicerna oleh usus. Proses yang lama ini biasanya akan menyebabkan sembelit. Jika sembelit tidak diatasi dengan konsumsi buah berserat seperti papaya dan mangga akan meningkatkan risiko peradangan pada usus buntu. Jika konsumsi makanan berserat setidaknya hanya menjadi akibat usus buntuk tidak dioperasi.

  1. Produk Olahan Susu

Konsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, susu, dan es krim yang banyak bisa menyebabkan peningkatan gas dan sembelit karena produk olahan tersebut mengandung banyak laktosa. Kondisi pencernaan yang kurang lancar akibat sembelit bisa menyebabkan radang usus buntu. Lalu bagaimana untuk mencegah sembelit dan radang usus buntu? Konsumsi secukupnya saja dan imbangi dengan banyak minum air putih. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan kaya serat dari buah-buahan dan sayuran juga.

  1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng yang mengandung lemak dan sedikit serat bisa memperlambat proses pencernaan. Konsumsi dalam jumlah banyak dan rutin akan menyebabkan konstipasi yang berujung pada radang usus buntu. Untuk itu hindari atau kurangi porsi makanan siap saji yang berlemak tinggi dari menu makan harian. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dan berserat lebih baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Suplemen Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis suplemen makanan yang bisa memicu terjadinya konstipasi. Jika dibiarkan bisa menyebabkan radang usus buntu. Jenis suplemen yang dimaksud adalah suplemen yang mengandung kalsium dan zat besi.  Jika harus mengonsumsi suplemen ini untuk jangka waktu lama, imbangi dengan makanan kaya serat agar kondisi pencernaan tetap lancar. Saluran pencernaan sangat berkorelasi dengan usus buntu sehingga keduanya harus sehat. Cara yang bisa dilakukan adalah menghindari makanan yang berpotensi menjadi penyebab usus buntu meradang.

  1. Makanan Pedas

Ada benarnya kalau makanan pedas bisa menyebabkan radang usus buntu. Apa penyebabnya? Tentu saja biji cabai. Ada kemungkinan biji-biji tersebut tidak hancur sehingga menyumbat usus dalam jangka waktu lama, tetapi kasus seperti itu jarang terjadi. Makanan pedas biasanya menyebabkan gangguan pencernaan yang menimbulkan rasa sakit di daerah antara tulang dada dan pusar yang disertai mual. Rasa sakit bisa menjadi tidak nyaman dan hal ini mungkin sulit dibedakan dengan gejala usus buntu. Kondisi usus buntu tidak akan sembuh dengan sendirinya kecuali dirawat secara medis. Jika tergolong rentan terhadap gangguan pencernaan,  hindari atau batasi kuantitas dan frekuensi konsumsi makanan tersebut.

Sponsors Link

  1. Makanan Rendah Serat

Apa saja jenis makanan yang rendah serat? Tentu saja semua makanan kecuali sayuran dan buah-buahan. Makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah serat bisa meningkatkan risiko radang usus buntu. Sudah pernah dilakukan sebuah penelitian terhadap hampir dua ribu orang anak di Yunani, hasilnya adalah anak-anak dengan radang usus buntu memiliki asupan serat yang lebih rendah daripada anak-anak yang konsumsi makanan berserat dan sehat.

Studi lainnya dilakukan di Amerika Serikat, hasilnya adalah anak-anak yang memiliki persentase asupan serat lebih dari 50% akan memiliki risiko 30% lebih rendah terkena radang usus buntu daripada anak yang jarang makan serat. Selain itu, konsumsi gula dan makanan manis yang berlebihan bisa menyebabkan sembelit dan meningkatkan pemaparan infeksi sehingga menyebabkan penyakit usus buntu.

Itulah 10 jenis makanan yang berisiko menyebabkan radang usus buntu. Jika tidak ingin menderita radang usus buntu yang menyiksa, sebaiknya hindari atau batasi konsumsi makanan-makanan tersebut. Jika merasa curiga kalau terkena gejala usus buntu, konsultasi ke dokter segera agar diberi antibiotik usus buntu atau obat usus buntu tanpa operasi. Kalau terpaksa untuk operasi, konsumsi makanan pasca operasi usus buntu dan jangan lupa lakukan olahraga pasca operasi usus buntu. Selamat hidup sehat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu