Sponsors Link

Patut Dicoba! 5 Makanan yang Mengandung DHA dan Omega 3 untuk Pencernaan

Sponsors Link

Omega 3 termasuk ke dalam golongan asam lemak (fatty acid) yang diperlukan oleh tubuh kita. Sayangnya, tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri omega 3, sehingga kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 untuk memenuhi kebutuhan asupan omega 3 harian untuk tubuh kita. Sedangkan DHA adalah salah satu jenis asam lemak omega 3.

ads

Masih banyak orang yang menduga bahwa DHA dan omega 3 adalah dua zat yang sangat berbeda satu sama lainnya. Padahal faktanya, DHA adalah jenis omega 3 itu sendiri. Bukan hanya DHA saja yang termasuk ke dalam jenis asam lemak omega 3. Masih ada dua jenis asam lemak lainnya yang tergolong ke dalam omega 3, yakni ALA dan EPA. Sehingga secara garis besar, omega 3 itu terdiri dari 3 jenis asam lemak berikut ini:

  • Docosa Hexaenoic Acid (DHA)
  • Alpha Linolenic Acid (ALA)
  • Eicosa Pentaenoic Acid (EPA)

Makanan yang mengandung omega 3 sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena omega 3 sangat membantu dalam pembentukan dan perkembangan, sekaligus menjaga kesehatan otak janin. Selain itu, omega 3 juga memiliki beberapa fungsi lainnya bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mencegah radang
  • Mencegah kanker
  • Memperbaiki kesehatan tulang
  • Melawan penyakit autoimun (misal: diabetes tipe 1)

Sebenarnya masih banyak lagi khasiat omega 3 untuk tubuh, terutama untuk pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 ini, kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung DHA dan omega 3.

Makanan yang mengandung DHA dan Omega 3 untuk Pencernaan

Omega 3 dan ketiga jenis asam lemaknya termasuk DHA, telah terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan pencernaan. Salah satu fungsi DHA dan omega 3 untuk pencernaan adalah untuk membantu dalam mengobati kolitis ulseratif dan sebagai cara mengobati penyakit crohn.

Banyak orang yang sengaja mengonsumsi suplemen omega 3 untuk memenuhi kebutuhan harian omega 3 mereka. Akan tetapi, tanpa mengonsumsi suplemen omega 3 pun kebutuhan asupan harian omega 3 bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung DHA dan omega 3. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung DHA dan omega 3 untuk pencernaan:

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandungn DHA dan omega 3 yang sangat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk kebaikan bayi di dalam kandungan. Selain untuk ibu hamil, ikan salmon juga sangat baik untuk semua orang, karena kandungan omega 3 dalam ikan ini sangat baik untuk saluran pencernaan, terutama usus.

Pasalnya, asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon mampu meningkatkan populasi bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Banyaknya populasi bakteri baik di dalam perut akan mencegah berbagai macam gangguan pencernaan terjadi, seperti radang usus dan radang lambung. Selain itu, ikan salmon juga termasuk ke dalam jenis makanan untuk iritasi usus dan makanan untuk penderita lambung bengkak. Ikan salmon juga dapat dikonsumsi sebagai cara menurunkan asam lambung.

2. Yogurt

Sponsors Link

Yogurt merupakan jenis makanan yang terkenal akan khasiatnya untuk merawat kesehatan pencernaan dan mengobati berbagai macam masalah pencernaan, sebab yogurt mengandung jenis bakteri baik untuk pencernaan yang dinamakan probiotik. Salah satu manfaat yogurt adalah untuk melawan bakteri yang menyebabkan diare dan sebagai cara mengatasi susah BAB. Namun, siapa sangka ternyata yogurt juga mengandung asam lemak DHA dan omega 3 yang cukup tinggi. Sehingga mengonsumsi yogurt setiap hari dapat memenuhi kebutuhan omega 3 harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Brokoli

Brokoli tergolong ke dalam sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat bagi pencernaan. Salah satu manfaat brokoli adalah sebagai cara pengobatan ulkus peptikum, pencegahan peritonitis, dan cara pencegahan hisprung. Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan serat sehingga dapat digunakan sebagai penanganan setelah diare susah BAB dan sebagai cara menghilangkan bau mulut karena asam lambung. Kandungan DHA dan omega 3 dalam brokoli juga membantu menurunkan jumlah kolestrol jahat di dalam tubuh dan dapat menjaga kesehatan jantung.

Sponsors Link

4. Telur dan Daging Unggas

Telur dan daging unggas selain mengandung protein yang tinggi juga merupakan makanan yang mengandung DHA dan omega 3 untuk pencernaan. Hal itu dikarenakan protein yang bekerja dengan asam lemak dapat membantu memaksimalkan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah berbagai macam masalah kesehatan pencernaan. Terlebih lagi telur unggas juga dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita disentri.

5. Alpukat

Alpukat, selain termasuk ke dalam makanan yang mengandung banyak serat juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung DHA dan omega 3 untuk pencernaan. Sebuah survei yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Rxamination Survey pada tahun 2008 mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat secara rutin, kesehatan saluran pencernaannya lebih baik dibandingkan dengan orang yang jarang memakan alpukat. Terlebih lagi alpukat memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus sehingga lebih mudah dicerna. Alpukat juga mengandung vitamin E yang dapat memelihara sistem imun tubuh serta memelihara kesehatan kulit.

Makanan yang mengandung DHA dan omega 3 untuk pencernaan di atas baiknya dikonsumsi secara rutin dan dibarengi dengan konsumsi makanan lainnya yang bergizi seimbang. Demikianlah informasi mengenai makanan yang mengandung DHA dan omega 3 untuk pencernaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :