Sponsors Link

7 Makanan Pencegah Sembelit yang Aman Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang dapat muncul pada siapa saja. Sembelit kerap kali mengganggu aktifitas seseorang karena kedatangannya kadang tidak terprediksi. Sembelit utama yakni sembelit yang berupa sulit buang air besar. Gangguan pencernaan ini kemunculannya ditandai dengan sakit perut, kembung, mual, hingga kehilangan nafsu makan. Kondisi ini harus segera diatasi, jika tidak bisa menimbulkan rasa tidak nyaman sepanjang hari bahkan menyebabkan kita tidak nyaman beraktifitas.

ads

Supaya anda tidak pernah mengalami sembelit, ada cara untuk mencegahnya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan pencegah sembelit. untuk mencegah sembelit kita membutuhkan bahan makanan entah itu buah atau sayur yang mengandung banyak serat. Bisa juga berupa memanfaatkan khasiat wortel untuk asam lambung guna mencegah sembelit. Berikut daftar makanan pencegah sembelit:

1. Buah beri

Salah satu buah yang mengandung banyak serat ialah buah beri seperti raspberry dan blackberry. Buah-buahan tersebut mengandung banyak serat, secangkir blackberry menyediakan 7,6 gram serat dan raspbery mengandung 8 gram serat. Anda bisa mengonsumis buah beri setiap hari, dua kalis sehari saja sudah cukup untuk menghindarkan anda dari masalah sembelit. mengonsumsi buah beri yang cukup juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian yang dibutuhkan oleh tubuh.  buah beri juga disarankan sebagai makanan untuk penderita lambung bengkak.

2. Kacang-kacangan

Bahan makanan pencegah sembelit berikutnya yang dapat anda pilih untuk membantu anda terhindar dari sembelit ialah kacang-kacangan. Bahan makanan ini mengandung banyak serat yang sama tingginya dengan sayur. Bahkan kandungan serat dalam kacang-kacangan dua kali lebih tinggi daripada sayuran. Setengah cangkir kacang mengandung antara 4,5 hingga 9,5 gram serat. Kacang-kacangan yang baik untuk membantu mencegah sembelit ialah kacang pinto, kacang lima, dan kacang merah. Serat yang terkandung di dalam kacang-kacangan tersebut dapat dengan mudah larut dalam air. Kacang-kacangan juga bisa menjadi solusi untuk bahaya tidak bab seminggu.

3. Roti gandum

Makanan pencegah sembelit selanjutnya ialah roti gandum. Bahan makanan ini dapat anda beli di supermarket manapun. Roti gandum bisa menjadi pencegah sembelit karena roti gandum mengandung serat yang tinggi dibandingkan dengan roti tawar biasa. Roti gandum juga makanan yang mengandung rendah lemak. Roti ini dapat menjaga asupan kalori dengan baik. Konsumsilah roti gandum setidaknya 3 gram serat per lembar per hari. Maka pencernaan anda akan lebih baik daripada mengonsumsi jenis roti lainnya. Roti gandum juga bisa jadi obat herbal perut kembung. Selain roti gandum, biskuit gandum juga baik untuk mencegah sembeli. Tak hanya itu biskuit seperti biskuit regal untuk asam lambung juga dapat membantu.

4. Brokoli

Selain kacang dan roti gandum, bahan makanan pencegah sembelit selanjutnya yang dapat anda coba ialah jenis sayuran brokoli. Sayuran ini rendah kalori tapi tinggi akan vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk memperlancar pencenaan anda. agar manfata brokoli untuk mencegah sembelit dapat tercapai, anda bisa hari-hari mengolah brokoli. Saran kami jangan dibakar, digoreng, atau ditumis. Kami sarankan untuk cukp dikukus atau direbus saja. Anda dapat menambah garam dan sedikit merica untuk menambah cita rasa brokoli menjadi lebih manis dan enak untuk disantap. Sayangnya jika ditambah terlalu banyak bumbu seperti penyedap, khasiat brokoli bisa tidak dapat anda peroleh secara maksimal. Brokoli juga dapat membantu usus untuk membersihkan diri dari makanan penyebab usus kotor.

5. Apel dan pir

Kami rekomendasika pada anda buah apel dan pir untuk mencegah sembelit. Buah apel dan pir sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan anda. Buah-buahan ini juga dapat mengurangi rasa kembung. Buah yang mengandung banyak daging ini sangat mudah diserap oleh tubuh. buah apel dan pir juga mengandung banyak vitamin yang dapat membantu mempertahankan kesehatan tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi kapan saja dan oleh siapa saja. Termasuk oleh orang yang sedang sakit. Kedua buah ini dapat membantu mengembalikan kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk melawan polusi penyebab penyakit di dalam tubuh.

Sponsors Link

6. Sereal berserat tinggi

Selain sayuran seperti brokoli yang dapat mencegah sembelit, makanan pencegah sembelit lainnya bisa berupa sereal yang berserat tinggi. Sereal dalam satu takaran sajiannya menyediakan setidaknya 5 gram erat. Sereal yang terbuat dari gandum berkualitas dapat melancarkan pencernaan anda menjadi lebih sehat.

7. Kentang panggang

Selain bahan makanan di atas, anda pun dapat mencegah sembelit dengan makan kentang. Kentang panggang cukup baik untuk mencegah sembelit. kurang lebih dalam satu kenang panggang terkandung 3.8 gram serat. Itu adalah kandungan serat yang terkandung dalam daging, sedangkan serat yang terkandung di kulitnya mencapai 4,8 gram. Karenanya kami sarankan anda mengonsumsi kentang dengan kulitnya. Manfaat ini kurang lebih sama dengan manfaat telur rebus untuk perut kembung, yakni membantunya yakni meredakan penyebab sembelit.

Demikian pemaparan tentang makanan pencegah sembelit. Anda dapat memilih dan mengonsumsinya kapan saja. anda pun bisa mengonsumsi semuanya di hari yang sama dengan takaran dan jarak makan yang baik. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman