Sponsors Link

30 Makanan Bergizi Untuk Anak Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Anak-anak sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainya. Mereka juga sebaiknya menghindari jenis makanan olahan serta makanan ringan yang mengandung banyak pemanis (gula), sebab hal ini bisa membuat system imun (kekebalan tubuhnya) menjadi berkurang dan anak bisa mudah terserang penyakit. Anak juga rentan terkena penyakit diabetes sejak dini.

ads

Penyebab Kekurangan Gizi Pada Anak

Jika anak kekurangan makanan bergizi maka bisa mengakibatkan sang anak rentan mengalami lesu, tingkat konsentrasi yang menurun, pandangan menjadi kabur dan terhambatnya pertumbuhan mereka. Tidak sedikit dari mereka yang juga mengalami gizi buruk yang cukup parah, karena adanya peran enzim dalam metabolisme tubuh hanya karena kekurangan asupan makanan bergizi yang dibutuhkan saat masa anak-anak.

Para orang tua yang memiliki anak di usia pertumbuhan, sebaiknya segera siapkan catatan Anda dan perhatikan beberapa list makanan berikut. Sekitar 30 makanan ini dinilai bergizi dan direkomendasikan untuk dikonsumsi anak-anak sebagai berikut:

  • Produk Susu

Hasil penelitian menunjukan bahwa Susu ternyata mengandung 9 nutrisi penting termasuk vitamin A serta kandungan mineral seperti Kalsium, seng dan juga kalium yang cukup tinggi. Kandungan vitamin dan mineral ini sangat baik untuk anak dalam akibat kekurangan gizi dan juga membantu pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak. Selain itu, susu juga baik untuk kesehatan mata anak. Dianjurkan, Anak –anak untuk minum susu 2 gelas sehari.

  • Telur

Makanan bergizi untuk anak lainnya yang juga baik untuk kesehatan anak-anak adalah bahan makanan yang mengandung banyak protein, seperti telur. Protein adalah senyawa yang juga dibutuhkan oleh tubuh anak , untuk membantu membangun massa otot yang lebih kuat dan menumbuhkan rambut yang berkilau dan sehat.

Cara yang sehat untuk memberikan makanan telur kepada anak adalah dengan memberinya telur rebus saat makan siang atau sarapan pagi saja. jangan memberikanya telur terlalu sering. Karena telur juga mengandung banyak Kolesterol.

  • Roti Gandum

Produk gandum sudah terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi dan baik untuk kesehatan pencernaan kita. bahan makanan seperti nasi, jagung dan roti gandum adalah beberapa jenis makanan yang mengandung serat baik dan dibutuhkan tubuh kita. Nasi yang mengandung karbohidrat, tentunya dapat memberikan energy maksimal untuk anak-anak.

  • Ikan Salmon

Makanan laut seperti Ikan diketahui banyak mengandung protein dan beberapa ikan juga mengandung omega 3 serta asam lemak esensial yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Makan ikan, anak bisa menjadi lebih cerdas, karena kandungan omega 3 tadi. Berikan makan Ikan salmon atau jenis ikan lainya pada anak setidaknya 2 kali dalam satu minggu.

  • Daging Ayam Kalkun

Daging yang bisa dikonsumsi anak-anak adalah jenis daging ayam kalkun yang rendah lemak dan mengandung protein tinggi. Pastikan konsumsi ayam ini tanpa kulit. Ayam kalkun juga bisa dibuatkan sup dengan dicampur bahan sayuran lain seperti wortel, kubis, kentang dan lain sebagainya.

  • Tahu
Sponsors Link

Tahu atau tofu juga merupakan makanan yang banyak mengandung protein, sehingga baik untuk pertumbuhan anak, khususnya bagi pembentukan gigi dan tulang yang sempurna.

  • Oatmeal

Oatmeal kini bisa dijumpai dengan mudah, karena dijual dalam kemasan khusus. Makanan sehat yang banyak mengandung serat dan vitamin ini sangat direkomendasikan untuk makanan anak-anak. Berikan mereka oatmeal dengan tanggal yang masih layak dimakan, agar tidak mengalami tanda-tanda keracunan makanan untuk sarapan. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa anak yang sarapan oatmeal bisa lebih berkonsentrasi ketika belajar di kelas.

  • Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan ini ternyata memiliki kandungan lemak, namun bisa menyehatkan jantung. Jenis makanan seperti ini biasanya banyak dijadikan sebagai bahan makanan camilan. Usahakan, untuk makan camilan kacang yang tidak banyak digoreng dengan minyak.

  • Blueberry

Buah blueberry mungkin jarang ditemui di Indonesia, namun tahukah Anda bahwa buah ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk anak. Blueberry mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga sangat disarankan untuk anak dan balita.

  • Tomat

Anak-anak pasti suka makan tomat, karena selain rasanya yang segar, tomat juga bisa dicampur dengan bahan makanan lain yang juga sehat. Kita bisa memberikan anak sandwich, dengan lapisan telur, keju, salad dan juga tomat di bagian isinya. Tomat kaya akan antioksidan yang baik untuk melawan kanker.

  • Cokelat

Para orang tua wajib memperhatikan dengan baik, pada anak yang sudah terlihat ciri-ciri kurang gizi karena bukan jenis coklat yang biasa anak –anak kita dapatkan di warung sekitar rumah. Cokelat yang dimaksud mengandung gizi yang baik adalah cokelat yang warnanya hitam. Semakin gelap warna cokelat maka semakin baik gizinya. Cokelat hitam mengandung flavanoid yang baik untuk kesehatan jantung anak-anak.

  • Yogurt

Selain susu, alternatif lain minuman lain yang menyehatkan untuk anak dalah Yogurt. Yogurt ini memiliki khasiat dapat meningkatkan system imunitas dalam tubuh anak kita. selain itu, Yogurt juga baik untuk pencernaanya. Kini Yogurt juga terdapat dalam pilihan beberapa rasa yang enak dan tentunya menyehatkan.

  • Buah Mangga
ads

Sekarang ini , sepertinya buah mangga sedang populer di Indonesia, terlebih sejak kehadiran olahan minuman berbahan dasar mangga dari Thailand. Ternyata mangga memang mengandung vitamin C yang baik, yang juga dibutuhkan anak-anak. Vitamin C dapat mencegah sariawan dan menjaga kesehatan gusi dan gigi anak-anak kita.

  • Buah Alpukat

Tahukah Anda bahwa sekitar 35% dari jumlah kalori yang dibutuhkan anak-anak harusnya tercukupi dalam konsumsi lemak, yaitu jenis lemak tak jenuh. Jenis lemak tersebut ternyata banyak terkandung dalam buah Alpukat. Alpukat sebaiknya diberikan sejak anak berusia balita, karena merupakan sumber lemak utama yang dibutuhkan untuk kehidupan awal anak-anak kita.

  • Popcorn

Anak-anak juga biasanya suka makan Popcorn dan para ibu sebaiknya tidak usah khawatir ketika mereka makan Popcorn. Makanan cemilan ini ternyata sehat bagi anak-anak. Popcorn dibuat tanpa menggunakan minyak (ekstrudat), sehingga tidak mengandung lemak jenuh.

  • Wortel

Sayur wortel yang menjadi ikonik dengan hewan kelinci ini, ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk anda yang mengalami akibat kekurangan serat untuk tubuh anak-anak. Wortel mengandung betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata karena mendapatkan vitamin A alami. Ternyata, Wortel yang dikonsumsi secara mentah, baik itu dibuatkan salad atau Jus jauh lebih menyehatkan.

  • Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang cukup populer di Indonesia. Bayam juga banyak disukai anak, sebab bayam dapat meningkatkan energy dalam tubuh anak serta mengandung zat besi dan kalsium yang dibutuhkan anak-anak. Bayam biasanya dimasak menjadi sayur bayam.

  • Keju

Keju juga merupakan makanan yang mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor dan juga vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang anak-anak kita. Keju juga bisa dicampurkan dengan makanan enak lainya, seperti roti, pizza, nasi goreng dan lain sebagainya.

  • Brokoli

Sayuran hijau lainya yaitu Brokoli, yang memiliki manfaat untuk bisa membantu mengoptimalkan perkembangan mata dan juga pencegah kerusakaan Sel. Brokoli bisa dikonsumsi dengan cara dibuat sayuran khusus, atau brokoli juga bisa di juice dengan campuran bahan alami lainya.

  • Selai Kacang

Seperti hal nya kacang-kacangan, olahan kacang seperti selai kacang juga dapat dikonsumsi anak-anak. Selai kacang juga mengandung vitamin E serta antioksidan yang dapat membantu melindungi membran sel-sel otak terhadap bahaya kanker atau radikal bebas.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan anak-anak dalam massa pertumbuhan. Kacang hijau mengandung protein serta karbohidrat kompleks yang dibutuhkan anak-anak. Kacang hijau juga mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, potassium, thiamin, fosfor dan mangan yang juga penting untuk tumbuh kembang otak anak-anak kita.

  • Daging Sapi Tanpa Lemak

Selain daging ayam, daging sapi yang tanpa lemak juga sebaiknya dikonsumsi anak-anak kita. memakan daging sapi dapat memberikan energy serta meningkatkan konsentrasi saat anak belajar. Daging sapi tanpa lemak mengandung zat besi yang mudah diserap tubuh kita. Daging sapi juga mengandung Zinc yang baik untuk kecerdasan otak anak.

  • Kayu Manis

Kayu manis adalah jenis rempah yang biasanya digunakan untuk keperluan memasak. Kayu manis memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis pada makanan anak-anak, sehingga manfaat ini bisa didapatkan.

  • Ubi Manis

Makanan yang terbilang dari suku umbi-umbian ini ternyata merupakan salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pilih Ubi manis untuk makanan anak-anak, sebab mengandung  vitamin A , vitamin C, Vitamin E, kalsium, zat besi dan juga mengandung serat. Hindari membuat makanan dari ubi manis untuk anak dengan cara digoreng.

  • Smoothies
Sponsors Link

Smothies adalah jenis makanan sehat yang bahan dasarnya adalah buah-buahan serta yogurt. Kita bisa membuat kombinasi smothies ini dari sayuran seperti bayam dicampur dengan buah pisang, jeruk atau kiwi. Sebaiknya jangan menambahkan banyak gula, agar rasa manis smothiesnya lebih alami dan sehat untuk anak.

  • Kentang

Kentang adalah salah satu jenis sayur yang juga aman dikonsumsi anak-anak. Kentang mengandung Zat besi yang dibutuhkan untuk kecerdasan. Agar lebih sehat, sebaiknya kentang dimasak dengan cara direbus kemudian bisa ditambahkan keju sebagai cemilan yang enak dan sehat untuk anak. Kentang mengandung asam folat yang membantu tubuh untuk memproduksi darah merah.

  • Tempe

Tempe juga merupakan jenis makan dari sayuran yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak, karena tempe mengandung zat mineral (kalium,magnesium) yang juga dibutuhkan oleh tubuh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  • Biskuit

Biskuit adalah jenis makanan ringan yang juga mengandung beberapa gizi yang dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhan. beberapa pilihan biskuit sehat juga sudah tersedia saat ini. Namun, karena sebagian besar biskuit mengandung zat gula yang cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsinya agar tidak terlalu banyak.

  • Buah Pisang

Buah pisang juga bisa menjadi makanan sehat favorit anak-anak sebab mengandung banyak gizi. Pisang mengandung Potasium yang berguna untuk menggerakan otot-otot agar anak kita mampu bergerak aktif. selain itu, pisang juga mengandung zat gula alami yang akan memberikan energi maksimal untuk anak.

  • Susu Kedelai

Susu kedelai sepintas memang berbeda dengan produk susu yang berasal dari hewani. Susu kedelai memang terbuat dari kacang kedelai, namun tahukah Anda bahwa susu kedelai memiliki manfaat yang sama dengan susu sapi , khususnya bagi anak-anak. Susu kedelai juga mengandung anti oksidan dan mampu melawan lemak jahat di tubuh. susu kedelai juga aman untuk pencernaan anak-anak.

Anak-anak memang sudah sebaiknya mendapatkan makanan penuh gizi di masa pertumbuhanya. dengan mengetahui 30 makanan bergizi untuk anak, kini Anda tidak harus bingung lagi untuk menjadikan anak -anak kita sehat bergizi dan selalu ceria.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :