Sponsors Link

Maag Sering Sakit Punggung: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Maag atau sering disebut juga sebagai Gastritis atau Dispepsia, merupakan salah satu kondisi yang banyak diderita oleh banyak orang, dengan berbagai tingkatan penyakit yang berbeda-beda mulai dari yang ringan hingga kepada yang telah mencapai tahap akut atau kronis. Maag ini sendiri adalah kondisi yang menyerang lambung, di mana terjadi radang atau infeksi pada dinding-dinding lambung dikarenakan berbagai hal, seperti efek samping minum minuman beralkohol, merokok, kurang istirahat, banyak pikiran yang menyebabkan stres, dan infeksi akibat bakteri Helycobacter Pylori. Dan juga, Maag ini merupakan kondisi yang berhubungan dengan “jam makan”,  di mana penderita penyakit ini diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan secara rutin dan tidak boleh membiarkan perut kosong dalam waktu lama.

ads

Pada penyakit kanker lambung, bakteri H.pylori akan bergerak mengikis lapisan lambung yang lama kelamaan akan menyebabkan penderita merasakan sakit yang luar biasa pada area perut di sekitar ulu hati, tempat lokasi lambung berada. Akan tetapi, terkadang penderita Maag juga sering merasakan sakit yang terasa sampai ke punggung, yang tentunya tidak terbayangkan bagaimana rasanya. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas secara rinci apa saja yang menjadi penyebab Maag sering sakit punggung eserta bahaya dan juga cara menanganinya.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita juga mengetahui seluk beluk dari penyakit apa saja yang dapat menyebabkan sakit punggung yang perlu untuk kita pahami sebelum menemukan korelasinya dengan sakit maag yang kita derita. Tetapi sebelumnya, silahkan anda baca beberapa artikel kami sebelumnya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan anda seperti apa saja olahraga yang baik untuk penerita asam lambung, kemudian cara mengatasi anak susah makan nasi, dan juga hal-hal lain seperti bahaya makan sebelum tidur serta 9 cara mengembalikan nafsu makan yang efektif Punggung, merupakan area yang terbentuk oleh rangkaian tulang belakang, mulai dari area leher hingga kepada bagian tulang ekor di mana di sepanjang area tersebut banyak terdapat saluran pembuluh darah, saraf, otot, dan juga persendian yang juga dapat terkena penyakit.

Penyebab Maag

Beragam penyakit yang menyerang punggung juga bisa menyerang bagian-bagian tersebut, mulai dari kelainan pada saraf, kerusakan ataupun infeksi pada sendi, otot, ataupun permasalahan pada tulang-tulang yang membentuk punggung, misalnya tulang keropos, terinfeksi, dan lain sebagainya. Tulang belakang sendiri, terhubung dengan tulang rusuk dan tulang dada yang melindungi organ pernafasan dan juga pencernaan seperti paru-paru, jantung, usus, dan juga lambung, yang juga dilalui oleh saraf-saraf yang saling berhubungan satu sama lain.

Lalu apakah kaitan antara penyakit Maag dengan rasa sakit yang dirasakan di daerah punggung? Kenapa ada beberapa orang yang mengalami Maag sering sakit punggung? Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya kita memperhatikan apa saja yang dapat menyebabkan maag terlebih dahulu guna mengetahui lebih dalam lagi mengenai penyakit lambung yang satu ini. Seperti yang telah dijelaskan, ada beberapa jenis dan tingkatan Maag yang mungkin terjadi dan dialami oleh semua orang. Akan tetapi, masing-masing penyakit Maag tersebut bisa disebabkan oleh beragam faktor, yang antara lain seperti:

  • Faktor infeksi, peradangan, dan juga terjadinya penyumbatan pada area usus, serta pada organ lambung,
  • Faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti makan sembarangan, rokok, alkohol, sering bergadang, stress, dan lain sebagainya,
  • Efek samping dari obat-obatan lannya ataupun dari terapi yang sedang dijalani

Pada faktor infeksi dan sejenisnya, penyebab terjadinya Maag bisa sangat beragam, misalnya seperti adanya reflux dari asam lambung (GERD), kemudian timbulnya infeksi dan peradangan atau inflamasi pada lambung yang disebabkan oleh bakteri, dan beberapa hal lainnya yang terkadang tidak berhubungan langsung dengan lambung. Kemudian pada faktor gaya hidup, asupan zat-zat berbahaya melalui rokok, kafein. ataupun alkohol akan dapat mengganggu fungsi pencernaan yang terutama terjadi apabila tubuh melakukan reaksi penolakan atau bahkan dapat menyebabkan radang pada organ pencernaan tersebut.

Sponsors Link

Sementara yang terakhir, adanya efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi, ataupun dari terapi medis yang sedang dijalani, terkadang akan memberikan dampak pada organ pencernaan, terutama apabila obat-obatan tersebut mengandung zat-zat yang dapat mempengaruhi kinerja pencernaan. Terkait dengan faktor-faktor yang menjadi penyebab Maag tersebut, ada beberapa kondisi yang akan sangat menyakitkan apabila dideria dan membuat penyakit Maag sering sakit punggung dan rasanya seperti ditusuk-tusuk.

Penyebab Maag sering Sakit Punggung

Hal yang menyebabkan Maag sering sakit punggung adalah adanya faktor pengalihan rasa sakit dari infeksi yang dialami oleh lambung, di mana biasanya peradangan pada lambung sudah tergolong kepada kondisi akut atau kronis sehingga rasa sakit yang dirasakan pun luar biasa. Beberapa jenis infeksi ataupun peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit pada Maag sering sakit punggung antara lain adalah:

  1. Dispepsia, yang merupakan kondisi di mana lambung mengalami peradangan pada lambung, atau tepatnya pada area dinding organ tersebut, yang apabila infeksi tersentuh oleh asam lambung, maka penderita akan merasakan sakit yang luar biasa dan bisa menjalar sampai ke punggung akibat dari faktor pengalihan tersebut.
  2. Adanya luka pada lambung atau sering disebut dengan istilah tukak lambung, juga dapat menyebabkan terjadinya rasa sakit yang luar biasa dan bisa menjalar hingga ke punggung,
  3. Adanya iritasi, luka, atau peradangan pada usus juga akan dapat menebabkan rasa sakit yang bisa menjalar hingga ke punggung,
  4. Infeksi yang terjadi akibat bakteri H. pylori juga akan membuat penderita merasakan sakit yang sangat perih dan kemudian rasa sakit tersebut menjalar hingga ke punggung.
ads

Setelah melihat beragam faktor tersebut, tentunya kita tidak bisa mendiamkannya saja, karena apabila dibiarkan bisa mengakibatkan beragam komplikasi serta bahaya lainnya yang akan memperparah kondisi organ dan juga penderitanya.

Bahaya Maag sering sakit punggung

Secara tingkatan intensitas dan efek samping, Maag ini bisa dibagi-bagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu Maag ringan, Maag sedang, Maag kronis, dan juga kanker lambung. Tetapi apabila dilihat dari jenisnya penyakit ini hanya memiliki dua macam jenis, yaitu Maag Akut dan Maag Kronis. Pada Maag ringan, penderita tidak akan terlalu merasakan suatu hal yang berbeda, tetapi apabila dilihat dengan menggunakan pemeriksaan khusus, si penderita akan kedapatan memiliki kelebihan dari kadar asam lambung yang ada di bagian dinding lambung.

Sementara pada Maag yang tergolong sedang, selain adanya kelebihan asam lambung tersebut, penderita juga akan mulai merasakan nyeri, sakit, dan mual pada area perut di sekitar ulu hati yang merupakan letak lambung berada. Kemudian pada Maag kronis, si penderita akan merasakan rasa nyeri dan sakit tersebut jauh lebih sering dan intens dibandingkan tingkatan sebelumnya. Lalu pada kanker lambung atau kanker perut, biasanya hal ini tidak hanya disebabkan oleh kadar asam lambung yang tinggi saja tetapi juga dikarenakan oleh infeksi bakteri Helycobacter pylori yang bertindak sebagai patogen dan diperkirakan sebagai evolusi dari Campylobacter Pylori.

Saat anda yang mengalami Maag sering sakit punggung, maka anda akan dihadapkan pada beberapa kemungkinan dan kondisi yang lebih membahayakan lagi dikarenakan tingkat keseriusan dari penyakit-penyakit yang menjadi penyebab Maag ini cukup tinggi.

  1. Kanker kerongkongan, terutama apabila cairan asam lambung naik terus menerus ke area kerongkongan tersebut atau yang sering dijuluki dengan Barret’s Esophagus, yang kemudian sel-sel pada dinding kerongkongan akan bermutasi menjadi sel kanker.
  2. Penyempitan pada saluran pencernaan, terutama pada bagian yang secara terus menerus terkena asam lambung yang mengalir seperti pada esofagus ataupun pada pilorus, sehingga saluran-saluran tersebut akan menyempit dan berujung pada sulitnya melakukan kegiatan mencerna makanan, mulai dari menelan hingga menyalurkannya ke area lain.
  3. Peradangan pada organ pencernaan, terutama pada kondisi dimana organ tersebut terkena asam lambung secara berulang dan terus-menerus, yang selain dapat mengakibatkan penyempitan juga akan mengakibatkan infeksi serta radang. Salah satu area yang paling sering terinfeksi akibat hal ini adalah Peritoneum yang melapisi rongga perut, dan saat terinfeksi maka akan menyebabkan Peritonitis.

Beberapa bahaya yang mungkin terjadi tersebut tentunya bukan tidak bisa dilakukan pencegahan serta penanganannya, dan kami akan memberitahukan bagaimana caranya berikut ini.

Penanganan dan pencegahan Maag sering sakit punggung

Dalam melakukan pencegahan serta penanganan terhadap Maag yang anda derita, ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang bisa dan sebaiknya anda lakukan sehari-hari ini, yaitu antara lain adalah:

Sponsors Link

  • Mengurangi porsi tetapi meningkatkan frekuensi makan untuk mencegah perut kosong dan asam lambung naik,
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak baik bagi lambung seperti makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi, kemudian makanan yang mengandung banyak lemak dan juga makanan-makanan yang pedas,
  • Hindari juga terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan juga alkohol.
  • Kurangi atau berhenti merokok dan mulailah melakukan kegiatan olahraga secara rutin, asalkan jangan berolahraga setelah makan, apalagi sebelum 1 jam,
  • Cobalah untuk beristirahat dengan cukup dan mengurangi begadang,
  • Cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang mengurangi stress

Dengan melakukan beberapa kegiatan di atas, anda akan meningkatkan kemungkinan berkurangnya Maag yang disertai dengan sakit punggung sehingga akan mengurangi pula risiko terjadinya komplikasi ke arah penyakit yang lebih berbahaya. Anda juga dapat membaca tulisan kami lainnya terkait Maag ini, seperti alasan Maag sering kambuh saat hamil,  kemudian kenapa anda sering sakit Maag setelah makan, lalu apa saja perbedaan asam lambung dan Maag, dan juga 9 bahaya muntah darah karena Maag kronis, serta kenapa Maag menyebabkan sakit pinggang yang baik untuk anda ketahui.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi terntang bagaimana mengurangi penyebab Maag sering sakit punggung sehingga tidak menimbulkan komplikasi dan gangguan yang lebih menyulitkan di kedepannya.

Sponsors Link
, , , , ,