Sponsors Link

Maag Sering Muntah: Penyebab, Bahaya, Penanganan

Sponsors Link

Apakah kalian pernah mengalami masalah pencernaan? Masalah pencernaan apakah yang pernah kalian alami? Masalah pencernaan adalah salah satu masalah yang pastinya tidak diinginkan oleh siapapun karena masalah yang satu ini akan mengganggu keseharian kita dan pastinya membuat kita tidak bisa beraktivitas dengan optimal dalam sehari. Permasalahan pencernaan yang dialami oleh satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda-beda antara satu sama lain, contohnya saja tenggorokan sakit saat menelan makan, susah BAB setelah operasi usus buntu, ataupun sembelit karena GERD.

ads

Maag atau yang sering kita kenal dengan penyakit tukak lambung adalah salah satu jenis masalah pencernaan yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Penyakit maag sering dialami oleh seseorang yang memiliki pola makan yang kurang teratur dan membuat asam lambung kita naik. Ketika maag kambuh, sebaiknya kita segera melakukan penanganan karena penyakit ini dapat menyebar ke bagian lainnya seperti yang kita ketahui pada diare disertai maag atau maag dan sering kencing.

Nah kali ini kita akan membahas salah satu efek samping pada penyakit maag yang tidak segera ditangani, yaitu maag sering muntah. Muntah sendiri merupakan sebuah kondisi di mana tubuh menolak masuknya makanan dan apabila dibiarkan akan membuat kita tidak mendapatkan makanan yang cukup bahkan kita bisa mengalami dehidrasi. Namun apa sih sebenarnya penyebab dari masalah yang satu ini? Lalu penanganan apa yang bisa kita lakukan?

Penyebab Maag Sering Muntah

Mengetahui akar permasalahan dari suatu penyakit adalah hal penting mengingat kita perlu menghindari penyebab tersebut supaya permasalahan ini tidak terulang di kemudian hari. Berikut adalah beberapa penyebab maag sering muntah yang harus kita ketahui:

  • Adanya luka yang terbuka pada lapisan dalam lambung;
  • Terjadinya infeksi bakteri helicobacter plyori;
  • Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi non streoid tertentu.

Bahaya Maag Sering Muntah

Timbulnya efek samping dari penyakit tertentu tentu saja menandakan penyakit yang kita alami sudah cukup parah. Nah berikut adalah beberapa bahaya maag sering muntah yang bisa terjadi pada siapa saja apabila kita tidak segera melakukan penanganan:

  • Rasa perih atau terbakar pada daerah ulu hati,
  • Tidak bisa makan dalam jumlah banyak alias terasa sangat penuh setelah makan;
  • Bersendawa yang tidak berhenti;
  • Sering merasa kembung;
  • Tidak nafsu makan seharian.

Penanganan Maag Sering Muntah

Melakukan penanganan dengan tepat adalah hal yang perlu segera kita lakukan untuk mencegah hal ini menjadi lebih parah. Nah berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai penanganan maag sering muntah:

  • Minum air putih hangat. Cara yang satu ini sangatlah efektif untuk menetralisir kadar asam dalam lambung alias mengembalikannya dalam keadaan normal sehingga mengurangi intensitas mual dan muntah kita ketika maag kambuh;
  • Memperbaiki pola makan. Salah satu penyebab kita sering muntah ketika maag kambuh adalah karena pola makan kita yang kurang teratur atau justru kita mengonsumsi makanan yang sebaiknya dihindari. Yup benar sekali, penderita maag tidaklah disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan lemak atau minyak karena hal ini akan memperlambat sistem pencernaan dan membuat perut menjadi kembung;
  • Mengonsumsi makanan yang aman untuk lambung, seperti. Kita pun sebaiknya tidak segera beraktivitas kembali setelah makan alias sebaiknya kita memberikan jeda, seperti satu jam atau lebih;
  • Menghentikan mengonsumsi minuman tertentu, seperti minuman bersoda, minuman berkafein, teh, serta minuman beralkohol.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai maag sering muntah. Beberapa hal tadi perlu kita perhatikan dengan baik supaya kita tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari dan kita juga bisa memperbaiki pola makan kita menjadi lebih sehat seperti dengan lebih banyak mengonsumsi makanan rendah kalori ataupun makanan untuk asam lambung. So, tunggu apalagi untuk menjadi lebih sehat daripada sebelumnya?

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Maag