Sponsors Link

Mengapa Maag Sakit Hingga Ke Tulang Belakang? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Maag atau tukak lambung adalah suatu gejala penyakit pada lambung yang mengakibatkan terjadinya peradangan, sakit perut, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya. Oleh sebab itu, secara umum, maag sebenarnya merujuk pada segala jenis gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia. Nama lain dari maag adalah dispepsia. Maag atau dispepsia atau tukak lambung ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari usia muda hingga usia tua.

ads

Di Indonesia sendiri, prevalensi gangguan pencernaan atau maag ini ada sekitar 150.000 kasus dalam satu tahun. Tidak hanya merupakan gangguan yang berasal dari lambung, maag juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem pencernaan lain, seperti:

  • Usus terluka;
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori; atau
  • Radang pankreas, baik yang akut atau kronis.

Penyebab Maag Sering Sakit Sampai Ke Tulang Belakang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penyakit maag dapat menyerang siapapun, ternyata untuk gejalanya sendiri sangat bervariasi. Maksudnya, tidak semua orang mengalami gejala yang sama. Bahkan, untuk beberapa orang, mereka tidak mengalami gejala maag sama sekali. Namun demikian, terdapat manfaat jahe untuk sakit maag untuk anda coba untuk beberapa gejala penyakit maag yang umumnya dialami oleh penderitanya, seperti:

  1. Nyeri pada perut bagian atas,
  2. Mual-mual,
  3. Merasakan panas di bagian perut,
  4. Penurunan atau bahkan kehilangan nafsu makan,
  5. Sakit kepala ketika maag kambuh,
  6. Terus bersendawa, dan
  7. Muntah-muntah.

Selain gejala-gejala itu, ada juga penderita maag sakit hingga ke tulang belakang atau bahkan ulu hati mereka. Banyak penderita mempertanyakan hal ini: Maag sakit hingga ke tulang belakang: mengapa dan apa penyebabnya? Dugaan untuk penyebab gejala ini sangat bervariasi, misalnya:

  • Efek peralihan dari adanya nyeri atau gangguan lainnya di sekitar perut atau lambung. Efek ini penderita maag sering lapar kemudian bisa juga berdampak pada ulu hati penderitanya. Ini menyebabkan penderita maag kerap merasakan sakit hingga ke tulang belakang.
  • Maag sakit hingga ke tulang belakang bisa disebabkan oleh akumulasi gas-gas pada organ lambung yang kemudian menyebabkan tekanan ke paru-paru dan mengakibatkan sesak.
  • Maag sakit hingga ke tulang belakang juga bisa mengindikasikan adanya gangguan pada organ dalam lainnya, misalnya gangguan pada kantung empedu, hati, atau pankreas.

Apabila dirasa akibat dari maag sakit hingga ke tulang belakang ini sudah cukup parah, Anda bisa melakukan pemeriksaan dokter di rumah sakit untuk dilakukan beberapa langkah medis, misalnya USG atau endoskopi (peneropongan lambung) untuk memastikan ada atau tidaknya gangguan lain pada sistem pencernaan Anda.

Cara Mengatasi Terjadinya Maag

Cukup banyak informasi mengenai cara mengatasi terjadinya Gejala maag kambuh. Berikut ini dijelaskan beberapa cara untuk mengatasi terjadinya penyakit maag, diantaranya:

  1. Jangan minum kopi, teh, atau minuman lain yang mengandung kafein.
  2. Sulit memang, tetapi hindarilah makan-makanan yang pedas, asam, atau berlemak.
  3. Terapkan waktu makan yang teratur dan jangan sampai terlambat makan!
  4. Makanlah lebih sering, sekitar lima sampai enam kali dalam sehari, dengan porsi yang kecil-kecil atau lebih sedikit dari porsi makan tiga kali sehari.
  5. Pada sekitar 15 menit sebelum makan, minumlah obat maag yang mengandung antasida.
  6. Jangan lupa jaga asupan air mineral.

Jika penyakit maag sudah dirasa cukup parah, anda bisa melakukan Cara mengobati maag dengan kunyit dan Anda bisa mengonsumsi obat-obatan sebagai berikut.

  • Antasida.
  • Penghambat pompa proton.
  • Penisilin.
  • Antibiotik penisilin.
  • Antibiotik untuk bakteri H.pylori.

Demikian informasi mengenai penyebab maag sakit hingga ke tulang belakang pada penderitanya. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,