Sponsors Link

Kenapa Maag Menyebabkan Sakit Pinggang? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Penyakit maag adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang cukup sering dikeluhkan, oleh kita, teman kita atau anggota keluarga kita sendiri. Hampir sebagian besar orang sering mengalami maag, karena mereka kurang maksimal dalam menjaga kesehatan organ pencernaan lambungnya. Secara umum, sakit maag muncul ketika seseorang melakukan kebiasaan yang kurang tepat dalam hal mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Makanan yang tidak dikunyah sempurna, atau minuman pencegahan dispepsia yang terlalu bersoda biasanya dapat menimbulkan sakit maag yang cukup mengganggu.

ads

Awalnya sakit maag merupakan penyakit yang mudah disembuhkan. Seseorang yang terkena maag hanya perlu mengkonsumsi obat yang mengandung antasida, maka sakit maagnya akan segera pulih. Namun, sebagian besar orang rupanya belum bisa menjauhi faktor penyebab munculnya sakit maag. Mereka sering mengalami sakit maag, bahkan hingga terkena sakit maag yang kronis. Jika sudah begini, sebaiknya Anda waspada, karena maag yang kronis bisa jadi ancaman kesehatan yang cukup berbahaya, jika tidak segera ditangani dengan cepat.

Ciri Penderita Maag Kronis

Seperti apa penyakit maag kronis itu? Saat orang yang sedang sakit maag dikatakan sudah kronis, maka sebaiknya segera ditangani dengan serius, karena dikhawatirkan akan semakin bertambah parah dan mengganggu system pencernaanya. Beberapa  ciri  dibawah ini, sering ditemui perbedaan asam lambung dan maag pada pasien yang mengalami maag kronis :

  • Sering mengeluhkan perut terasa nyeri, disertai kembung dan pedih. Pada kasus lainya,  terkadang pasien merasa sesak di bagian perut atasnya
  • Sakit maag juga muncul karena keadaan asam lambung yang tinggi, sehingga mendorong rasa mual hingga  muntah. Jika lebih parah bisa muntah bercampur darah
  • Nafsu makan bisa turun  cukup dratis, sehingga membuat pasien memiliki  wajah yang pucat, sering merasa kepala pusing dan berkeringat dingin
  • Jam tidur cukup terganggu dan cenderung  sulit  tidur karena pasien menahan rasa sakit di bagian perut sebelah atas (ulu hati), yang biasanya terasa saat malam hari
  • Lebih sering bersendawa , terlebih ketika dalam keadaan  lapar

Kasus penyakit maag lainya yang juga pernah dialami pasien adalah  mengalami sakit maag juga  merasakan nyeri pinggang. Apakah antara sakit pinggang dan sakit maag saling berkaitan? Penjelasanya dibawah ini.

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan gejala sakit pada bagian pinggang kita yang termasuk sakit yang ringan dan mudah diobati. Penyebab  sakit pinggang yang dialami sebagian orang, biasanya  karena hal-hal yang bersifat mekanis seperti kebiasaan yang mengharuskan mereka duduk untuk waktu cukup lama, namun  tidak diimbangi dengan olahraga. Selain itu, sakit pinggang juga biasanya dikeluhkan seseorang karena  mengangkat barang berat atau telah mengalami kecelakaan hingga  mencederai bagian pinggang. obat tradisional tumor perut  dan sekitarnya.

Sakit pinggang umumnya disebabkan oleh dua hal, yakni secara mekanis dan medis. Penyebab mekanis, ternyata dipicu oleh terjadinya pengikisan struktur serta daya tahan pada area pinggang yang pada sendi, saraf, otot, cakram juga tulang pada manusia. Hal tersebut tergantung dengan faktor usia dari orang yang mengalami sakit pinggang tersebut. Berikut beberapa gejala yang termasuk dalam penyebab sakit pinggang mekanis:

  • Keseleo

Sering mengalami keseleo? Keseleo adalah kondisi cedera yang mengakibatkan tekanan pada bagian tendon atau otot manusia, seperti yang terjadi  saat kita terpeleset. Keseleo juga sering terjadi ketika salah posisi duduk, sehabis mengangkat beban berat, atau meregangkan otot secara berlebihan.

  • Cedera cakram tulang belakang

Bentuk cedera lainya yang membuat sakit pinggang adalah terjadi perobekan pada bagian cakram saat seseorang terjatuh atau terpelintir. Kondisi ini dapat membuat cakram  menekan saraf tulang belakang, sehingga menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat, seperti terbakar atau tertusuk yang terasa di bagian sepanjang pinggang hingga kaki orang tersebut (sciatica).

  • Radikulopati

Radikulopati ini semcam peradangan yang muncul karena adanya penekanan pada saraf tulang belakang  penderita maag sering lapar bisa terjadi ketika bagian cakram terselip menekan ke bagian  saraf tulang belakang manusia dengan berlebihan. Bagian tubuh yang menjadi tempat  saraf yang tertekan itu,  akan mengalami rasa kesemutan, sakit, hingga jadi mati rasa.

Sponsors Link

  • Stenosis Spinal

Hampir serupa dengan radikulopati , stenosis spinal keadaanya terjadi penekanan pada saraf di bagian  sumsum tulang. Penyebabnya  dikarenakan penyempitan di saluran saraf sekitar tulang belakang.  Akibatnya penderita akan merasakan sakit lemas, seperti mati rasa dan kram terlebih ketika  berdiri atau berjalan.

  • Cakram Tulang Belakang Terkikis

Beberapa aktifitas yang cukup menguras tenaga, seperti menahan beban dan Penurunan kekuatan, memerlukan cakram yang lebih kuat. Namun, hati-hati pada cakram tulang belakang, Karena itu termasuk bagian tulang belakang untuk menahan beban, membuat badan menunduk, dan aktivitas lainnya, bisa terkikis dan menyebabkan sakit pinggang.

  • Perubahan struktur tulang

Seseorang yang sudah memasuki usia senja, Jika diteliti,  bagian postur tubuhnya menjadi kurang baik. mereka mengalami perubahan struktur tulang yang disebabkan oleh sakit skoliosis, lordosis dan kyphosis adalah beberapa contoh yang memicu  perubahan struktur tulang pada pasien usia senja.

  • Spondylolisthesis

Penyebab terakhir adalah salah satu atau beberapa ruas tulang bagian belakang telah bergeser hingga menekan bagian saraf tulang belakang seseorang. Selain ruas tulang yang mengalami spondylolishesis ini,

Kondisi medis lainya  yang dapat memicu sakit pinggang, seperti peradangan sandi, Osteoporosis dan fibromyalgia.Sedangkan gejala lainya, seperti  batu ginjal serta , penyebaran kanker dari organ tubuh lainnya, tumor, aneurisma aorta, hingga penyebab cacingan endometriosis.

Maag dan Sakit Pinggang

Sponsors Link

Kembali ke pertnyaan, Apakah  antara sakit maag dengan sakit pinggang ada kaitanya? Pada Sebagian kecil penderita maag yang melakukan aktifitas cukup berat, yang dapat menimbulkan sakit pinggang, ternyata cukup sering dialami. Bisa jadi, sakit pinggang merupakan bagian gejala dari sakit maag itu sendiri. Namun, sakit pinggang yang dirasakan bersamaan ketika terkena maag, harus ditangani satu persatu, sesuai dengan keluhan yang muncul, dengan obat yang tepat. Berikut beberapa hal mengapa sakit maag disertai sakit pinggang:

  • Tukak Lambung Penyebab Sakit Pinggang

Maag yang muncul dan diawali dengan  tukak lambung (luka pada lambung), sakitnya bisa menyebar hingga kebagian belakang tubuh. Akibatnya, dapat menyebabkan sakit pinggang atau dalam bahasa inggris disebut back pain. Gejala ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup singkat, namun dapat berlangsung lama. Untuk kasus yang lebih parah, Sakit maag yang disertai sakit pinggang yang hebat, diakibatkan penyakit maag eptikum perforasi atau disebut sakit maag komplikasi yang menembus hingga ke organ pankreas.

  • Rasa Nyeri yang Dialihkan

Sakit maag ketika maag juga dapat terjadi karena adanya peralihan rasa nyeri  atau refered pain menuju ke area pinggang penderita maag. Seseorang yang sedang sakit maag, namun tidak mengalami sakit yang kronis, tetap dapat menyebabkan sakit pada bagian pinggang.

  • Faktor Gangguan Kesehatan Lain

Jika bukan karena kedua alasan diatas, maka pasien yang sedang sakit maag, dapat merasakan gejala sakit pinggang juga faktor gangguan kesehatan lainya yang tidak disadari sedang terjadi pada tubuh pasien. Nyeri pinggang tersebut , jika disertai sakit di bagian perut bawah kita, serta  membuat kulit memucat, bisa disebabkan posisi tidur yang baik pasca operasi usus buntu oleh gejala beberapa penyakit  seperti :

  • Mengalami radang di bagian panggul
  • Mengalami cedera dan mengalami nyeri otot pada dada
  • Sedang mengalami Infeksi saluran kemih
  • Pasien sedang mengalami gangguan psikologis, yang membuat posisi tidur atau duduknya kurang baik, sehingga mudah mengalami sakit pinggang

Kasus sakit maag yang disertai sakit pinggang, sepertinya memang cukup jarang terjadi pada pasien maag yang akut. Namun, situasi seperti ini bisa saja terjadi. Jika Anda sakit maag juga sakit pada bagian pinggang,  Namun tidak kunjung sembuh, bahkan cenderung memunculkan keluhan jenis penyakit lainya, Jangan ragu untuk segera melakukan pengecekan  medis ke dokter. Jangan lupa untuk selalu menjalani hidup sehat, dapat membantu meringankan sakit maag menyebabkan sakit pinggang yang pernah dialami.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Maag