Sponsors Link

Benarkah Maag Kronis Menyebabkan Kematian? Bagaimana Penanganan Tepatnya?

Sponsors Link

Banyak orang yang menganggap maag hanyalah penyakit sepele yang bisa hilang begitu saja dengan mudah. Penderita maag yang berpikiran seperti ini harus membuang jauh-jauh pola pikir tersebut. Penyakit maag menyerang lambung manusia karena peradangan atau luka di lambung yang dipicu oleh tingginya kadar asam lambung akibat pola makan yang berantakan. Pola makan yang berantakan seperti telat makan dan sering makan dalam porsi besar secara mendadak. Maag juga dapat disebabkan oleh kuman yang bernama helycobacter pylori, stres, pola tidur tidak teratur, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

ads

Penderita maag akan merasa perih yang menusuk di perut bagian kanan. Jika tidak segera ditangani, maag dapat berubah menjadi maag kronis yang menyebabkan kematian. Penyakit maag kronis pada awalnya menyebabkan gejala selama dua minggu seperti sakit perut, mual, muntah, perut kembung, bersendawa, sering lapar, dan terasa sakit saat hendak buang air besar. Jika diabaikan dapat menyebabkan terjadinya pendarahan lambung dan kebocoran usus, bahkan menjadi penyebab kanker usus besar.

Kronologis Maag Kronis

Penyebab penyakit maag menjadi kronis antara lain tukak lambung, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan aspirin, unfeksi bakteri Helicobacter pylori, masalah psikologis seperti stress, obesitas atau kegemukan, mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan pedas, terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, coklat, dan minuman beralkohol, merokok, dan konstipasi. Saat menelan makanan, sfingter esofagus di bagian bawah akan menjadi rileks supaya makanan dan cairan bisa masuk ke perut sebelum tertutup kembali. Jika sfingter melemah, asam lambung dapat naik ke esofagus sehingga menyebabkan heartburn yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit maag setelah makan adalah gejala maag kronis yang terjadi karena asam lambung terlalu sering naik sehingga dinding kerongkongan (esophagus) teriritasi dan menyebabkan radang (esofagitis). Peradangan yang terus terjadi dapat merusak dinding esofagus sehingga terjadi komplikasi seperti perdarahan dan mengecilnya saluran esofagus sebagai kondisi precancerous. Sebaliknya, kondisi-kondisi lain seperti komplikasi juga bisa menyebabkan maag. Contoh penyakit yang menyebabkan penyakit maag adalah radang pankreas, batu empedu, iskemia usus, penyumbatan usus, celiac, hernia hiatus, dan kanker lambung.

Orang yang memiliki kondisi seperti obesitas, hamil, merokok, mulut kering, asma, diabetes, diet yang terlalu berlebihan, dan gangguan jaringan ikat seperti scleroderma memperbesar risiko terkena penyakit maag. Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, maag akut dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti esofagus Barrett, yaitu paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Bahkan, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan bisa berubah menjadi sel kanker kerongkongan. Penyempitan esophagus juga bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam. Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menimbulkan jaringan parut sehingga mempersempit saluran tersebut. Apa yang terjadi selanjutnya? Penderita akan sulit menelan dan merasakan nyeri dada. Selain komplikasi tersebut, maag yang kronis juga bisa menyebabkan beberapa penyakit dan kondisi kronis lainnya seperti Hepatitis A, daya tahan tubuh yang sangat lemah, sembelit dan perdarahan, serta Kanker lambung.

Maag Kronis Penyebab Kematian

Sakit maag dapat dialami oleh siapa saja dalam berbagai usia. Penyakit maag bukan hanya diderita oleh orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalaminya akibat makan yang tidak teratur. Jika sudah merasakan gejala maag sebaiknya segera minum obat pereda nyeri maag. Adapun berbagai bahaya yang bisa dialami oleh penderita maag kronis sebagai berikut.

  • Muntah Darah

Lambung yang iritasi akan menyebabkan perut terasa panas dan mual sehingga sering muntah. Penyebabnya adalah bakteri Helicobactery Pylori yang menyerang lambung sehingga lambung bisa terinfeksi. Bahaya muntah darah karena maag kronis menimbulkan gejala berupa sakit perut yang sangat perih seperti disayat-sayat menggunakan benda tajam. Jika sering dibiarkan, kemungkinan yang terjadi adalah muntah darah.

Sponsors Link

  • Buang Air Besar Berdarah

Jika sudah parah, penderita maag akan mengeluarkan darah saat buang air besar. Penyebab BAB berdarah adalah infeksi yang terjadi di lambung. Bahkan, penderita maag kronis juga bisa buang air besar yang disertai nanah.

  • Nafsu Makan Menurun Drastis

Kondisi tubuh akan menurun karena nafsu makan yang menurun drastis. Maag yang kronis akan membuat penderitanya tidak punya nafsu makan karena iritasi di dalam sistem pencernaan. Kerongkongan juga ikut terkena iritasi makanan sehingga penderita sulit menelan. Berkurangnya asupan makanan akan membuat si penderita mengalami sakit kepala, berkeringat dingin, lemas dan wajah menjadi pucat.

  • Tumor dan Kanker

Luka di dinding lambung jika tidak segera diatasi akan menimbulkan tumor lambung. Tumor lambung hanya bisa disembuhkan dengan pembedahan. Tumor lambung bisa berkembang menjadi kanker jika maag kronis tidak diobati. Pengobatan kanker lambung adalah operasi atau pembedahan sama seperti tumor lambung.

Penanganan Maag Akut

ads

Jika sudah memiliki penyakit maag sebaiknya segera dicegah agar tidak berkembang menjadi maag akut. Caranya adalah mengubah gaya hidup dan pola makan sehat. Berikut penjelasan lebih lengkap.

  1. Pengaturan Menu Makanan

Jadwal makan juga harus teratur dan jangan makan ketika lapar saja. Lambung yang kosong akan membangkitkan asam lambung yang merusak dinding lambung. Setelah beraktivitas berat sebaiknya istirahat terlebih dahulu, jangan langsung makan. Di antara waktu makan besar bisa mengonsumsi camilan sebagai makanan selingan (brunch). Pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan. Makanan harus dikunyah dengan baik dan tidak terburu-buru agar kerja lambung tidak terlalu berat. Setelah makan juga tidak boleh langsung melakukan aktivitas berat karena bisa mengganggu proses pencernaan. Makanan yang dikonsumsi harus lengkap dengan mengandung 50-60 persen karbohidrat, 10-15 persen protein, dan 2-30 persen lemak. Hindari makanan yang merangsang lambung seperti rasa pedas, asam, kopi, minuman bersoda, dan mengandung alkohol.

Makanan dan minuman bergula dan karbohidrat adalah penyebab maag. Penderita maag harus melakukan diet rendah karbohidrat. Konsumsi teh, smoothies, jus, dan milkshake terutama minuman dari buah-buahan non-asam alami agar lambung menjadi sehat. Konsumsilah makanan yang lebih banyak mengandung lemak dan protein sehingga keinginan untuk makan makanan bergula dan karbohidrat olahan hilang. Lemak mengandung efek magis berupa anti-inflamasi pada lapisan saluran pencernaan dan protein juga membantu pencernaan dengan mengaktifkan enzim seperti Pepsin. Konsumsi daging, ikan, telur, susu, kacang dan biji-bijian utuh agar kebutuhan lemak dan protein terpenuhi. Konsumsi juga makanan penetral asam lambung seperti pisang kepok, pepaya, madu, dan air kelapa muda untuk mengatasi sakit maag secara alami.

  1. Hilangkan Stres

Istirahat yang cukup itu penting sebagai upaya mengelola stres yang memicu produksi asam lambung secara berlebihan. Jika terlalu banyak pekerjaan di kantor atau banyak masalah dengan keluarga sebaiknya hibur diri dengan rekreasi, meditasi, atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

  1. Terapi Obat

Solusi terbaik untuk maag kronis agar tidak menyebabkan kematian adalah terapi obat. Obat yang bisa mengatasi maag akut adalah golongan anthistamin hingga obat Proton Pump Inhibitor (PPI), yaitu jenis obat yang banyak digunakan untuk menghambat naiknya asam lambung. Maag kronis terdiri dari 2 jenis, yaitu maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional terjadi karena pola makan yang tidak teratur serta konsumsi makanan berlemak, asam, dan pedas. Sedangkan maag organik biasanya terjadi karena luka di lambung atau usus 12 jari. Penanganan maag yang disebabkan oleh bakteri bernama Helicobacter Pylori adalah pemberian antitibiotik seperti Amoxicillin, Clarithromycin (Makrolida), Tetrasiklin, Metronidazole, dan Ciprofloxacin. Konsumsi antibiotik bisa membasmi bakteri Helicobacter Pylori (Eradikasi). Dokter akan memberikan resep atau dosis antibiotik sesuai kebutuhan dan mempertimbangkan efek samping yang terjadi kepada pasien.

  1. Perawatan Medis

Dokter tentu akan melakukan evaluasi terlebih dahulu. Hal yang dilakukan adalah USG  untuk mengetahui apa yang terjadi dengan lambung si penderita. Jika USG dirasa belum maksimal biasanya dokter akan melakukan endoskopi sebagai tahap lanjutan. Semua proses pengobatan dilakukan sesuai dengan kondisi yang ditemukan pada pasien. Penyakit maag kronis bisa berbahaya jika terjadi komplikasi atau adanya penyakit lain di luar maag.

Sponsors Link

Maag akut jika dibiarkan bisa menjadi maag kronis yang terjadi setelah proses menahun. Jika sudah kronis akibatnya bisa parah, yaitu kematian.  Maag kronis bisa menyebar ke sistem pencernaan lainnya seperti usus besar. Perut dapat mengalami kerusakan karena proses peremasan yang terjadi terus menerus sehingga dinding-dinding lambung akan luka.

  1. Pengobatan Alternatif

Penyakit maag bisa diobati dengan mengonsumsi tepung kanji dan menjadi cara menghilangkan mual karena maag. Cara membuatnya cukup mudah sebagai berikut.

  • Ambil tepung kanji sekitar 1 ons, lalu disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai agak kekuning-kuningan
  • Konsumsi tepung kanji yang telah disangrai tadi dengan takaran 2 sendok setiap hari yang dicampur dengan setengah gelas air panas.
  • Setelah diseduh dengan air panas sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu agar mendingin baru bisa diminum.
  • Cara ini harus dilakukan setiap hari selama satu minggu sampai merasa gejala maag berkurang atau hilang.

Cara mengatasi asam lambung kronis sebaiknya dengan cara pengobatan alami (herbal) agar masalah teratasi secara baik. Bahan-bahal alami tidak akan memberikan efek samping saat dikonsumsi dalam waktu panjang. Pengobatan tradisional hanya membutuhkan biaya yang murah sehingga tidak akan menyusahkan orang-orang yang sering mengalami masalah keuangan. Jenis obat tradisional atau alami untuk mengatasi penyakit maag antara lain kunyit dengan menerapkan cara mengobati maag dengan kunyit, mentimun, jahe, kencur, dan cincau. Semua obat herbal tersebut rasanya juga enak untuk dikonsumsi. Asalkan ada kemauan penyakit apapun bisa disembuhkan termasuk maag kronis yang memang menyebabkan kematian. Ingatlah, pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan