Sponsors Link

3 Rahasia Khasiat Lidah Buaya untuk Maag yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Lidah buaya (aloe vera) lebih dikenal manfaatnya untuk perawatan rambut dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Namun, belum ada yang tahu bahwa tanaman berlendir ini memiliki manfaat untuk mengobati maag. Maag atau tukak lambung adalah penyakit yang menyerang lambung karena adanya luka atau peradangan yang menyebabkan mulas dan perih pada perut. Banyak obat yang bisa menghilangkan rasa mual atau gejala maag lainnya dengan cepat, tetapi sebagian besar tidak menyembuhkan maag. Lidah buaya bisa dibuat menjadi agar-agar atau jus yang dapat dikonsumsi sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan makanan lainnya.

ads

1.  Jus Lidah Buaya Untuk Menyembuhkan Maag

Jus lidah buaya memiliki efek antimikroba, menyembuhkan lapisan saluran pencernaan, serta mengurangi peradangan atau tukak lambung akibat asam, alkohol, aspirin, dan obat lain. Banyak studi membuktikan, jus lidah buaya dapat menyembuhkan maag. Selain itu, Journal of the American Osteopathic Societymenjelaskan tentang efektivitas lidah buaya sebagai penyembuh tukak lambung karena mampu merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan. Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan para penderita maag untuk minum seperempat cangkir jus lidah buaya tiga kali sehari.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa sembilan dari 10 pasien yang minum jus lidah buaya mengalami perubahan positif dalam mengatasi tukak lambung. Studi di negara itu juga membuktikan jus lidah buaya adalah cara mengobati asam lambung tinggi dan lesi yang dihasilkan pada lapisan perut sebagai penyebab makanan sulit dicerna. Jus lidah buaya ini tidak bisa dikonsumsi oleh wanita hamil, menstruasi, minum pil KB, dan ibu menyusui. Jus lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena menyebabkan deplesi elektrolit.

Pada bulan puasa biasanya penderita sakit maag sering mengalami penyakit maag yang kambuh karena tidak makan apapun selama 12 jam. Para penderita maag wajib minum jus lidah buaya selama bulan puasa agar bisa menjalankan puasa dengan nyaman dan mudah. Jus lidah buaya terbukti memiliki manfaat anti inflamasi sehingga meminum jus lidah buaya bisa melindungi lapisan perut dari peradangan pada lambung. Cara ini juga bisa mencegah pendarahan dan mengurangi sekresi asam lambung. Jus lidah buaya juga telah dipakai selama ratusan tahun untuk menyembuhkan bisul dan mulas.

2.  Kandungan Lidah Buaya yang Bermanfaat

Lidah buaya mengandung elemen kunci seperti aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Bahkan, lidah buaya juga memiliki kandungan 19 asam amino, 20 mineral, dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan. Lidah buaya mengandung vitamin a, vitamin b1, vitamin b2, vitamin b3, vitamin b6, vitamin b12, vitamin c, vitamin e, vitamin asam folik, kolin, vitamin f, mineral kalsium, fosfor, potanium, besi, sodium, magnesium, mangan, tembaga, dan zinc.  Lidah buaya berkhasiat mengurangi asam lambung yang meningkat secara tiba-tiba akibat makan yang tidak teratur, stress, dan faktor psikologi lainnya. Alkali dalam lidah buaya juga bisa menetralkan dan mengurangi asam lambung yang meningkat.

Lidah buaya juga mengandung metionin, treonin, serin, dan molibdenum yang bekerja sama untuk detoksifikasi logam berat dan bantuan tambahan dalam metabolism zat karbohidrat, lemak, dan protein di dalam pencernaan. Lidah buaya mampu mengurangi peradangan dan tukak lambung yang disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin, dan obat lain. Sebagai bentuk gangguan pencernaan pada lambung, penyakit maag sangat mengganggu aktivitas karena menyebabkan rasa sakit di ulu hati, sakit kepala, dan mual hingga muntah. Sakit maag tidak boleh disepelekan karena bisa membahayakan tubuh. Manusia butuh makanan untuk bertahan hidup, kalau lambung sebagai organ utama yang mencerna makanan tidak berfungsi dengan baik maka tubuh manusia akan menjadi lemas.

Tidak hanya menyembuhkan tukak lambung (maag), kadar asam lambung yang naik juga akan kembali normal. Lidah buaya juga bisa menghilangkan peradangan dan membasmi segala macam bakteri yang bersemayam di dalam lambung. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, jus lidah buaya terbukti dapat meringankan gejala radang lambung dan usus, mengurangi sekresi asam lambung, dan mengurangi pembentukan lesi inflamasi. Penelitian lain yang dilakukan pada pasien kolitis ulserativa menunjukkan, bahwa mengonsumsi ramuan lidah buaya seperti jus sebanyak 100 ml yang dilakukan dua kali sehari selama 4 minggu dapat menurunkan gejala penyakit tersebut. Setelah ada beberapa penelitian tersebut, para ahli kesehatan yakin kalau lidah buaya memiliki khasiat yang bisa menjaga dan menyehatkan lapisan dinding lambung, mengatasi peradangan dinding lambung pada penderita maag, serta cara mengobati asam lambung tinggi.

Sponsors Link

Selain itu, lidah buaya juga diyakini bisa mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan karena menjadi penyebab utama timbulnya penyakit maag. Dengan begitu, jika lidah buaya dikonsumsi oleh penderita penyakit maag tentu saja sangat tepat sebagai cara menghilangkan mual karena maag yang bisa meringankan rasa sakit pada saat penyakit maag kambuh. Mengonsumsi ramuan lidah buaya juga dipercaya bisa mengobati penyakit maag kronis dan gejala asam lambung kronis. Jika baru tahu tentang informasi ini dan kondisi maag Anda sudah kronis maka tidak usah putus asa. Segera konsumsi ramuan lidah buaya secara rutin untuk mengobati penyakit maag yang duderita. Cara ini mudah untuk dilakukan dan tidak butuh biaya yang besar seperti berobat ke dokter dan dirawat di rumah sakit.

3.  Cara Mengonsumsi Lidah Buaya

Cara mengonsumsi lidah buaya untuk menyembuhkan maag yang kambuh harus diperhatikan karena lidah buaya tidak boleh sembarangan dimakan dan diolah. Ada bagian lidah buaya yang boleh dan tidak boleh dimakan sehingga harus berhati-hati saat membuat jus atau makanan jenis lainnya yang terbuat dari lidah buaya. Berikut cara yang benar untuk mengonsumsi lidah buaya sebagai obat penyakit maag.

  • Lidah Buaya dan Madu
ads

Lidah buaya memiliki lendir yang mampu mengurangi risiko inflamasi dan melancarkan kembali pencernaan yang bermasalah sehingga tanaman ini sangat baik untuk menyembuhkan maag secara alami. Kandungan lidah buaya juga berperan sebagai pengatur pH lambung sehingga penyakit maag seperti kenaikan asam lambung bisa lebih tenang dan sensasi terbakar pada lambung akibat radang bisa menghilang. Cara mengonsumsi lidah buaya dengan madu yang benar sebagai berikut.

  1. Sediakan lidah buaya, lalu ambil lender (gel) sebanyak 3 sendok makan.
  2. Sediakan madu murni sebanyak 1 sendok makan dan air sebanyak 1 ½ cangkir.
  3. Campurkan seluruh bahan dan larutan secara manual dengan diaduk memakai sendok atau memakai blender supaya teksturnya lebih halus.
  4. Minumlah campuran lidah buaya dan madu tersebut dengan ukuran setengah gelas khususnya bagi penderita yang mengalami gejala awal penyakit maag. Untuk hasil terbaik sebaiknya konsumsi ramuan ini sehari 2 kali agar perut tidak terasa perih lebih lama.
  • Jus Lidah Buaya

Kandungan alami dan ajaib yang dimiliki lidah buaya seperti polisakarida, tanin, aloin emodin, resin, dan aloin adalah zat yang paling baik untuk mengobati gangguan pencernaan seperti penyakit maag. Kemampuan lidah buaya bisa membantu masa pemulihan tukak lambung (maag) karena enzim lambung yang bernama pepsin bisa terlepas dengan baik sehingga sistem pencernaan menjadi lebih baik. Cara membuat jus lidah buaya yang benar sebagai berikut.

  1. Sediakan daging dari lidah buaya saja dan cuci bersih sebelum dimasukkan ke dalam blender untuk dibuat jus.
  2. Konsumsilah jus lidah buaya sebanyak ¼ cangkir sehari 3 kali agar bisa segera sembuh dari penyakit maag.
  • Daging Lidah Buaya

Ada alternatif cara mengonsumsi lidah buaya yang lebih mudah untuk dilakukan agar maag lebih cepat sembuh tanpa efek samping yang berbahaya. Kalau tidak merasa sungkan sebaiknya daging lidah buaya segera dimakan secara langsung. Cara mengonsumsi daging buah lidah buaya secara langsung.

  1. Siapkan lidah buaya dengan ukuran 5×15 cm, Anda harus memisahkan daging dari kulitnya terlebih dahulu.
  2. Daging buah tersebut dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai selera untuk bentuk dan ukurannya.
  3. Setelah dipotong, tiriskan daging buah tersebut supaya getahnya larut.
  4. Jika proses tersebut sudah selesai, Anda bisa mengonsumsi daging lidah buaya segera. Sebaiknya mengonsumsi daging buah ini sesering mungkin agar penyakit maag bisa segera sembuh.
  • Lidah Buaya dan Gula

Cara lain yang cukup mudah adalah mengonsumsi lidah buaya yang dicampurkan dengan gula. Tidak hanya madu, Anda juga bisa menggunakan gula pasir sebagai campuran ramuan lidah buaya. Mengapa diperlukan campuran yang rasanya manis? Karena daging buah dan lendir (gel) dari lidah buaya tidak ada rasanya sehingga agar lebih enak untuk dikonsumsi tanpa menyiksa maka sebaiknya diberi campuran. Cara mengolah lidah buaya dan gula yang benar sebagai berikut.

  1. Siapkan lidah buaya secukupnya atau beberapa tangkai sesuai selera.
  2. Pisahkan daging dari kulit dan cucilah daging lidah buaya tersebut sampai bersih, lalu dipotong-potong.
  3. Setelah itu, daging lidah buaya tersebut dihaluskan dengan menumbuk atau menggunakan blender. Kemudian, tambahkan gula pasir secukupnya dan jangan terlalu banyak. Ramuan tersebut bisa segera dikonsumsi setiap setengah jam sebelum makan.

Tidak ada penyakit yang tidak bisa diobati kalau berusaha dengan sungguh-sungguh. Selain berusaha untuk mengobati sebaiknya diiringi dengan doa dan keyakinan untuk sembuh. Biasanya cara yang alami dan obat tradisional asam lambung jauh lebih menyembuhkan daripada harus berobat ke dokter yang butuh biaya dan tahapan proses yang rumit.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal