Sponsors Link

Kenapa Sakit Maag Karena Stress? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Penyakit merupakan penyakit umum yang sering sekali didengar dan dikeluhkan. Maag merupakan penyakit yang terjadi pada lambung yang menyerang pada dinding lambung akibat kadar asam lambung yang meningkat. Ketika asam lambung meningkat pada lambung maka akan mengenai dinding lambung yang mengakibatkan luka pada dinding lambung. Luka yang terdapat pada lambung ini menyebabkan rasa perih pada bagian perut hingga dapat menjalar ke dada. Sakit maag dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

ads
  1. Mengkonsumsi obat seperti ibuprofen atau aspirin yang mengandung anti iflamasi non steroid (OAINS)
  2. Adanya aliran balik cairan empedu menuju lambung
  3. Mengonsumsi minunam berakohol secara berlebihan
  4. Anemia Perinsiosa
  5. Terkena infeksi kuman
  6. Stress

(Baca Juga: Sudah Sarapan Maag Tetap Kambuh)

Stress Salah Satu Penyebab Utama Sakit Maag dan Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak orang menganggap penyakit maag terjadi karena terlambat makan, padahal jika seseorang mengalami stress malah semakin besar peluangnya untuk terserang penyakit maag. Stress bisa menjadi penyebab utama terjadinya maag.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Indonesia mengenai penyakit maag ditemukan bahwa 80% dari penduduk Indonesia mengalami Maag Fungsional yaitu penyakit Maag yang terjadi akibat stress, kekurangan tidur dan sebagainya, sedangkan 20% dari penduduk Indonesia mengalami Maag Organik yang terjadinya permasalahan pada saluran pencernaan. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa stres merupakan salah satu faktor utama penyebab Maag dibandingin terlambat makan.

Stress yang menyerang pada psikologi seseorang secara langsung dapat mengunah pola kehidupan menjadi tidak teratur. Sebagai contohnya ketika seseorang sedang stress, maka dia akan tidak selera makan dan memilih untuk berdiam diri dan terpaku pada pikirannya saja. Stress juga sering sekali memerlukan sebuah pelampiasan untuk mengurangi rasa stress di beberapa kasus beberapa orang memilih merokok dan minum minuman berakohol untuk mengurangi rasa stress yang dialami padahal hal ini sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Stress ternyata tidak hanya dapat menyerang secara psikologi tetapi stress dapat juga meningkatkan kadar asam lambung dan hormon adrenalin, kadar hormon adrenalin yang meningkat mempengaruhi kadar asam lambung yang semakin meningkat. Bahkan tidak hanya itu saja, stress juga dapat mempengaruhi sistem syaraf yang mengendalikan dari proses pencernaan makanan pada lambung. (Baca Juga: Pengaruh Maag Terhadap Sakit Kepala Yang Sering Dialami)

Stress dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup yang dapat memicu stress bagi si penderita. Orang yang mengalami stress disarankan untuk melakukan hobi yang disukai atau pergi berlibur dan menenangkan pikiran dari hal-hal yang memicu stress.

Disarankan juga untuk tidak mendekati hal-hal yang dapat memperparah stress dan lambung, karena ketika stress menyerang tubuh si penderita tersebut, maka semakin besar kemungkinana untuk dia terserang dari berbagai jenis penyakit yang menyerang seluruh bagian fisik seluruh tubuh. (Baca Juga: Penyakit Maag Dapat Menyebabkan Sakit Pinggang)

Jika kita merasa stress selama berhari-hari dan merasa semakin tertekan perlu dipastikan apa penyebab utama dari stress tersebut.Jika merasa beban hidup yang makin berat, maka disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter atau bercerita kepada orang-orang terdekat anda.

Sponsors Link

Stress juga dapat mempengaruhi pada kinerja otak dan mengurangi jam tidur, ini dapat memicu asam lambung semakin naik karena kondisi tubuh yang tidak stabil.

Untuk stress sendiri itu telah terbagi menjadi 2 yaitu:

  • Stress Karena Penyakit Berat. Jenis stress yang satu ini memerlukan perawatan khusus. Jenis stress ini mengakibatkan kurangnya aliran darah yang mengarah ke lambung, sehingga pada bagian lambung mengalami kekurangan pasokan darah sehingga mengakibatkan kerusakan pada bagian lambung. Jika stress jenis ini tidak segera diatasi dengan pergi ke dokter atau psikiater maka stress jenis ini dapat menjadi stress yang berkepanjangan dan berujung pada kematian.
  • Stress Psikologi. Stress jenis ini menimbulkan rasa tidak nyaman, merasa tertekan atau bahkan kecewa akan segalal sesuatu yang dapat menekan perasaan sehingga merasa berat dan hal ini menekan secara psikologi. Kondisi ini tidak jarang mengakibatkan seseorang mengalami perubahan perilaku dan menyebabkan dengan jangka waktu yang pendek akan menderita sakit maag karena metabolisme pada tubuh terganggu.

(Baca Juga: Cara Mengobati perut perih akibat makanan pedas)

Sponsors Link

Tetapi pada saat stress terjadi dan sudah mulai terasa perih maka ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi perih. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa perih pada saat stress:

  • Mengelola dan mengatasi rasa stress pada saat belum makan
  • Makan makanan bergizi yang tidak dapat memicu perih pada lambung
  • Istirahat dengan cukup

Inilah penyebab dan mengapa stress dapat memicu terjadinya maag. Bila mengalami maag karena stress disarankan untuk pergi dan melakukan pemeriksaan pada dokter untuk mengetahui jenis stress yang dialami.

Sebaiknya si penderita juga tidak melakukan aktivitas berat yang dapat memicu emosi dan menambah rasa beban pada emosi dan kejiwaan si penderita tersebut.

Jika sudah terjadi maag pada lambung maka dianjurkan untuk menjaga pola makan dan memakan obat untuk mengatasi asam lambung pada tubuh. (Baca Juga: 19 Cara Menghilangkan Mual Akibat Maag)

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Maag