Sponsors Link

Kanker Usus Besar Stadium 3 : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Kanker kolon, khususnya kanker usus besar stadium 3 gejala adalah  salah satu jenis gangguan pencernaan yang menyerang organ usus besar dan organ yang berada di fase akhir proses pencernaan. Menurut tanyadokter.com disebutkan, kanker usus banyak diderita oleh lansia, yang berusia 60 tahun keatas. Namun, melihat gaya hidup di zaman modern saat ini, penyakit kanker usus bisa dialami  orang berusia muda, yang kurang memperhatikan pola hidup dan makanan yang dikonsumsi.

ads

Kanker usus umumnya menyerang bagian cara mencegah tipes organ usus besar. Dalam pencernaan, usus besar memiliki fungsi untuk menampung tinja, sebelum akhirnya dikeluarkan lewat BAB. Keadaan usus besar seharusnya selalu bersih dan terhindar dari penumpukan zat sisa yang membuat usus menjadi kotor. Keadaan usus besar yang kotor seperti ini, dapat memicu tumor yang bergerak aktif hingga menjadi sel kanker yang berbahaya.

Gejala Umum Kanker Usus Besar

Seseorang yang mengidap kanker usus besar, biasanya menunjukan gejala-gejala yang mengacu pada gangguan pencernaan, seperti di bawah ini :

  • Terdapat darah pada feses atau pendarahan langsung di anus
  • Tekstur kepadatan kotoran menjadi berubah, semakin padat atau semakin cair
  • Berat badan menurun
  • Mengalami perut kembung
  • Frekuensi BAB meningkat
  • Nafsu makan menurun
  • Mengalami kram di bagian perut
  • Tubuh sering merasa lelah

Penyebab Kanker Usus Besar

Awalnya, kanker usus besar ini bermula dari munculnya gumpalan sel yang letaknya berada di lapisan usus besar manusia. Gumpalan ini lama kelamaan akan menjadi aktif dan menjadi awal dari sel kanker yang memicu pertumbuhan kanker. Zat lainya yang dapat memicu kanker semakin makanan penyebab tipes aktif adalah :

  • Kurang serat
  • Konsumsi daging merah berlebih
  • Gula darah berlebih (diabetes)
  • Zat kimia makanan
  • Zat kimia dari Rokok
  • Minuman beralkohol
  • Lemak dan kolesterol berlebih

Adapun faktor lain yang juga dapat memicu pertumbuhan kanker adalah usia, latar belakang kesehatan keluarga, kurang bergerak, dan akibat kanker lain seperti kanker payudara dan kanker ovarium.

Jenis Kanker Usus Besar

Kanker Usus besar merupakan istilah kanker yang berkembang dalam kolon atau rectum yang membentuk organ usus besar. Menurut data WHO, di setiap tahunya sekitar 608.000 orang dari seluruh dunia, mengalami akibat kanker usus besar. Sementara itu, di Indonesia menurut data Patalogi Anatomi FKUI, di rentang tahun 2003-2007 , jumlah pasien yang mengalami kanker umumnya berada di usia 40 tahun ke bawah, yang mencapai 28.17%.

Melihat perkembangan angka tersebut, tentunya masyarakat Indonesia cara mengobati maag dengan kunyit harus lebih waspada terhadap kanker usus besar ini. Yayasan Kanker Indonesia bahkan menempatkan kanker usus besar ini dalam posisi ke-4 dari 10 jenis kanker lainya yang harus diusahakan penanggulanganya. Untuk menghindari penyakit kanker usus besar ini, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri kanker usus besar sejak dini.

Sponsors Link

Melihat dari jenisnya, gejala kanker usus besar ini bisa dibagi dalam 2 kategori, yaitu lokal sistematik. Kanker usus besar lokal dapat menyebabkan beberapa gejala yang memiliki efek secara langsung pada organ usus besar kita. Jika pasien mengalami gejala semacam ini dalam waktu perut kembung setelah makan yang cukup lama, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter

Tahap Perkembangan Kanker Usus Besar

Seperti hal nya tahapan penyakit kanker lainya, kanker usus besar yang dialami seseorang juga akan berkembang dari stadium awal hingga stadium lanjut. Berikut ulasanya :

  • Stadium 1, kanker sudah mulai tumbuh di dalam organ usus besar, namun belum menyebar karena masih terhalang dinding usus
  • Stadium 2, kanker telah mulai menyebar ke seluruh bagian dinding usus besar bahkan hingga menembusnya
  • Stadium 3, Kelenjar getah bening mulai digerogoti oleh sel kanker
  • Stadium 4, Kanker sudah parah dan penyebaranya sudah ke organ tubuh lainya, seperti paru-paru dan hati

Dokter yang dapat menentukan tingkat stadium kanker pasienya, dengan melakukan diagnosis dan juga menentukan pengobatan yang tepat untuk pasien kanker usus besar.

Kanker Usus Besar Stadium 3

Keberadaan dari sel kanker yang sudah menginvasi organ –organ lain dalam tubuh, sebagai tanda bahwa kanker memang sudah memasuki tingkatan atau stadium lanjut, bagi penderitanya. Sel-sel jahat akan menyebar pada organ terdekat dalam system pencernaan, dan harus segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Sponsors Link

Penyakit kanker yang sudah memasuki vase stadium 3, Pasien akan mengalami gejala khusus seperti mual dan muntah, selain itu berat badanya mengalami penurunan yang dratis. Pasien kanker usus besar stadium 3 juga akan mengalami sembelit yang berupa tinja bercampur darah, serta perutnya selalu kembung di bagian perut bawah.

Ketika sudah memasuki vase kanker stadium 3, maka pasien kanker usus besar  kolitis ulseratif ini harus segera mendapatkan pertolongan medis yang lebih serius. Adapun pengobatan yang harus dilakukan adalah :

  • Diawali dengan melakukan tindakan operasi usus besar
  • Setelah operasi, perlu dilakukan kemoterapi
  • Setelah kemoterapi selesai, maka pasien diberikan tindakan radiasi

Penyakit kanker usus besar merupakan salah satu penyakit pencernaan yang cukup berbahaya dan mengancam jiwa. Oleh karena itu, sebaiknya jika pasien merasakan beberapa gejala awal dari kanker ini, segera lakukan pemeriksaan medis agar kanker usus besar stadium 3,  bisa terdeteksi dan tidak terus berkembang.

Sponsors Link
, ,
Oleh :