Sponsors Link

Kanker Usus 12 Jari: Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Sponsors Link

Kanker usus adalah jenis kanker yang banyak dialami oleh masyarakat di dunia. Kanker usus termasuk kanker usus besar stadium 3 menjadi penyebab kematian terbanyak kedua setelah kanker paru-paru. Penyakit ini bisa dicegah melalui pola hidup sehat dan deteksi dini melalui skrining. Kanker ini berawal dari tumbuhnya polip adenomatosa atau benjolan di usus besar yang berkembang dan menyebar secara tidak terkendali.

ads

Pada umumnya, kanker usus terjadi pada usia lebih dari 50 tahun. Namun, saat ini kanker kolon kini juga menyerang generasi milenial yang berusia 20-29 tahun dengan peningkatan 2.4% berdasarkan data yang dikumpulkan Surveillance, Epidemiology and End Result (SEER) Programme sejak pertengahan 1980-an hingga 2013.

Risiko menderita kanker usus adalah 1 dari 20 orang dan 25% orang yang terdiagnosis sudah berada di stadium lanjut. Hanya 10-12% yang dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun karena penyakit ini adalah penyebab kematian kedua pada pria dan ketiga pada wanita berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013.

Gejala Kanker Usus 12 Jari
Pada stadium awal, penyakit kanker usus 12 jari cenderung tidak bergejala. Berikut gejala-gejala kanker usus besar yang bisa diwaspadai.

  1. Refluks Asam Lambung yang Kronis

Refluks asam terjadi ketika asam yang diproduksi oleh lambung naik ke tenggorokan karena katup bawah esofagus tidak menutup atau tidak menutup dengan sempurna. Padahal normalnya katup akan tertutup ketika makanan lewat. Hal yang akan terjadi adalah nyeri dada seperti terbakar. Tumor atau kanker dapat menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan cadangan asam.

  1. Sakit Perut yang Parah dan Mendadak

Rasa sakit perut yang hebat menjadi pertanda banyak penyakit seperti usus buntu, batu empedu, dan kanker perut. Sakit perut juga menjadi pertanda ada yang menghalangi usus ketika makanan sedang dicerna dan akan keluar dari tubuh. Hambatan di usus dapat menyebabkan perdarahan dan perforasi.

  1. Kembung atau Kram

Perut yang selalu terasa penuh atau perut kembung setelah makan dan kram adalah bentuk ketidaknyamanan kronis dalam sistem pencernaan. Perut yang mengalami kondisi ini bisa menjadi gejala berbagai macam penyakit pencernaan termasuk kanker usus 12 jari.

  1. Kekurangan Zat Besi dan Kehilangan Berat Badan Drastis

Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa terjadi karena perdarahan di usus. Gejala lainnya yang terjadi seperti lelah dan lemah. Selain itu, penurunan berat badan lebih dari 5 kg yang tidak dapat dijelaskan juga bisa menjadi gejala kanker usus karena asupan makanan tidak bisa dicerna dengan baik.

  1. Pergerakan Usus yang Berdarah

Jika ada sedikit darah berwarna merah terang pada rektal (anus) ataupun di tinja, kemungkinan penyakit yang diderita adalah ambeien kecil atau fisura (robekan) yang tidak berbahaya. Namun, jika ada banyak darah berwarna hitam atau merah marun dapat mejadi pertanda pendarahan di usus besar.

  1. Tinja Berbentuk Aneh dan Setipis Pensil

Jika ada sesuatu yang menghalangi usus 12 jari tentu makanan yang seharusnya menuju usus halus dengan mudah akan terhambat sehingga biasanya justru akan disalurkan ke usus besar. Tinja akan terpaksa berubah bentuk menjadi seperti pita kecil agar bisa melewati area usus yang menyempit. Tinja yang normal berbentuk padat, tetapi tidak keras dan menyerupai sosis. Warna feses juga tidak normal sehingga harus mewaspadai bahaya feses berwarna hitam.

Penyebab Kanker Usus 12 Jari

Sponsors Link

Kanker usus 12 jari terjadi saat adanya pertumbuhan sel abnormal di area usus kecil sebagai penyebab tumor kolon. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kanker usus 12 jari sehingga harus mengetahui penyebab infeksi usus juga. Berikut penjelasan tentang penyebab kanker kolon 12 jari.

1.  Riwayat Penyakit Keluarga

Faktor genetik yang diturunkan dari keluarga menjadi penyebab utama kanker usus ini seperti familial adenomatous polyposis dan hereditary nonpolyposis colorectal cancer.

2.  Pola Hidup yang Buruk

Kebiasaan diet dengan konsumsi daging merah dan makanan yang diasap meningkatkan risiko terkena kanker usus sebanyak 2-3 kali lipat. Kebiasaan mengkonsumsi tembakau dan alkohol juga diketahui sebagai penyebab kanker usus.

3.  Riwayat Penyakit Lain

Beberapa penyakit lain yang dapat menjadi awal terjadinya kanker adalah penyakit Crohn, penyakit celiac,dan polip usus. Faktor risiko lain yang tidak bisa diubah adalah usia karena 90% dari kanker usus besar ditemukan pada pasien dengan usia lebih dari 50 tahun.

Penanganan Kanker 12 Jari

Penanganan yang dilakukan oleh dokter untuk penderita usus 12 jari sebagai berikut.

Sponsors Link

1. Operasi

Operasi umumnya adalah pengobatan utama untuk kanker usus besar dan kanker rektum. Dokter akan menggunakan metode ini untuk mengangkat tumor.

2. Kemoterapi

Kemoterapi biasanya menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga penderita harus menjalani imunoterapi untuk mencegah infeksi selama pengobatan. Kombinasi pengobatan ini terbukti mampu mengurangi penyebaran kanker secara lebih efektif daripada hanya menggunakan kemoterapi secara independen. Terkadang dokter menganjurkan kemoterapi setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tidak dapat diangkat sepenuhnya. Metode ini juga sering digunakan jika ada kemungkinan kambuh atau kanker kembali muncul.

3. Radioterapi

Pengobatan ini memakai sinar radiasi untuk membunuh sel-sel kanker. Radioterapi juga biasa dilakukan sebelum operasi untuk mengurangi ukuran tumor atau kanker. Namun, radioterapi terkadang digunakan setelah operasi.

Setelah mengetahui tentang gejala dan penyebab kanker usus 12 jari tentu akan membuat sadar untuk menjaga pola makan dan gaya hidup agar terhindar dari penyakit ini. Ingatlah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati termasuk pencegahan megankolon.

Sponsors Link
, , , , ,