Sponsors Link

Kaki Bengkak Setelah Operasi Usus Buntu: Gejala, Bahaya, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Operasi usus buntu adalah sebuah prosedur medis yang dilakukan untuk mengatasi usus buntu yang terinfeksi atau meradang. Ada dua teknik melakukan operasi usus buntu, yakni teknik bedah terbuka dan teknik laparoskopi. Meskipun pasien yang menjalani operasi usus buntu teknik laparoskopi cenderung membutuhkan waktu pemulihan yang lebih cepat, hal itu bukan berarti mereka tidak akan terkena efek samping operasi usus buntu. Faktanya, baik melalui teknik operasi bedah terbuka maupun teknik laparoskopi, kedua teknik operasi ini memberikan efek samping bagi para pasien. Berikut adalah beberapa efek samping operasi usus buntu:

ads

Kali ini kami akan membahasa mengenai kaki bengkak pasca operasi usus buntu. Sebenarnya, kaki bengkak setelah operasi usus buntu bukanlah hal yang wajar, sebab efek samping ini jarang sekali terjadi beberapa hari setelah pasca operasi usus buntu.

Penyebab dan Gejala Kaki Bengkak Setelah Operasi Usus Buntu

Selama operasi berlangsung, pasien diberikan cairan intravena dalam jumlah yang cukup banyak. Cairan ini mungkin saja yang menjadi penyebab kaki bengkak setelah operasi usus buntu. Namun, normalnya tubuh akan menghilangkan cairan ini melalui ginjal. Penyumbatan pada pembuluh darah pada daerah kaki, panggul, atau perut bagian bawah bisa jadi penyebab kaki bengkak setelah operasi usus buntu.

Berikut ini adalah beberapa gejala kaki bengkak setelah operasi usus:

  • Kaki membesar pada salah satu atau kedua kaki
  • Kaki terasa lemah
  • Terasa sakit pada daerah bengkak apabila ditekan atau disentuh
  • Kesulitan berjalan, sebab kaki terasa sakit

Di bawah ini adalah penyebab lain kaki bengkak setelah operasi usus buntu:

  1. Cedera traumatis, misal pergelangan kaki keseleo selama anestesi
  2. Asam urat
  3. Peradangan pergelangan kaki
  4. Infeksi
  5. Pembekuan darah
  6. Edema perifer

Bahaya Kaki Bengkak Setelah Operasi Usus Buntu

Apabila tidak segera ditangani, kaki bengkak setelah operasi usus buntu tentunya akan sangat menggangu aktivitas si penderita. Selain itu, jika tidak segera diperiksakan dan tidak dicari tahu apa penyebabnya, kaki bengkak setelah operasi usus buntu dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, misal kerusakan saraf atau kematian jaringan kaki.

Pengobatan Kaki Bengkak Setelah Operasi Usus Buntu

Lebih baik minta pendapat dokter mengenai pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan kaki bengkak setelah operasi usus buntu. Hal itu dikarenakan, pembengkakkan dapat saja terjadi akibat dari pembuluh darah yang tersumbat. Untuk sementara cara di bawah ini dapat dicoba untuk mengurangi rasa tak nyaman akibat kaki bengkak setelah operasi usus buntu:

  1. Kompres dingin bagian kaki yang bengkak menggunakan es batu yang dibalut dengan handuk
  2. Lakukanlah gerakan ringan pada kaki, atau lakukanlah gerakan olahraga pasca operasi usus buntu yang tepat
  3. Jangan memakai pakaian terlalu ketat guna menghindari terganggunya aliran darah
  4. Aturlah posisi tidur pasca operasi usus buntu
  5. Minum air putih secukupnya
  6. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu apabila akan meminum obat pereda bengkak atau pereda rasa sakit
  7. Minta pertolongan dokter apabila gejala setelah operasi usus buntu masih sakit

Demikianlah sedikit informasi mengenai kaki bengkak setelah operasi usus buntu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai gejala, bahaya, dan pengobatan kaki bengkak setelah operasi usus buntu.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu