Sponsors Link

Jarak Hamil Setelah Operasi Usus Buntu: Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Banyak mitos yang beredar di tengah-tengah masyarakat mengenai kehamilan. Beberapa mitos kehamilan tersebut salah satunya adalah mengenai kehamilan setelah operasi usus buntu. Ada yang menyangka bahwa operasi usus buntu dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Ada juga yang menyangka bahwa wanita tidak akan pernah bisa melahirkan secara normal setelah operasi usus. Spekulasi tersebut tentu saja tidak sepenuhnya benar. Jikapun benar, sangat kecil kemungkinannya hal tersebut dapat terjadi. Hal ini juga berlaku pada dugaan-dugaan lainnya mengenai kehamilan pasca operasi usus.

ads

Kehamilan Setelah Operasi Usus Buntu

Operasi usus buntu (appendectomy) adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengangkat usus buntu yang telah terinfeksi atau meradang. Jenis operasi ini sering diduga sebagai salah satu jenis operasi yang memiliki hubungan dengan tingkat kesuburan, yang dapat menjadi penyebab kemandulan orang yang telah menjalani operasi pengangkatan usus buntu.

Akan tetapi, operasi usus buntu tidak berpengaruh terhadap tingkat kesuburan, sebab prosedur operasi ini tidak mengutak-atik sistem reproduksi. Kalaupun berpengaruh, mungkin itu disebabkan oleh kondisi lain, misalnya pecahnya atau berlubangnya usus (apendisitis perforasi) akibat dari radang usus buntu yang sudah sangat parah, sehingga dapat menyebabkan menyumbatnya tuba falopi yang menyulitkan sel telur masuk ke dalam rahim. Besarnya peluang untuk terjadinya kecelakaan macam itu pun sangat kecil.

Pada beberapa kasus, operasi usus buntu bahkan dapat menaikkan kesempatan untuk cepat hamil, terutama pada pasien operasi usus buntu yang menggunakan teknik laparoskopi. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian seorang ahli bedah yang bernama Sami Shimi yang telah melakukan pengamatan terhadap kasus ini selama puluhan tahun.

Kehamilan setelah operasi usus buntu tergantung dari prosedur operasi usus buntu mana yang dilakukan. Ada dua cara prosedur operasi pengangkatan usus buntu:

  • Operasi bedah terbuka, yakni teknik operasi pengangkatan usus buntu yang dilakukan dengan melakukan pembedahan besar seperti teknik operasi tradisional pada umumnya.
  • Operasi laparoskopi, yakni teknik operasi yang menggunakan instrumen laparoskopi, sehingga tidak diperlukan pembedahan besar seperti pada teknik operasi bedah terbuka

Karena di masa modern ini operasi pengangkatan usus buntu pada umumnya menggunakan teknik operasi laparoskopi, mari kita bahas lebih lanjut mengenai operasi usus buntu teknik laparoskopi dan hubungannya dengan kehamilan.

Operasi Usus Buntu teknik Laparoskopi dan Hubungannya dengan Kehamilan

Seperti yang telah disinggung di atas, operasi pengangkatan usus buntu menggunakan instrumen laparoskopi tidak membutuhkan pembedahan yang masif dalam prosedurnya. Sehingga, teknik operasi usus buntu jenis ini hanya meninggalkan efek trauma yang kecil pada tubuh dibandingkan dengan efek trauma yang diberikan oleh teknik operasi tradisional bedah terbuka.

Pasien yang menjalani operasi usus buntu laparoskopi akan merasakan sedikit rasa sakit dan rasa tak nyaman. Waktu penyembuhannya pun relatif lebih cepat dibandingkan dengan pasien yang menjalani operasi usus buntu bedah terbuka. Tentu saja hal ini memiliki pengaruh pada kapan waktu yang baik dan tepat untuk hamil setelah operasi usus buntu. Teknik laparoskopi memungkinkan pasien untuk segera hamil setelah oeprasi usus buntu.

Penyebab Jarak Hamil Setelah Operasi Usus Buntuk

Bagi beberapa wanita yang menjalani operasi usus buntu teknik laparoskopi, dapat dengan mudah hamil seperti normalnya. Terlebih lagi jika operasi laparoskopi juga dilakukan untuk membuka penyumbatan tuba falopi yang diakibatkan oleh radang usus buntu akut. Pembedahan tersebut dapat meningkatkan peluang untuk hamil lebih cepat. Namun, cepatnya kemampuan hamil bukan hanya hal yang sering dicemaskan oleh wanita yang telah menjalani operasi usus buntu. Jarak hamil setelah operasi usus buntu pun menjadi hal yang sering dipertanyakan. Berikut ini adalah ebberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk hamil pasca operasi usus buntu:

Sponsors Link

  • Waktu Pemulihan

Waktu yang tepat untuk hamil setelah usus buntu tentu saja ketika Anda merasa kondisi Anda telah pulih dari operasi usus. Anda mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk memulihkan kondisi Anda. Sebenarnya, jarak hamil setelah operasi usus buntu tergantung pada diri Anda. Apabila Anda merasa telah pulih dan siap hamil, maka segeralah hamil. Tidak perlu ditunda-tunda lagi.

  • Luka Bekas Operasi

Luka bekas operasi juga perlu diperhatikan, karena kehamilan akan membuat perut besar dan peregangan kulit perut. Apabila operasi usus buntu menggunakan instrumen laparoskopi, luka bekas laparotomi biasanya akan sembuh 6-8 minggu setelah operasi dilakukan. Sedangkan operasi usus buntu menggunakan cara bedah terbuka, biasanya memerlukan waktu yang lebih lama bagi luka bekas operasi untuk sembuh

Meskipun demikian, waktu pemulihan bagi tiap orang itu berbeda tergantung dari kondisi kesehatannya masing-masing. Konsultasikanlah kepada dokter Anda jika diperlukan.

Penanganan Jarak Hamil Setelah Operasi Usus Buntu

Sponsors Link

Ada beberapa cara untuk menangani jarak hamil setelah operasi usus buntu, utamanya dalam membantu pemulihan pasca operasi lebih cepat. Berikut ini adalah caranya:

  1. Istirahat yang cukup setelah operasi usus buntu
  2. Cobalah posisi tidur yang baik pasca operasi usus buntu
  3. Hindari aktivitas fisik yang keras atau cobalah olahraga pasca operasi usus buntu
  4. Konsumsi makanan bernutrisi yang dapat membantu proses pemulihan seperti buah untuk penderita usus buntu atau makanan pasca operasi usus buntu
  5. Jaga luka bekas operasi dengan rajin membersihkannya agar tak terinfeksi dan cepat sembuh
  6. Pastikan asupan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan minum air putih secukupnya tiap hari
  7. Jangan dilanjutkan apabila merasakan sakit ketika berhubungan badan, lebih baik istirahatkan dulu tubuh untuk beberapa hari
  8. Hubungi dokter apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan seperti sakit setelah operasi usus buntu

Demikianlah sedikit informasi mengenai kehamilan setelah operasi usus buntu. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda informasi mengenai jarak hamil yang baik setelah operasi usus buntu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu