Sponsors Link

8 Hubungan Sakit Maag dengan Sesak Nafas yang Belum Banyak di Ketahui

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, sakit maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh manusia. Sakit maag disebabkan antara lain karena pola makan yang tidak teratur dan juga pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini banyak diderita oleh para pekerja, yang kurang memperhatikan pola makan. Apalagi dengan tekanan kerja, kadang-kadang membuat orang sering menunda waktu makan. Ditambah lagi dengan kurangnya asupan makanan yang bergizi dan berserat, bisa menyebabkan  gejala sakit maag mudah menyerang.

ads

Sakit maag sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada dinding lambung. Sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan di lambung, adapun yang menjadi penyebab sakit maag adalah pola makan yang buruk, pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol, kopi, dan juga stres. Faktor utama lainnya yaitu seringnya mengkonsumsi obat kimia anti inflamasi dan juga disebabkan terjangkitnya virus dan bakteri Helicobacter pylori.

Gejala sakit maag

Dan apakah ada hubungan sakit maag dengan sesak nafas?. Beberapa orang mengatakan bahwa sesak napas merupakan salah satu gejala yang dirasakan saat sakit maag menyerang si penderita. Sakit maag memiliki gejala nyeri pada bagian perut dan ulu hati walaupun sudah mengkonsumsi makanan. Adapun gejala maag kambuh yang paling umum yang sering dijumpai pada penderita sakit maag antara lain:

  1. Perut terasa mual dan nyeri pada ulu hati meskipun sudah makan. Gejala ini biasanya diikuti dengan bersendawa dan buang angin (kentut).
  2. Muntah. Gejala ini biasa terjadi  penderita sakit maag saat sakitnya datang.
  3. Kembung pada perut bagian atas. Pada bagian perut sering terjadi kembung, hal ini dapat diketahui dengan cara menepuk-nepuk perut, jika terdengar agak nyaring berarti perut sedang kembung.
  4. Cegukan. Penderita juga sering cegukan saat sakit maag ini menyerang.
  5. Hilang nafsu makan. Berkurangnya nafsu makan juga menjadi salah satu gejala yang sering dijumpai oleh penderita sakit maag.
  6. Muntah darah. Pada tahap ini penderita mengalami maag yang akut, karena telah terjadi iritasi pada lambung.
  7. Kotoran yang dihasilkan berwarna pekat. Pada penderita sakit maag, kotoran yang dihasilkan akan berwarna lebih pekat, ini menandakan telah terjadi iritasi di lambung.

Dalam istilah medis, maag disebut dengan gastritis atau radang lambung yang banyak disebabkan oleh infeksi virus, bakteri maupun protozoa. Cara pencegahan gastritis untuk mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit – penyakit lainnya. Bahkan beberapa gejala dari sakit maag ini menyebabkan sesak pada bagian dada penderita. Maka dari itu sangat penting menjaga pola hidup dan pola makan bagi penderita sakit maag, akan mengurangi munculnya gejala sakit maag.

Keterkaitan Antara Sakit Maag dengan Sesak Nafas

Sesak napas merupakan salah satu gejala yang terjadi pada penderita penyakit maag dan penyakit jantung. Terutama pada sakit maag gejala sesak napas sering kali terjadi, hal ini dikarenakan kadar asam di lambung meningkat sehingga mengakibatkan gas yang ada di lambung menjadi tinggi dan terjadi pembengkakan volume di lambung hingga bisa menekan jantung dan paru-paru. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya sesak napas pada saat sakit maag kambuh, sebagai berikut:

  • Penyakit ini sering kambuh kapan saja, apalagi jika kita tidak bisa menjaga pola makan dan juga pola hidup.
  • Untuk maag yang sudah akut (kronis) biasanya terjadi karena salah mengkonsumsi makanan, contohnya seperti merasakan perasaan tidak nyaman saat mengkonsumsi kopi, minuman beralkohol, dan makanan serta minuman lain yang bisa meningkatkan produksi asam lambung penyebab asam lambung naik.
  • Hubungan dari sakit maag dengan sesak nafas  ini sebenarnya sangat terkait satu sama lainnya. Pada saat seseorang menderita sakit maag biasanya diikuti dengan gejala dada yang terasa sesak dan sulit bernapas serta nyeri pada bagian ulu hati disertai juga dengan rasa mual.
  • Sesak napas sendiri adalah keadaan dimana seseorang merasa sesak didada dan merasa kesulitan dalam bernafas. 
    Sponsors Link

  • Gejala seperti ini membuat penderita merasa tidak nyaman dan jusa sangat menakutkan, karena bisa menyebabkan komplikasi pada pernafasan dan juga bisa menjadi ancaman.
  • Sesak nafas merupakan gejala dari acid reflux, dan bisa menyebabkan penyakit kronis yang disebut gastroeshopageal reflux disease (GERD). Penyakit ini bisa mengancam jiwa penderitanya.
  • Gejala sesak napas ini terjadi dikarenakan terjadinya pembengkakan saluran udara di paru-paru yang disebabkan karena asam lambung yang masuk ke paru-paru.
  • Sementara itu, sesak napas yang terjadi karena penyakit maag harus diberikan pertolongan medis secepatnya agar tidak terjadi komplikasi lainnya.
  • Asam lambung yang berlebihan Cara mengatasi asam lambung yang berlebihan   bisa diatasi dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami tanpa membahayakan jiwa penderitanya.

Hubungan sakit maag dengan sesak nafas ini memang benar adanya dan tidak boleh kita sepelekan jika terjadi gejala-gejala seperti diatas. Sebaiknya segera beri pertolongan medis jika terdapat gejala dari penyakit tersebut untuk menghindari terjadinya komplikasi yang terjadi akibat ketidak pahaman tentang penyakit ini dan juga kurangnya informasi yang didapatkan.

Cara Mengatasi Sakit Maag

Selain harus menjaga pola makan, penderita sakit maag juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat. Adapun beberapa tips yang bisa diterapkan yang bertujuan sebagai terapi bagi penderita penyakit maag ini, antara lain sebagai berikut:

ads
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Hindari stres dan hal-hal yang bisa memicu seseorang menjadi stres.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan berserat tinggi.
  • Rutin minum air putih minimal 2 liter per hari.
  • Hindari makanan yang dapat memicu asam lambung, seperti makan makanan yang pedas,  asam dan juga yang terlalu banyak mengandung lemak.
  • Menghindari rokok.
  • Hindari minuman yang mengandung asam, seperti minuman beralkohol, soda, kopi dan juga teh yang terlalu pekat atau kental.
  • Menerapkan pola makan yang teratur yaitu 4 – 5 kali sehari, dengan porsi yang sedikit saja tetapi memiliki asupan kalori yang cukup.

Terapi secara alami ini bertujuan untuk mengurangi kambuhnya sakit maag bahkan juga bisa untuk menghilangkan gejala sakit maag bagi si penderita, bahkan juga bisa membantu mengurangi gejala – gejala yang ditimbulkan oleh penyakit maag ini. Ternyata sakit maag bisa diobati dengan cara mengetahui penyebab awalnya. Sakit maag ini bisa diatasi dengan pemberian obat untuk menetralisir asam lambung, yaitu dengan obat jenis antasida ataupun bisa juga dengan obat yang bisa menahan kelebihan asam yang berfungsi untuk memperbaiki motilitas usus (sistem yang mengatur gerakan di usus). Bahkan sakit maag bisa diobati dengan obat tradisional untuk asam lambung.

Selain itu, untuk menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh sakit maag bisa diatasi dengan cara yang alami tanpa menggunakan bahan – bahan kimia. Terapi alami ini difokuskan pada gaya hidup yang sehat, ini berguna untuk mencegah agar sakit maag ini tidak terulang kembali.

Agapun cara – cara alami untuk mencegah timbulnya gejala – gejala sakit maag antara lain sebagai berikut :

  • Mulailah mengatur pola makan

Cara mengatur makanan untuk asam lambung  yang baik adalah dengan cara makan secara teratur yaitu 4 – 5 kali dalam sehari, dengan cara mengurangi porsi makan atau dengan porsi makan yang sedikit saja. Cara seperti ini bisa membantu mencegah meningkatnya asam di lambung yang bisa menyebabkan rasa sakit di bagian perut. Jangan melewati jam makan (makan sesuai dengan jadwal makan) dan hindarilah makan yang berlebihan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, makanan yang pedas, minuman yang beralkohol, soda dan juga yang mengandung kafein. Pada saat makan, kunyahlah makanan secara perlahan, hal  ini dilakukan agar makanan yang dimakan bisa dicerna dengan baik oleh usus. Selain itu makan secara perlahan juga bisa mempermudah menelan makanan.

  • Hindari stres

Stres juga bisa mengakibatkan meningkatnya asam di lambung, maka dari itu sebaiknya hindari stres agar tidak memicu timbulnya gejala sakit maag. Akan lebih baik jika penderita bisa mengontrol emosi agar tidak terjadi stres yang berlebihan. Stres bisa dikurangi dengan cara relaksasi dan selalu berfikir positif, misalnya dengan melakukan hal – hal ataupun kegiatan yang bisa membuat perasaan dan hati menjadi lebih tenang. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara mengunjungi tempat – tempat yang menyenangkan dan menenangkan seperti mengunjungi daerah yang udaranya masih asri. Hal ini bisa menjadi terapi juga, karena tempat – tempat yang asri menghasilkan udara yang segar sehingga bisa memberikan energi yang positif dan bisa mengurangi stres.

Sponsors Link

  • Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur bisa membantu mengobati bahkan juga bisa menyembukan penderita dari serangan penyakit maag ini. Lakukanlah olahraga secara bertahap agar otot – otot tidak terlalu tegang. Yoga juga merupakan salah satu olahraga yang bisa melatih konsentrasi dengan cara mediasi, hal ini juga bisa mengurangi stress. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, hubungan sakit maag dengan sesak nafas sangat erat kaitannya. Dengan mengubah pola hidup dan pola makan menjadi lebih baik bisa mengurangi bahkan menghilangkan sakit maag. Selain mengkonsumsi obat yang mengandung antasida, pengobatan atau terapi secara alami bisa dilakukan untuk menghindari konsumsi bahan kimia obat secara berlebihan.

Jadi, keterkaitan atau hubungan dari sakit maag dengan sesak nafas menjadi salah satu tanda atau gejala dari penyakit maag. Hal ini dikarenakan peningkatan produksi asam lambung menyebabkan mengembangnya volume pada bagian lambung yang mengakibatkan tekanan pada jantung dan paru – paru, hingga dada terasa sesak dan sulit bernafas. Jika terjadi gejala – gejala seperti yang disebutkan, sebaiknya penderita segera diberikan penanganan secara medis agar terhindar dari komplikasi lainnya.

Demikian beberapa penjelasan tentang hubungan dari sakit maag dengan sesak nafas. Jika kita ingin terhindar dari sakit maag, ada baiknya kita menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang. Karena dengan hidup sehat membuktikan bahwa kita telah menghargai tubuh yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Selain itu juga, ada baiknya bagi kita untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, makan dan minumlah secukupnya saja, karena tubuh kita ini adalah sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga lagi untuk bernapas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang penyakit maag dan juga sesak nafas.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag