Sponsors Link

3 Hubungan Asam Lambung dan Nyeri Punggung yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Asam lambung  adalah sebutan lain dari Gerd, yang terkadang disamakan dengan sakit maag. Asam lambung biasanya terjadi ketika seseorang merasakan sakit seperti terbakar di bagian dada atau perutnya. Hal ini biasanya kambuh saat setelah makan, atau ketika jam tidur sedang berlangsung.

ads

Anda yang pernah mengalami sakit asam lambung tinggi, tentunya merasakan bagaimana asam lambung ini naik ke sekitar kerongkongan kita karena katup diantara lambung dan kerongkongan kurang berfungsi dengan maksimal. hal seperti ini disebut gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala yang dialami biasanya berupa sakit pada bagian dada dan ulu hati, kita akan susah menelan penderita maag sering lapar makanan dan mulut umumnya berasa pahit atau asam dan keadaan perut kita sangat tidak nyaman.

Penyebab manusia bisa terkena asam lambung seperti ini, belum bisa diketahui secara detail. Terkadang, orang yang obesitas juga bisa mengalami asam lambung yang tinggi. Selain itu, Anda yang suka mengkonsumsi jenis minuman yang memicu asam lambung, serta makanan berlemak dalam jumlah yang banyak, serta konsumsi kopi, cokelat dan juga alcohol, dapat menyebabkan kita mudah terkena asam lambung yang tinggi. Lambung kita bisa mengalami radang dan pencernaan menjadi terganggu.

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala asam lambung naik biasanya dialami oleh orang yang memiliki kelebihan produksi asam pada organ lambungnya. Gejala yang bisa mereka rasakan saat asam lambung naik seperti perut kembung dan sering bersendawa. Selain itu, perut yang kembung bisa juga disertai dengan rasa mulas. Munculnya produksi asam lambung yang berlebih, juga bisa menimbulkan penyebab kurang gizi kelebihan gas yang berkumpul di area perut.

Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung yang dialami seseorang, tentunya membuat penderitanya menjadi kurang nyaman ketika menjalankan aktifitas sehari-hari. Gejalanya akan semakin terasa ketika perut telah diisi makanan. Asam lambung ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, sebagai berikut:

  • Kekurangan vitamin dan Mineral, seseorang akan mudah terserang asam lambung naik
  • Mengkonsumsi makanan pedas
  • Sedang Menjalani diet ketat
  • Kurangnya penyerapan nutiri pada organ lambung
  • Konsumsi Alkohol berlebihan
  • Infeksi oleh bakteri helicobacter pylori yang menghasilkan asam lambung
  • Lansia yang rentan dengan gangguan asam lambung
  • Konsumsi makanan mengandung serat berlebih
  • Kanker Lambung
  • Konsumsi Kafein Berlebihan

Agar Anda terhindar dari nyeri punggung, sebaiknya cek postur tubuh dan olahraga agar tetap benar dan tidak memunculkan nyeri punggung. Selain itu, usahakan susah bab setelah melahirkan caesar  melakukan olahraga dengan rutin, untuk mencegah nyeri punggung dan meningkatkan fleksibelitas oto punggung kita.

Hubungan Asam Lambung dan Nyeri Punggung

Seorang pasien menyampaikan pertanyaan kepada dokter seputar asam lambung. Pasien tersebut menanyakan apakah penyakit asam lambung bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian punggung, yang rasa sakitnya seperti ditekan-tekan? Kemudian, Dokter menjelaskan keterkaitan obat tradisional kanker usus stadium 4 penyakit asam lambung dengan nyeri punggung tersebut.

Hubungan asam lambung dan nyeri punggung, sangat mungkin diakibatkan oleh gangguan kesehatan pada saluran cerna bagian atas seperti pada lambung dan esophagus. Setidaknya, hubunganya dapat diketahui dari 3 hal berikut ini :

  • Terjadinya Tukak Lambung

Adanya luka pada organ lambung atau tukak lambung, ternyata dapat memunculkan sakit asam lambung yang disertai nyeri punggung. Luka tersebut juga terjadi karena adanya peradangan pada lambung.

Sponsors Link

  • Produksi Asam Lambung Tinggi

Ketika sakit asam lambung kambuh, itu merupakan tanda bahwa produksi asam di organ lambung kita sedang tinggi. Efeknya, kita juga akan merasakan nyeri pada punggung.

  • Refluks Cairan Lambung

Selain kedua hal diatas, nyeri pada punggung juga dapat terjadi karena adanya refluks cairan lambung yang masuk ke dalam rongga esophagus.

Nyeri punggung, dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebagian orang yang mengalami asam lambung memang mengeluhkan nyeri dan rasa tidak nyaman pada punggungnya, namun hal itu tidak terlalu lazim terjadi. Namun, nyeri punggung rupanya bisa disebabkan juga oleh beberapa hal lainya, seperti masalah gangguan kesehatan pada ginjal, empedu serta pankreas.

Ketika seseorang mengalami keluhan penyakit pada organ lambung, beberapa gejala yang muncul memang beragam, seperti gejala rasa terbakar, rasa panas, nyeri dada maag menyebabkan sakit pinggang serta nyeri punggung. Hal ini perlu mendapatkan penanganan khusus, dengan cara sebagai berikut :

  • Mengurangi berat badan yang berlebih
  • Menjalankan Diet sehat
  • Aktif berolahraga secara teratur
  • Mengompres dengan air hangat
  • Tidur dengan posisi yang baik dan nyaman
  • Konsumsi obat pereda nyeri ringan, seperti parasetamol, ibuprofen atau obat oles

Kesimpulan yang dapat diambil, ternyata sakit asam lambung dan nyeri punggung itu memang berkaitan. Namun jarang dialami sebagian orang. Untuk memastikan bahwa asam lambung yang dialami merupakan penyebab nyeri punggung, sebaiknya melakukan cek kesehatan perut kembung badan terasa lemas lambung ke dokter, agar mendapatkan pengobatan yang tepat dan mempercepat proses kesembuhan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :