Sponsors Link

17 Gejala Usus Buntu Ringan Yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Usus buntu adalah salah satu organ tubuh kita yang berukuran kecil, seperti jari manusia dan letaknya berada melekat pada organ usus besar. Usus buntu seringkali menjadi keluhan penyakit yang diderita sebagian besar orang, karena bagian organ ini telah meradang. Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan terjadi gangguan kesehatan pencernaan yang lebih parah.

ads

Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu cukup banyak ditemukan hampir di semua kalangan, namun umumnya paling sering menjangkiti orang di usia 10 hingga 20 tahun. gejala awal yang dialami seseorang yang mengalami usus buntu adalah rasa nyeri yang cukup hebat dan tidak tertahankan. Jika Anda merasakan nyeri seperti itu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

Penyakit usus buntu atau apendisitis umumnya terjadi ketika usus buntu mengalami radang, pecah serta inflamasi (infeksi). Usus buntu dapat menyebabkan rasa sakit tumor usus serta harus ditangani secara medis, yaitu lewat operasi. Sebelum sakit usus buntu bertambah parah, sebaiknya kita mengetahui seperti apa gejala awalnya, agar dapat ditangani secara dini.

Dikutip dari merdeka.com yang juga melansir dari artikel healt me up (2012), menjelaskan tentang beberapa gejala awal dari usus buntu ringan yang biasanya dialami penderitanya. Berikut ulasanya:

  • Rasa Nyeri yang Bertambah

Ketika usus buntu sudah mulai meradang, gejala awal yang bisa dirasakan adalah nyeri yang cukup hebat. Namun, setelah semakin lama, sakitnya akan semakin bertambah, bahkan obat tukak lambung penderitanya akan sulit melakukan aktivitas secara normal.

  • Sakit Perut yang Hilang Timbul

Penderita usus buntu, akan merasakan gejala awal seperti merasa sakit perut khususnya di daerah tengah perut hingga pusar, dan rasa sakitnya hilang dan timbul. Rasa sakit itu kemudian akan bergerak ke bagian perut kanan bawah dan fokus di titik dimana biasanya operasi usus buntu dilakukan.

  • Merasa sakit di bagian pusar

Gejala usus buntu ringan bisa dideteksi jika seseorang mengalami sakit , khususnya di bagian pusar. Rasa sakit tersebut biasanya akan berlanjut dan bergerak ke obat tradisional radang usus perut bagian bawah dengan perlahan.

  • Mengalami demam

Sakit usus buntu ternyata bisa dibarengi dengan demam serta rasa sakit di bagian perut. Ketika keadaan usus buntunya semakin parah, maka demamnya ciri-ciri penyumbatan usus juga akan semakin tinggi. Gejala demam ini semakin meningkat, karena usus buntu mengalami peradangan yang cukup hebat.

  • Mual dan Muntah

Gejala usus buntu lainya juga bisa dibarengi dengan adanya mual dan muntah yang cukup menganggu. Awalnya, ini tidak menampakan seperti sakit usus buntu, namun jika mual dan muntah belanjut dalam waktu 12 jam, harus segera dibawa ke dokter.

Sponsors Link

  • Kembung dan sering Membuang gas

Gejala usus buntu ringan juga ditandai juga perut yang kembung dan sering buang gas.  Biasanya, perut kembung bisa hilang dengan sendirinya, namun jika gejala ini disertai dengan sakitnya perut bagian bawah, maka segera konsultasikan ke dokter.

  • Nyeri Perut Saat Setelah Ditekan

Nyeri di bagian perut juga bisa mengindikasikan gejala usus buntu, namun pastikan terlebih dulu. Coba untuk tekan bagian perut bawah sebelah kanan. Setelah ditekan lalu lepaskan. Jika saat ciri ciri usus melintir  dilepas, malah terasa sakit, bisa jadi itu gejala usus buntu yang cukup parah.

  • Diare

Setelah mengalami sakit perut, mungkin penderita usus buntu bisa mengalami diare ringan, dengan banyaknya lendir pada feses yang dikeluarkan. Bisa jadi ini merupakan sakit diare biasa. namun, jika diare ini dibarengi dengan sakit perut di bagian kanan bawah, sebaiknya periksa ke dokter.

ads
  • Sakit Perut Kanan Bawah

Gejala usus buntu awal yang paling penting untuk dideteksi adalah sakit perut kanan bawah. Rasa sakit perut ini memang akan terasa di daerah sekitar pusar lalu akan berpindah ke perut kanan bagian bawah. Ketika penderita berjalan atau bergerak, maka rasa sakitnya akan makin terasa.

  • Mengalami kram perut

Gejala ringan usus buntu lainya adalah mengalami kram di bagian perut. Kram perut ini bisa dialami oleh seseorang yang menderita usus buntu. Sebaiknya jaga kondisi tubuh khasiat daun sirsak untuk radang usus kita dengan benar. Jika sakitnya terus berlanjut setelah mengkonsumsi obat, segera bawa ke dokter.

  • Sakit Ketika Buang Air Kecil

Seseorang yang menderita usus buntu ringan, ketika buang air kecil biasanya akan terasa sakit. Hal ini bisa terjadi karena terjadi hambatan pada bagian usus buntu. Gejala ini tidak boleh dibiarkan, karena akan menimbulkan penyakit berbahaya lainya, seperti infeksi usus atau infeksi kandung kemih.

  • Merasakan Nyeri Punggung

Gejala usus buntu ringan, ternyata bisa berefek pada sakitnya bagian punggung. Bagian tulang belakang akan terasa nyeri dan pegal, karena bagian perut mengalami sakit yang cukup hebat di awal, sehingga tulang punggung menjadi agak nyeri.

  • Timbul Rasa Nyeri Pada Dubur

Salah satu gejala awal dari penyakit usus buntu ringan adalah timbul rasa nyeri pada bagian dubur. Usus buntu akan terhubung dengan semua organ yang berperan dalam pencernaan. Oleh sebab itu, ketika dubur terasa sakit, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan terbaik.

  • Gejala Nyeri yang Timbul Karena Suatu Gerakan

Gejala awal usus buntu, berupa rasa nyeri, juga bisa timbul karena adanya gerakan. Ketika kita melakukan gerakan yang cukup berat, kemudian perut bagian bawah kita terasa sakit, bisa jadi ini merupakan gejala usus buntu.

  • Tidak nafsu makan

Usus buntu tentunya akan berhubungan dengan system pencernaan. Jika usus buntu sedang mengalami inflamasi atau peradangan, maka cukup sulit untuk bisa mencerna makanan seperti saat keadaan normal.  Dengan begitu, rasa nafsu makan akan hilang , perut akan kosong karena jika harus diisi dengan makanan, maka usus buntu akan terasa semakin sakit.

Sponsors Link

  • Peningkatan Sel Darah Putih

gejala ini terjadi pada anak-anak yang menderita usus buntu. Karena organ tubuhnya , yaitu organ usus sedang mengalami peradangan, maka terjadi peningkatan sel darah putih khasiat minum kopi untuk usus besar dalam jumlah banyak. Hal ini juga sering terjadi, jika bagian tubuh lainya sedang mengalami inflamasi.

  • Kontraksi Rahim Pada Wanita Hamil

gejala usus buntu pada wanita hamil, ternyata cukup sering ditemukan, berupa kontraksi pada rahimnya. Kontraksi tersebut bisa jadi karena usus buntu yang mengalami perubahan posisi selama proses kehamilan wanita. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan, agar mendapat penanganan terbaik.

Diagnosa Apendisitis

Beberapa gejala usus buntu yang timbul sebenarnya mirip dengan gejala penyakit pencernaan seperti crohn, infeksi saluran kemih (ISK) , gastritis dan lain sebagainya. Untuk melakukan diagnosanya, tidak bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Biasanya, dokter akan mempelajari riwayat kesehatan pasien penderita usus buntu terlebih dulu. Kemudian dokter akan melakukan beberapa tes untuk mendiagnosa seberapa parah usus buntu yang terjadi.  Beberapa tes pemeriksaan tersebut sebagai berikut :

Menekan bagian perut untuk menilai seberapa besar rasa sakit yang dirasakan, serta mengetahui seberapa besar peradanganya

  • Melakukan pengambilan tes darah, untuk mengetahui jumlah sel darah putih serta mengindikasikan infeksi
  • Melakukan Tes urine
  • Melakukan tes ginekologi bimanual pada pasien wanita
  • Melakukan tes pencitraan, CT scan, ultrasound, MRI untuk memastikan penyebab lainya
  • Pengobatan Apendisitis

Usus buntu dapat diatasi dengan melakukan tindakan pengobatan yang merujuk pada tingkat keparahan sakit usus buntu tersebut. Jika keadaan usus buntunya ringan, maka pemberian resep antibiotic biasanya akan diberikan. Sebaliknya, jika keadaanya kronis, maka dianjurkan untuk melakukan pengobatan medis dengan operasi usus buntu. Operasi yang dilakukan disebut dengan bedah laparoskopi.

Berikut penjelasan mengenai laparoskopi dan Operasi sederhana dengan sayatan terbuka :

  • Laparoskopi

Operasi bedah yang dilakukan dengan cara pengangkatan usus buntu yang umum dilakukan. Laparoskopi sendiri merupakan lubang kunci yang dibuat dengan sayatan-sayatan kecil di bagian perut, untuk mengangkat bagian usus buntu yang meradang tersebut.

  • Sayatan Terbuka (Laparotomi)

Sedikit berbeda dengan sayatan pada laparoskopi, sayatan terbuka membuat lubang sayatan yang lebih besar. Operasi bedah ini biasanya dilakukan saat keadaan usus buntu sudah pecah atau disebut peritonitis dan sudah menyebar. Pembedahan terbuka ini biasanya dilakukan dengan membuat irisan panjang di bagian perut bawah kanan, namun irisan bisa juga dibuat di bagian tengah perut.

Saat seseorang terkena sakit usus buntu, langkah awal yang harus diketahui adalah mengenali gejala awalnya, yang terbilang cukup ringan. Sebagian besar gejalanya mirip seperti kelainan kesehatan pencernaan lainya. Dengan mengenali gejala usus buntu ringan diatas, semoga kita dapat melakukan tindakan pencegahan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

 

 

 

 

 

 

 

Sponsors Link
, ,
Oleh :