Sponsors Link

12 Gejala Radang Usus Besar Yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Jika kita menderita sakit diare yang parah, bisa jadi ini merupakan gejala radang usus besar yang harus diwaspadai. Umumnya, system pencernaan dalam tubuh kita akan selalu memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh agar bisa menghasilkan energy untuk tubuh. Saat bagian akhir proses pencernaan tersebut, sisa makanan akan masuk ke dalam usus besar untuk kemudian diserap cairan yang tidak diperlukan dan membentuk (tinja) lalu akan dikeluarkan dari tubuh. Usus besar tentunya berperan penting dalam system pencernaan kita, dan kita harus menjaga agar usus besar kita tidak bermasalah. Namun, karena beberapa faktor, sebagian orang bisa mengalami radang usus besar. Radang usus besar ini adalah suatu kondisi dimana usus besar kita mengalami inflamasi atau peradangan yang cukup parah.

ads

Usus besar kita memiliki ukuran panjang sebesar 5 kaki dengan letak yang berliku di bagian perut kita. Saat mengalami radang, lapisan usus besar kita terluka di bagian permukaanya atau disebut juga colitis. Jika radang terjadi di bagian dubur maka disebut proctitis. Dan jika radang ini terjadi seluruhnya (dari usus besar hingga dubur) disebut colitis ulservative. Radang ini biasanya hanya terjadi di sekitar usus besar saja dan efek yang ditimbulkan, Anda akan mengalami diare. Dalam kondisi radang usus besar yang cukup parah, radang ini akan tembus hingga ke dinding usus atau disebut juga Crohn. Jika kondisinya hingga menembus usus kecil juga maka bisa menimbulkan resiko kanker usus besar. Peradangan yang cukup hebat pada bagian saluran pencernaan ini , menimbulkan embrio baru yang menimbulkan sel kanker (dysplasia).

Awalnya, radang usus besar ini sering terjadi karena kita mengalami sembelit, kita terlalu gelisah atau juga pernah mengalami keguguran. Namun, penyebab utamanya adalah kekurangan zat organic yang seharusnya diserap tubuh agar proses pencernaan menjadi lancar. Berikut ini gejala radang usus besar yang perlu kita waspadai:

  • Mengalami Demam Tinggi

Penderita cara menyembuhkan radang usus besar biasanya diawali dengan gejala demam yang tinggi. Tidak semua orang yang mengalami radang usus besar terkena demam, karena mungkin keadaan tubuhnya lebih kuat. Namun, umumnya saat tubuh kita sakit demam menjadi tanda yang memberitahukan bahwa kita sakit dan harus segera mendapat penanganan.

  • Terkena Diare

Radang usus besar yang terjadi akan membuat kinerja sistem pencernaan tidak berjalan dengan normal. Terkadang cara mencegah usus buntu untuk konsumsi makanan juga tidak bisa dengan lebih lembut, sehingga perut terasa sakit dan hasilnya kita mengalami diare karena pencernaan tidak berjalan lancar.

  • Sering merasa mual

Sama seperti gejala asam lambung, karena ini berkaitan dengan sistem pencernaan, maka saat mengalami radang usus besar, sebagian orang ada yang sering merasa mual. Jika mual Anda disertai perih di bagian perut , serta muncul penyakit lainya, maka bisa dipastikan ini karena terjadi peradangan di usus besar.

  • Perut akan terasa sakit dan nyeri saat kita BAB

Saat usus besar kita mengalami peradangan, efek yang langsung dapat dirasakan adalah penyebab usus bengkak di perut kita terasa sakit dan selalu nyeri saat hendak BAB. sebaiknya jangan dipaksakan jika ingin BAB tapi perut masih terasa sakit. Jika dipaksakan, khawatir peradangan akan meluas nantinya.

  • Saat BAB keluar bersama dengan lendir dan darah dari bagian anus
Sponsors Link

Jika usus besar kita mengalami peradangan, anda harus memperhatikan makanan penderita radang usus, maka saat BAB sekalipun, biasanya tinja kita akan keluar disertai lendir dan juga darah yang keluar dari anus. sebaiknya, segera lakukan check up kepada dokter ahli, dan tanyakan mengenai gejala tersebut.

  • Terjadi pendarahan di Rektum karena ada tekanan di usus dan lambung

kembali ke poin atas, saat BAB mengeluarkan lendir dan darah, ini bisa disebabkan karena bagian rektum kita mengalami pendarahan juga. hal ini disebabkan terjadinya tekanan di bagian lambung kita serta bagian usus kita. pendarahan ini yang menyebabkan  tinja kita berlendir dan berdarah juga.

  • Mudah merasa lapar, walaupun sudah makan

coba Anda perhatikan, apakah Anda selalu mudah merasa lapar? Jika iya, bisa jadi ini karena gejala peradangan usus besar yang sedang terjadi. sebaiknya, Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. makanan tersebut jelas lebih sehat.

  • Tubuh menjadi lebih cepat lelah dan agak sesak nafas, disertai kepala yang pusing
ads

gejala lainya yang umumnya sering timbul dan dialami ketika terjadi radang usus besar, yaitu tubuhnya akan terasa lebih cepat lelah dan sedikit sesak nafas. tidak hanya itu, terkadang kita juga akan merasa pusing. hal ini terjadi karena salah satu organ kita sedang bermasalah.

  • Wajah menjadi terlihat pucat

saat radang usus terjadi, biasanya tidak sembarang makanan bisa masuk ke perut kita. akibatnya, kita menjadi pilih-pilih dalam mengkonsumsi makanan dan bahkan makan dalam jumlah sedikit. oleh karena itu, efeknya terkadang wajah akan tampak lebih pucat.

  • Sering Membuang Gas dan Perut terasa kembung

Radang usus ini juga bisa membuat kita menjadi lebih sering membuang gas, namun seiring dengan itu, perut kita juga terasa kembung. Hati-hati jika ini terjadi pada Anda dan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter, sebelum peradangan usus ini semakin melebar ke organ lainya.

  • Mengalami Malnutrisi, seperti kekurangan gizi

Mungkin kita merasa tubuh kita masih cukup berisi, untuk cara menjaga kesehatan usus dan bisa makan apa saja yang menjadi favorit kita, sehingga kita tidak mungkin mengalami Malnutrisi. namun, saat terserang peradangan usus besar, Malnutrisi atau kurang gizi ini bisa terjadi, karena sedikitnya asupan makanan yang masuk ke tubuh kita.

  • Organ hati menjadi membesar dan mengalami kram perut

karena bagian usus besar kita letaknya ada di area perut, maka saat terjadi peradangan yang cukup hebat di usus besar, perut kita bisa mengalami kram. hal ini bisa jadi karena organ hati kita juga membengkak. kram perut juga membuat kita tidak bisa duduk dan berdiri dengan nyaman.

Sekilas, jika kita memperhatikan gejala radang usus besar secara umum, gejalanya hampir mirip dengan asam lambung. Sebaiknya, Anda teliti dengan seksama bahwa gejala yang dialami merupakan gejala asam lambung naik atau radang usus besar, agar penangananya lebih tepat.

Penyebab Radang Usus Besar

Sebagian besar, peradangan pada usus besar ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan bakteri dalam usus besar, serta konsumsi makanan yang ternyata kurang baik untuk kesehatan. Makanan ini adalah jenis makanan  yang pedas, olahan mie instan, makanan cepat saji dan makanan yang terlalu asam. Selain itu, seseorang dengan tingkat stress yang tinggi juga berisiko terkena penyebab usus buntu.

Diagnosa lainya juga menyebutkan bahwa radang usus besar ini bisa terjadi, karena mungkin sebelumnya Anda memiliki riwayat penyakit di saluran pencernaan. Misalnya seperti membengkaknya jaringan limfoid , atau pernah mengalami cacingan. Radang usus juga bisa terjadi karena faktor turunan. Jika saat terjadi peradangan di usus besar, kita tidak langsung menanganinya, akibatnya bisa lebih parah hingga menjadi kanker usus besar. Beberapa faktor lainya, yang bisa memicu terjadinya radang usus sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Usia, menginjak usia 30-an seseorang rentan terkena sakit radang usus.
  2. Merokok, kegiatan merokok dapat menimbulkan penyakit Crohn pada usus.
  3. Pengobatan Isotretinoin, zat Isotretinoin ini biasanya ada dalam obat jerawat. Zat ini bisa memicu terjadinya radang usus.
  4. Tempat Tinggal, salah satu faktor lingkungan yang berpengaruh (lingkungan kumuh) bisa menimbulkan penyakit radang usus.
  5. Ras, menurut penelitian orang yang berkulit putih lebih rentan terkena radang usus dibandingkan yang berkulit hitam.
  6. Obat Anti Inflamasi, obat untuk anti inflamasi ternyata bisa memicu radang usus.

Saat kita mengalami radang usus besar, hal ini dimulai dengan munculnya gejala-gejala tertentu yang kita rasakan secara langsung. Proses peradangan ini dimulai dengan adanya sumbatan di bagian saluran usus, alasanya karena tinja yang memadat dan keras. Kemudian, anda harus cepat mengobati dengan obat usus buntu tanpa operasi karena terjadi dalam waktu lama, apabila diamkan akan bisa membuat usus pecah dan rongga perut terinfeksi hingga bagian organya.

Penyakit radang usus ini biasanya terjadi dalam kategori ringan, sehingga dalam beberapa hari akan hilang sendirinya. Namun, untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah, penangananya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang direkomendasikan dokter. Sebaiknya kita mengenali gejala radang usus besar dengan baik, agar bisa ditangani secara tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :