Sponsors Link

9 Gejala dan Penyebab Penyakit Lambung Bocor Harus di Waspadai

Sponsors Link

Setelah itu, lambung akan mengeluarkan asam serta enzim yang obat tradisional radang usus fungsinya untuk mencerna makanan tersebut. Lambung yang normal akan dapat bekerja dengan baik, sehingga proses pencernaan menjadi lancar. Jika lambung bocor, maka dapat dibayangkan proses pencernaan tadi akan menjadi sulit.

ads

Proses pencernaan menjadi terhambat dan keadaan tersebut tentunya akan membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Keadaan lambung bocor atau disebut perforasi, merupakan lubang yang bisa membesar melalui dinding organ tubuh. Tidak hanya pada lambung, kebocoran ini cara mengobati luka lambung dengan madu dapat terjadi juga pada usus kecil, rectum, usus besar, kerongkongan dan lambung. Adapun beberapa penyebab lambung bocor yang sering terjadi adalah:

  • Penyakit Crohn

Penyakit radang usus adalah suatu kondisi dalam waktu yang cukup panjang, dimana terjadi peradangan di organ usus dan beberapa lapisan dinding saluran pencernaan lainya, termasuk lambung. Gejalanya berupa sakit diare, buang air besar berdarah, sakit perut hingga rasa lelah luar biasa.

  • Kanker Lambung

Penyakit kronis pada organ lambung, yaitu kanker lambung. Penyakit kanker ini sering terjadi dan gejala awalnya berupa mual dan muntah. Setelah itu, penderita kanker lambung juga sering merasa kesulitan untuk menelan, muntah darah, kehilangan nafsu makan, BAB campur darah serta berat badan yang menurun.

  • Pernah Operasi Perut

Operasi pada organ lambung biasa disebut laparoskopi gastrektomi yang biasanya diterapkan untuk kasus orang yang memiliki berat badan berlebihan, yang berakibat terhadap lambung bocor.

  • Trauma Benda Tumpul

Jika pernah mengalami luka tusuk, luka tembak pada bagian perut, ini juga bisa menyebabkan organ lambung bocor. Trauma yang menyebabkan lambung bocor tersebut, karena pernah pantangan makanan penderita tipes mengalami kecelakaan bermotor dan perlu penanganan segera.

  • Sakit Maag

Lambung bocor, bisa jadi karena komplikasi dari sakit maag sebelumnya. Saat maag, kita mengkonsumsi beberapa obat seperti obat anti inflamasi steroid dan nonsteroid. Gejala sakit maag ini biasanya muncul dengan nyeri dibagian perut, dan rasanya seperti dtusuk benda tajam.

  • Menelan sesuatu benda asing

Zat Kaustik ini mungkin secara tidak sengaja, masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Biasanya benda asing seperti ini tertelan secara tidak sadar, atau spontan. Benda tersebut tentu akan masuk ke dalam sistem pencernaan, hingga akhirnya berdiam pada lambung kita.

Seseorang yang menderita lambung bocor, sebaiknya jangan membiarkan penyakit tersebut terlalu lama. Ilustrasinya, sama seperti keadaan rumah yang bocor, bila dibiarkan begitu saja maka air tersebut akan terus membanjiri rumah. Lambung bocor merupakan kasus penyakit cara mengatasi konstipasi pencernaan yang serius, maka sebaiknya dilakukan dengan pemeriksaan seperti CT Scan, X ray , pemeriksaan fisik dan tes darah.

Tanda-tanda Lambung Bocor

Sponsors Link

Ketika seseorang mengalami penyakit lambung bocor, umumnya orang tersebut akan menampakan beberapa gejala khusus yang mengindikasikan keadaan lambungnya sedang bermasalah. berikut gejala penyakit lambung bocor :

  • Nyeri Luar Biasa Pada Perut

Serangan nyeri ini datangnya mendadak dan terasa di bagian ulu hati. Gejalanya sekilas mirip gejala sakit maag, namun dibarengi dengan keringat dingin, wajah pucat, demam, nafas yang sesak  dan disertai muntah-muntah. Nyeri ini dirasakan saat jam pertama lambung mengalami kebocoran

  • Badan Demam dan Muntah Darah

Setelah gejala pertama, badan akan mulai terasa demam, disertai muntah yang bercampur darah kecokelatan. Namun, setelah itu, umumnya tubuh akan membaik kembali. Penderita lambung bocor bahkan bisa tertidur untuk beberapa waktu, dan rasa nyeri di ciri-ciri tipes kambuh perut telah berkurang. Namun, waspada, karena pada fase intermediate ini, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan penanganan lanjutan seperti operasi.

  • Terjadi Peradangan Hebat
ads

Setelah 10 jam dari kebocoran pertama, maka kondisi penderita lambung bocor akan semakin memburuk. Terjadi peradangan yang hebat pada bagian rongga perutnya, diikuti sepsis yang merupakan infeksi dari racun dan toksin yang sudah menyebar dalam tubuh. Penanganan operasi yang dilakukan pada fase ini , akan cukup lama prosesnya.

Penaganan Lambung Bocor

Penanganan serta pengobatan yang biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah gejala penyakit lambung bocor ini berupa operasi pembedahan. Operasi ini dilakukan untuk memperbaiki lubang yang terdapat pada organ lambung tersebut. Selain itu, pembedahan juga dilakukan untuk cara mengobati asam lambung tinggi mengeluarkan benda asing (yang mungkin masuk ke tubuh), memperbaiki penyebab peritonitis dan lainya.

  • Bagian Usus Dihilangkan

Mau tidak mau, pengobatan lambung bocor lainya adalah dengan menghilangkan bagian kecil pada usus, baik usus besar maupun usus kecil. Adapun pengangkatan ini bisa menyebabkan kolostomi yang membuat isi usus mengalir ke dalam kantong yang telah melekat di dinding perut seseorang penderita lambung bocor.

  • Antibiotik

Kasus lainya, lambung bocor juga dapat diobati dengan pemberian antibiotic. Namun, kasus ini jarang terjadi. Antibiotik terbukti efektif untuk menurunkan inflamasi yang ada pasca operasi dan menurunkan tingkat lukanya tersebut.

Keadaan lambung bocor bisa semakin bertambah parah jika tidak segera ditangani. Keadaan akan semakin parah dan menyebabkan isi lambung menjadi keluar menuju rongga perut, sehingga menyebabkan peritonitis. Gejala ini adalah peradangan yang terjadi pada lapisan jaringan yang tipis yang melapisi bagian dalam perut kita.

Pencegahan Penyakit Lambung Bocor

Sebelum penyakit peradangan lambung berkembang menjadi gejala penyakit lambung bocor, sebaiknya kita segera lakukan pencegahan sejak dini, agar hal tersebut tidak terjadi. Berikut ini tindakan pencegahan yang dapat dilakukan:

  • Memilih makanan yang bergizi dan aman untuk tubuh, seperti sayuran, buah-buahan yang juga mengandung serat serta antioksidan alami.
  • Menghindari makanan yang berisiko meningkatkan infeksi pada lambung, seperti makanan yang pedas, makanan asam dan bergas, serta olahan lainya yang tidak aman untuk lambung
  • Mengolah makanan sebaiknya direbus dan dikukus saja. Hindari makanan yang digoreng dengan minyak
  • Hindari merokok, sebab dapat meningkatkan jumlah racun dalam sirkulasi darah, sehingga membuat system kekebalan tubuh menjadi menurun. Tubuh akan lebih mudah terserang penyakit
  • Hindari minuman beralkohol, karena bisa merusak organ hati Anda. Jika organ hati rusak, maka proses pencernaan dan metabolisme tubuh juga akan terhambat.

Sebaiknya kita menjaga kesehatan sejak dini, khususnya dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi setiap harinya. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita adalah yang akan menentukan apakah system pencernaan akan bermasalah atau tidak. Jika keadaan pencernaan mengalami masalah, segera konsultasikan bersama dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :