Sponsors Link

58 Gejala Maag Kambuh Yang Sering Muncul

Sponsors Link

Maag berbeda dengan penyakit lainnya yang akan sembuh seketika dengan dilakukan perawatan yang intensif. Maag bisa timbul atau kambuh kapanpun jika penderita maag tidak memperhatikan pola makannya. Penderita maag satu dengan yang lainnya mungkin memiliki faktor pencetus yang berbeda-beda akan kambuhnya maag tersebut. Beberapa penderita menyebutkan bahwa maag nya kambuh disaat penderita telat makan pada pagi hari atau siang hari dan faktor stress pun sering ditemukan sebagai pencetus kambuhnya maag seseorang. (baca juga: Buah Pelancar (BAB))

ads

Maka dari itu pentingnya bagi seseorang yang sudah terkena maag untuk terus menjaga pola makan serta kebersihan makanannya dan diiringi dengan mengontrol tingkat stress pada dirinya. Mencegah terjadinya suatu penyakit pastinya lebih baik dibandingkan mengobati, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas gejala-gejala maag kambuh pada seseorang yang mungkin bisa mengingatkan kalian untuk segera menemukan tindakan yang tepat sehingga maag tidak menjadi lebih akut atau kronis, berikut beberapa tanda-tanda gejala yang sering muncul atau terjadi dari maag anda bisa kambuh:

1. Rasa Tidak Nyaman Pada Perut

Maag kita ketahui menyerang pada organ lambung pada perut manusia, tentunya seseorang yang memiliki riwaya maag pasti akan merasakan rasa tidak nyaman pada perutnya tersebut. Mulai dari rasa tidak nyaman, nyeri bahkan sakit yang sangat tajam pun mungkin dirasakan oleh penderita maag. Rasa tidak nyaman pada perut pun memiliki ciri-ciri yang berbeda antara satu gejala dengan gejala lainnya. Pada bagian pertama kita akan membahas gejala-gejala rasa tidak nyaman pada perut yang mungkin akan kalian temukan sebagai pertanda kambuhnya penyakit maag.

  • Merasa Mual

Seseorang penderita maag tentunya tidak asing lagi dengan rasa mual yang muncul disaat maag mereka kambuh. Mual menjadi pertanda utama bagi seorang penderita maag dalam mengetahu kondisi lambungnya. Rasa mual yang muncul dapat terjadi disaat penderita telat untuk makan atau makanan yang dikonsumsi mengandung bakteri yang jahat bagi lambung sehingga meningkatkan kadar asam lambung. Seperti yang kita ketahui penyakit maag terjadi karena adanya peningkatan asam lambung yang diproduksi pada lambung sehingga pada kondisi seseorang yang maag nya sedang kambuh akan merasakan mual.

Selain merasakan rasa mual penderita maag tidak jarang akan merasakan pula rasa ingin muntah. Hal tersebut wajar terjadi karena disaat penderita mengalami maag yang sedang kambuh artinya asam lambung serta gas didalam lambung sedang meningkat dan mendorong seseorang tersebut merasakan ingin muntah. Pada kondisi ini biasanya penderita disarankan untuk meminum obat maag untuk menurunkan kadar asam lambungnya.

  • Perut Terasa Begah

Gejala lainnya yang mungkin penderita rasakan adalah perut yang terasa begah. Begah terjadi karena peningkatan kadar asam lambung pada perut sehingga perut akan terasa begah atau penuh. (baca: Makanan Pembersih Usus Kotor)

  • Terkena Dispepsia

Rasa tidak nyaman pada perut akan muncul pada saat maag seseorang kambuh, dalam bahasa kedokteran rasa tidak nyaman pada perut disebut dispepsia. Dispepsia adalah suatu keadaan perut penderita merasa tidak nyaman, perih ataupun terasa penuh.

  • Nyeri Perut

Gejala berikutnya yang dapat muncul disaat penyakit maag kambuh yakni nyeri pada perut. Nyeri perut pada perut muncul karena adanya desakan dari gas lambung sehingga sering penderita akan merasakan nyeri pada perut terutama pada bagian perut atas pada penderita.

  • Keram Perut
Sponsors Link

Selain rasa begah dan nyeri yang dapat timbul sebagai gejala maag, gejala lainnya yakni keram pada perut. Menahan raha nyeri yang mungkin muncul saat maag kambuh akan mendorong kontraksi perut sehingga menimbulkan keram perut. Karena adanya rasa penuh pada perut pun akan memicu terjadinya keram perut pada penderita. (baca: 8 Fungsi Enzim Amilase Pada Sistem Pencernaan)

  • Rasa Sesak Pada perut

Berikutnya gejala yang mungkin dirasakan ialah rasa sesak pada perut hal ini diakibatkan oleh adanya desakan dari gas asam lambung yang diproduksi sehingga memberikan sensasi menekan pada perut atas pendertita. Tidak dipungkiri meningkatnya produksi cairan asam lambung akan memberikan dampak sesak napas pula bagi penderita.

  • Sering Merasa Lapar

Penderita maag biasanya akan cepat merasakan lapar ataupun sebaliknya yakni cepat merasakan kenyang. (baca juga: Penyebab Makanan Sulit di Cerna)

  • Perut Kembung

Adanya gas berlebih didalam lambung penderita maag akan menjadi petunjuk bagi penderita disaat perut terasa kembung berarti gas asam lambung nya sedang meningkat. Maka dengan adanya rasa kembung pada perut bisa menjadi pertanda akan kambuhnya penyakit maag tersebut.

  • Perut Terasa Lebih Kencang

Desakan serta peningkatan cairan dan gas asam pada lambung penderita maag akan mengakibatkan perut terasa lebih kencang. (baca juga: Peran Enzim dalam Metabolisme)

  • Cepat Merasakan Kenyang
ads

Pada penjelasan sebelumnya, yakni cepat merasakan lapar penderita maag juga akan cepat merasakan kenyang. Hal tersebut karena disaat penderita mengkonsumsi makanan sedangkan kondisi lambung sudah setengah terisi oleh cairan maupun gas asam lambung akan membuat penderita cepat merasakan kenyang.

  • Rasa Perih Pada Perut

Asam lambung yang diproduksi tentunya memiliki sisi posistif bagi kesehatan manusia tapi jika dengan volume yang cukup tinggi hal tersebutlah yang membuat penyakit maag pada manusia. Sifat asam yang dimilikinya akan memberikan sensasi perih pada perut penderitanya. (baca juga: Cara Menyembuhkan Radang Usus)

  • Rasa Lapar yang Tidak Menentu

Adanya suatu reaksi yang tidak semestinya pada organ perut akan mempengaruhi rasa lapar yang mungkin muncul pada penderita. Gejala maag yang mungkin muncul yakni rasa lapar yang tidak menentu. Bahkan penderita maag sering merasakan lapar kembali dengan waktu makan sebelumnya yang relative singkat. Hal sebaliknya pun mungkin saja terjadi rasa kenyang yang tidak menentu.

  • Buang Angin Lebih Sering

Seperti pada penjelasan sebelumnya penyakit maag adalah suatu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar asam lambung serta gas pada lambung, maka dari itu terjadi penumpukan gas pada perut penderita yang akan membuat penderita buang angin lebih sering.

  • Rasa Sensasi Terbakar

Sifat asam yang dimiliki oleh asam lambung akan membuat perut penderita merasa panas atau sensasi terbakar. Maka dari itu bagi penderitta yang memiliki riwayat maag patut berhati-hati jika mengalami rasa sensasi terbakar bisa jadi itu menjadi gejala maag.  (baca juga: Obat Usus Buntu Tanpa Operasi)

  • Perut yang Terlihat Membesar

Tumpukkan gas serta cairan asam lambung pada penderita akan membuat perut terlihat sedikit membesar layaknya orang yang sedang begah perut. Setekah kita mengetahu gejala-gejala yang mungkin muncul saat gejala maag kambuh ditandai dengan rasa tidak nyaman pada perut, kita akan membahas lebih lanjut gejala lainnya yang akan dirasakan penderita maag. Rasa yang muncul mungkin bisa menunjukan gejala maag biasa, sedang maupun kronis.

Artikel Terkait:

2. Sulit Tidur

Gejala lainnya yakni sulit tidur, rasa mual hingga nyeri yang dirasakan oleh penderita maag akan mengakibatkan penderita mengalami sulit tidur. Jika anda merasakan hal tersebut buatlah diri anda senyaman mungkin untuk beristirahat. (baca juga: Tanda-Tanda Keracunan Makanan)

3. Nyeri Tulang Dada

Desakan gas asam lambung tentunya akan berdampak pada organ lainnya tidak terkecuali tulang dada. Tulang dada yang berdekatan dengan lambung akan merasakan desakan sehingga menimbulkan nyeri pada tulang dada penderita disaat maag akan kambuh.

4. Wajah Terlihat Pucat

Akibat adanya penumpukkan gas dan asam lambung akan mempengaruhi penyerapan nutrisi pada lambung. Tidak optimalnya penyerapan nutrisi pada lambung akan menyebabkan wajah penderita terlihat lebih pucat serta tidak bergairah. (baca juga: Fungsi Kerongkongan)

5. Sering Mengalami Keringat Dingin

Sponsors Link

Rasa mual, nyeri hingga sakit yang dialami oleh penderita maaf akan memicu tubuh penderita lebih lemah dari biasanya. Tidak mendapatkan nutrisi yang cukup mengalami dehidrasi akibat muntah-muntah menyebabkan penderita akan sering mengalami keringat dingin.

6. Mengalami Diare

Rasa mual dan tidak nyaman pada perut seringkali akan mengakibatkan dampak yang lebih buruk bagi manusia yakni mengalami diare. Gejala yang bisa mengindikasikan kambuhnya maag seseorang dilihat dari intensitas buang air besarnya. (baca juga: Cara Membersihkan Usus Kotor)

Artikel Menarik Lainnya:

7. Buang Air Besar Berdarah

Pada fase yang lebih kronis, bisa ditemukan gejala berupa buang air besar berdarah karena pada maag kronis terjadi pengelupasan dinding lambung akibat sekresi zat asam lambung yang menyebabkan adanya darah pada saat buang air besar.

Selain dari beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan diatas tentang gejala asam lambung masih ada beberapa gejala lainnya yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

  1. Sering Mengerluarkan Sendawa/Bersendawa.
  2. Muntah Darah.
  3. Bau Nafas.
  4. Nafsu Makan Menurun.
  5. Berat Badan Menurun.
  6. Pusing.
  7. Badan Panas.
  8. Timbul Mukosa Lambung.
  9. Cepat Merasa Lelah.
  10. Kondisi Refluk. (baca juga: Akibat Kelebihan Protein)

Itulah beberapa gejala maag kambuh yang bisa mengingatkan anda betapa pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan lambung terutama bagi kalian yang mempunyai riwayat maag.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :