Sponsors Link

Kenali 9 Gejala Kelumpuhan Lambung yang Harus Kamu Ketahui

Sponsors Link

Lambung menjadi salah satu organ yang berfungsi untuk menyimpan makanan. Tapi, makanan yang ada di lambung tidak hanya disimpan namun juga dicerna. Di dalam lambung terdapat banyak enzim yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Berkaitan dengan berbagai enzim yang terdapat di lambung serta fungsi lambung tentu lambung dapat dikatakan memiliki peran sentral.

ads

Untuk itu kamu harus mengetahui cara menjaga kesehatan lambung. Tapi apa jadinya jika terjadi kelumpuhan lambung? Hal ini tentu harus kamu waspadai dengan mengetahui gejala kelumpuhan lambung lebih awal. Ini berfungsi untuk mencegah kondisi kerusakan lambung yang lebih parah. Sebenarnya apa itu kelumpuhan lambung dan apa saja gejala kelumpuhan lambung? Berikut beberapa penjelasannya.

Apa Itu Kelumpuhan Lambung?

Kelumpuhan lambung sering juga dikenal dengan Gastroparesis. Lambung dikatakan mengalami kelumpuhan apabila otot-otot yang terdapat pada lambung tidak berfungsi. Padahal dalam proses pencernaan di lambung, biasanya otot inilah yang berfungsi mendorong makanan untuk melaju melalui pencernaan. Jadi jika otot ini tidak berfungsi tentu makanan tidak bisa berpindah dengan baik.

Hal ini kemudian menimbulkan berbagai permasalahan lainnya. Ancaman penyakit lain pun mengintai penderita kelumpuhan lambung. Selama ini belum ada kepastian penyebab gastroparesis. Namun, para ahli menduga ada beberapa hal yang menyebabkan gastroparesis. Mulai dari diabetes, skleroderma, hipotiroidisme hingga infeksi menjadi penyebab penyakit ini.

Gejala Kelumpuhan Lambung yang Harus Kamu Ketahui

Untuk menjaga tubuh dari penyakit kelumpuhan lambung yang lebih parah, kamu harus lebih dahulu mengenal gejala kelumpuhan lambung. Ada beberapa gejala yang muncul bagi pengidap kelumpuhan lambung. Berikut adalah gejala yang harus kamu waspadai.

1. Muntah

Gejala kelumpuhan lambung yang umum adalah muntah. Tapi, bukan berarti ketika kamu muntah maka serta merta menderita kelumpuhan lambung. Wajar bagi penderita kelumpuhan lambung mengalami muntah. Ini karena kondisi tidak nyaman pada perut dan juga rasa penuh yang menyebabkan muntah.

2. Perut Kembung

Selanjutnya ada perut kembung. Otot lambung yang tidak mampu mendorong makanan untuk menuju ke jalur pencernaan berikutnya membuat lambung senantiasa penuh. Selain itu adanya pencernaan yang tidak maksimal dapat menimbulkan banyak produksi gas. Inilah yang kemudian membuat perut menjadi kembung. Untuk mengatasinya coba konsumsi makanan penghilang perut kembung dan hindari makanan yang menyebabkan perut kembung. Jika masih berlanjut periksakan diri ke dokter segera.

3. Mual

Gejala kelumpuhan lambung yang satu ini berkaitan dengan poin pertama yaitu muntah. Penyebab mual pada gastroparesis ini dapat diakibatkan banyak hal. Mulai dari kondisi perut yang terasa terus penuh dan perut kembung. Inilah yang menyebabkan penderita menjadi mual. Jika dibiarkan maka penderita akan mudah muntah.

4. Mudah Kenyang

Sponsors Link

Perasaan mudah kenyang ini karena di dalam lambung terdapat tumpukan makanan yang tidak dapat disalurkan. Ini menyebabkan lambung menjadi penuh dengan makanan. Jika sudah seperti itu tentu tempat untuk makanan yang masuk menjadi tinggal sedikit.

Sehingga penderita akan mudah merasa kenyang ketika makan bahkan tetap kenyang meski belum makan. Meskipun porsi makan penderita termasuk kecil. Ini berhubungan dengan kapasitas lambung yang terisi makanan belum tersalurkan tadi. Kamu harus segera menelusuri perut terasa kenyang padahal belum makan atau hanya makan sedikit. Karena ini merupakan salah satu gejala kelumpuhan lambung.

5. Kurangnya Nafsu Makan

Nafsu makan penderita penyakit ini menjadi berkurang. Permasalahan nafsu makan ini dapat disebabkan banyak hal. Mulai dari kondisi perut yang dirasa tidak nyaman hingga rasa mual sampai mutah yang tentu menghambat nafsu makan. Padahal makan termasuk hal yang dibutuhkan oleh tubuh.

ads

6. Gula Darah yang Tidak Normal

Transisi makanan yang tidak optimal menyebabkan adanya penumpukan makanan di lambung. Ini kemudian berkembang menjadi penyerapan makanan yang tidak optimal. Sehingga menyebabkan adanya kelainan pada kadar gula darah. Hal ini tentu patut diwaspadai karena dapat menyebabkan diabetes. Untuk mengecek kadar gula darah baiknya langsung melakukan uji lab. Agar dapat dilihat kadar gula darah yang ada di dalam tubuhmu.

7. Perut Terasa Sakit

Berbagai komplikasi yang ada di lambung akibat penumpukan makanan dan efek lainnya tentu membuat perut menjadi terasa sakit atau mulas. Rasa sakit atau mulas ini biasanya datang setelah makan. Hal ini menjadi salah satu ciri dari penyakit gastroparesis.

Hanya saja perlu diingat bahwa tidak semua sakit perut mengindikasikan adanya gastroparesis. Perlu diagnosa dokter lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sakit perut yang kamu derita. Sebaiknya lakukan cek secara lengkap. Agar kamu menjadi lebih yakin terkait penyebab sakit perut yang kamu derita. Karena ada berbagai perut sering mulas sehabis makan yang tidak berhubungan dengan gastroparesis.

8. Masalah Berat Badan

Pencernaan yang bermasalah tentu berpengaruh pada masalah berat badan. Kurangnya asupan makanan yang dicerna akan membuat beratmu menjadi menyusut. Apalagi karena makanan yang ada tidak dapat dicerna secara sempurna. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan berpengaruh terhadap kondisi berat tubuhmu.

9. Malnutrisi

Kekurangan nutrisi menjadi dampak buruk dari gastroparesis ini. Gejala kelumpuhan lambung yang satu ini menjadi hal yang harus segera kamu tindak lanjuti. Malnutrisi akibat kurangnya asupan nutrisi yang diserap oleh tubuh akan menimbulkan berbagai macam bahaya. Apalagi jika dibiarkan untuk jangka waktu yang lama.

Dampak dari adanya malnutrisi secara terus menerus akan berpengaruh pada organ lain seperti hati, otak dan organ tubuh lainnya. Atasi masalah malnutrisi ini dengan konsumsi makanan untuk mengatasi malnutrisi. Namun, jika terus berlanjut segera periksakan ke dokter secara lengkap.

Gejala kelumpuhan lambung memang dapat terlihat sepele. Namun jangan abaikan jika semua gejala tersebut datang secara bersamaan. Ini merupakan hadirnya permasalahan pencernaan yang serius yaitu kelumpuhan lambung. Segera periksakan diri jika kamu merasa mengalami gejala-gejala di atas. Kamu dapat mengatasinya menggunakan berbagai makanan yang berkhasiat untuk mengatasi permasalahan lambung seperti gula merah. Khasiat gula merah untuk lambung telah terbukti mengatasi berbagai permasalahan lambung. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter untuk mendapat pengobatan terbaik bagi gastroparesis. Penanganan cepat dibutuhkan, untuk mencegah penyakit ini menjadi awal bagi penyakit-penyakit lainnya. Masalah pencernaan memang menjadi satu hal serius yang harus segera disembuhkan.

Sponsors Link
, , , ,