Sponsors Link

Inilah 8 Gejala Kanker Lambung Stadium 1 yang Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Kelumpuhan lambung atau dalam istilah medisnya disebut dengan gastroparesis adalah suatu kondisi ketika terganggunya pergerakan normal spontan otot lambung. Pada saat normal, kontraksi otot akan mendorong makanan melalui saluran pencernaan. Akan tetapi, apabila Anda terkena gastroparesis, pergerakan otot lambung melambat atau tidak bergerak sama sekali. Hal tersebut menyebabkan proses pengosongan perut terhambat. ketika proses pengosongan perut terhambat, maka akan menggangu proses pencernaan secara keseluruhan.

ads

Sampai saat ini, belum ditemukan apa penyebab pasti kelumpuhan lambung dapat terjadi, tetapi gangguan ini diduga berhubungan dengan terganggunya saraf dalam perut. Pada umumnya, ada 3 jenis penyakit kelumpuhan lambung yang dikagorikan:

  1. Yang tidak diketahui penyebabnya (idiopatik): biasanya terjadi setelah terjangkit penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.
  2. Yang berhubungan dengan diabetes: gula darah tinggi dapat merusak sistem saraf pada organ pencernaan, utamanya lambung.
  3. Yang terjadi pasca operasi: biasanya terjadi setelah dilakukannya operasi perut.

Gejala kanker lambung stadium 1

Pada sebagian besar kasus, para penderita kanker lambung stadium 1 atau gastroparesis biasanya tidak merasakan tanda dan gejala gangguan ini secara nyata. Hal itu dikarenakan, gejala kelumpuhan lambung nyaris mirip dengan gejala gangguan pencernaan lainnya. berikut ini adalah beberapa gejala kanker lambung stadium 1 yang wajib diwaspadai:

1. Sakit Perut

Perasaan sakit pada perut merupakan gejala kanker lambung stadium 1. Rasa sakit ini utamanya muncul pada sakit perut bagian atas tengah di mana ulu hati (lambung) terletak. Akan tetapi, perasaan sakit perut sakit seperti ditusuk-tusuk tidak selalu menandakan Anda menderita kanker lambung stadium 1. Bisa jadi juga itu hanya gejala sakit perut biasa jika tidak disertai dengan gejala lainnya. Sakit perut juga bisa menjadi gejala penyakit lain.

2. Perut Kembung

Pencernaan makanan yang terhambat menyebabkan perut memproduksi gas lebih banyak. Akibatnya perut akan terasa penuh dan bergas. Perut kembung juga dapat ditandai dengan perut yang membengkak. Coba lakukan cara mengobati perut kembung dengan meminum obat perut kembung untuk mengurangi rasa tak nyaman akibat masalah ini.

3. Cepat Merasa Kenyang

kanker lambung stadium 1 dapat menyebabkan perasaan cepat sekali kenyang setelah makan meskipun makanan yang disantap hanya sedikit. Bahkan perut masih bisa terasa kenyang berjam-jam setelah makan.

4. Nafsu Makan Berkurang

Nafsu makan berkurang ini berhubungan dengan perasaan cepat kenyang setelah makan. Karena maish merasa kenyang, makan nafsu untuk makan pun nyaris tidak ada.

5. Mual

Gejala kanker lambung stadium 1 selanjutnya adalah mual. Mual adalah gejala umum dari kebanyakan gangguan pencernaan.

6. Muntah

Muntah biasanya reaksi tubuh yang terjadi setelah mual. Namun, tidak selamanya mual itu diikuti dengan muntah.

7.Berat Badan Turun dan Malnutrisi

Nafsu makan yang kurang akan menyebabkan keengganan untuk makan. Keengganan makan ini dapat menyebabkan berat badan turun dan malnutrisi. Ditambah lagi apabila si penderita juga mengalami muntah-muntah. Alhasil, makanan yang seharusnya dicerna sempurna oleh tubuh malah kembali lagi keluar.

8. Level Gula Darah Berubah

Makanan yang tidak dicerna sempurna didalam lambung berpengaruh pada pencernaan glukosa. Akibatnya level gula darah dapat terganggu dan menjadi tidak normal.

Itulah beberapa gejala kanker lambung stadium 1 yang harus diwaspadai dan diperhatikan. Apabila Anda mengalami beberapa atau semua gejala di atas, segera hubungi dokter untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut serta diberikan cara mengobati gastroparesis yang tepat.

Sponsors Link
, , ,