Sponsors Link

9 Gejala Kanker Kolon Stadium 1 yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Kanker kolon atau kannker usus besar merupakan jenis kanker yang menyerang pada usus besar , usus besar merupaka bagian terakhir pada system pencernaan manusia. Akan tetapi penyakit ini dapat terjadi pada segala usia, namun 90% penderitanya merupakan lansia yang mempunyai umur di atas 60 tahun. Kanker usus besar atau kannker kolon biasanya di awali dengan pembenukan gumpalah sel yang berukuran kecil dan biasa di sebut polip adenoma, nah kemudian gumpalan ini dapat menyebar secara tidak terkendali tergantung seiring waktu.

ads

Kanker usus besar atau kanker kolon dapat terjadi karena mutasi genetic, apa itu mutasi genetic ? Dimana sel – sel DNA pada area tubuh tertentu seacara tidak terkendali dan bersifat merusak. Nah paa penyakit kanker usus besar atau kanker klon ini pertumbuhan abnormal sel tersebut dapat bermula pada bagian lapusan usus bagian adlam, setelah itu dpat menjalar dan menghancurkan sel – sel lainya yang berada pada dekatnnya bahkan paling parah dapat menjalar hingga ke area tubuh lainya. 

Mutasi genetic pada penyebab kanker kolon atau kanker usus besar ini mempunyai sifat turunan, yang artinya seseorang yang mempunyai anggota keluarga dengan kanker usus besar akan beresiko lebih tinggi untuk terkena  kanker kolon atau kanker usus besar ini. Ada 2 jenis kankker usus besar yang mempunyai sifat turunan yaitu :

  • Hereditary nonpolyposis colorectal cancer(HNPCC), ini merupakan kelainan yang juga di kenal dengan sebutan sindrom Lynch. Seseorang yang terkenan syndrome lynch akan mempunyai risiko tinggi kanker usus besar pada usia di bwah 50 tahun.
  • Familial adenomatous polyposis (FAP), adalah penyakit yang langka dan dapat menyebabkan munculnya banyak benjolan kecil atau polip pada dinding usus besar dan juga rectum. Seseorang yang terkena fap berisiko sangat tingi untuk menderita kanker usus besar pada usia di bwah 40 tahun.

Tahapan perkembanga kanker usus besar atau kanker kolon :

4 tahapan yang menentukan tingkat keparahan pada kanker kolon atau kanker usus besar yaitu :

  • Stadium 1, pada tahap stadium 1 ini , kanker sudah dapat mulai tumbuh pada usus besar akan tetapi belum menyebar karna masih terhalan dinding pada usus. (baca juga: Obat Tradisional Keracunan Makanan)
  • Stadium 2, untuk tahap stadium 2 kannker usus besar atau kanker kolon sudah menyebar ke seluruh dinding usus besar bahkan juga menembusnya.
  • Stadium3, untuk stadium 3 , kelenjar getah bening yang berletak berdekatan dengan usus besar sudah berhasil di gerogoti oleh kanker.
  • Stadium 4, merupakan stadium atau kondisi paling parah pada kanker usus besar atau kanker kolon ini, karna sudah terjadi penyebarn kanker pada usus besar. Untuk tahap ini kanker telah menyebar semakin jauh dan juga bahkan dapat menyerang organ tubuh lainya seperti paru-paru ataupun hati.

Untuk penentuan tingkat dari keparahan kanker usus besar atau kanker kolon ini dpat di lakukan melalui diagnosi. Hal ini sangat berguna dan efisien sekali untuk membantu dokter memberikan penanganan sekaligus obat yang tepat dan cocok untuk si pasien. 4 Obat Tradisional Wasir Stadium 4 yang Aman Dikonsumsi

Gejala kannker usus besar atau kankker kolon stadium 1 :

Nah kanker usus besar atau kanker kolon ini mempunyai gejala yang dapat di kenali, beberapa pasien penderita kannker usus besar biasanya mengalami :

  • Perubahan tekstur pada kepadatan feses, gejala tipes bahkan juga malah ada yang mengalami pendarahan pada anus. Tekstur pada kotoran biasanya bertambah keras hinga pada akhirnya menjadi konstipasi dan menjadi cair atau diare.
  • Keluarnya darah pada kotoran, dan juga pendarahan pada bagian anus.
    Sponsors Link

  • Mengalami penurunan pada berat badan.
  • Tubuh selalu merasa lelah.
  • Sering mengalai nyeri ataupun kram pada bagian perut
  • Perut terasa kembung.
  • Seiring waktu meningkatnya frekuensi buang air besar atau diare
  • Mengalami konstipasi
  • Mengalami penurunan nafsu makan

Akan tetapi perlu di ketahui juga bahwa tidak semua gejala tersebut akan di rasakan oleh si penderita, ada juga yang sebagian meraasakan buang air besar di seratai darah pada kotoranya, akan tetapi ada juga yang tiadk mengalaminya, akan teteapi mereka sama sama mengalami nyeri pada bagian perut sakit seperti kram.

Nah ketika anda sudah mengalami gejala di atas, maka segeralah teui dokter. Terutama ketika anda mengalami diare dan bergantian dengan konstipasi selama waktu lebih dari tiga mingga, anda harus waspada juga ketika anda berusia sudah mencapai 50 tahun dan merasakan gejala – gejala di atas tadi. Segeralah berkunjung atau konsultasi kepada dokter agar dokter memberika obat dan juga cara untuk menyembuhkanya dan tidak terjadi penyakit yang serius. (baca juga: Khasiat Daun Salam untuk Lambung)

Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda unutk mengenali serta tau apa langkah awal untuk megnatasi kanker kolon stadium 1, perlu di ingat kanker kolon merupakan bukan penyakit yang main main kara jika sudah mencapai stadium akhir dapat mengancam nyawa si penderita kanker kolon atau tumor kolon. 3 Hubungan Asam Lambung dan Nyeri Punggung yang Perlu Diketahui

Sponsors Link
, , , ,