Sponsors Link

9 Gejala Gastroenteritis yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Apa itu Gastroenteritis ?

ads

Gastroentritis merupakan ifnalmasi yang terjadi pada lapisan usus dan biasanya juga dpat di sebabkan karena ifeksi. Ada beberapa orang yang berpendapat dan juga berfikir bahwa mereka terkana flu perut namun ternyata yang tepat adalah gastroenteritis. Nah sebagia besar infeksi juga di sebabkan oleh virs akan tetapi juga dapat di sebabkan oleh bakteri ataupun parasite, nah ternayata infeksi ini juga dapat menyebar melalui media makanan ataupun air yang sudah terkontaminasi atau berkontal secara langsung dengan beberapa orang yang sudah terinveksi.

Masalah utama akibat gastroenteritis merupakan deihidrasi. Dihidrasi dapat terjadi saat kita terlalu banyak membuang cariran pada tubuh atau saat kita juga mengalami kekurangan cairan pada tubuh. Ketika kita terlalu banak membuang cairan pada tubuh seperti muntah , dll otomatis cairan kita yang ada ada dalam tubuh kita di keluarkan dan juga otomatis tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan.

Umumkah penyakit gastroenteritis ?

Nah ternyata gastroenteritis sering sekali terjadi kepada bayi, ataupun anak kecil , orang tuda dan juga dengan orang yang mengalami system imun yang lemah. Anda dapat melakukan beberapa pencegahan akan tetapi pencegahan yang terbaik yang dengan melakukan cuci tangan yang rutin. Anda juga dpat berkunjung kedokter ketika ingin berkonsultasi mengenai penyakit tersebut , dan anda juga dapat meminta obat yang cocok untuk anda konsumsi agar anda dapat segera sembuh ataupun terhindar dari penyakit tersebut.

Tanda – tanda dan juga gejala penyakit gastroenteritis ?

  • Rasa nyeri pada perut
  • Rasa kram pada perut
  • Mengalami mual
  • Mengalami muntah
  • Mengalami penurunan berat badan
  • Mengalami penurunan nafsu makan
  • Mengalami demam
  • Sering menggigil
  • Mengalami sakit kepala

Nah akan tetapi tergantung dengan beberapa penyebab dan juga gejala tersebut dapat terjadi 1 hingga 3 hari setelah anda terinfeksi dan dapat berlangsung hingga 1 hingga 2 hari atau juga dapat mencapai 10 hari dapat lebih parah ketika anda tidak egera membawanya kedokter atapun menangani nya secara tepat. Anda dapat berkunjugn ke dokter dan juga meminta resep obat yang cocok anda konsumsi agat gejala tersebut tidak berlangsung lama dan juga semakin memburuk. Bila anda sudah menemukan gejala nya dan mulai mengeluarkan rasa khawatir anda dapat langsung berkonsultasi kepada dokter.

Kapan kita harus kedokter ?

Anda harus cepat berkunjung kedokter ketika anda sudah mengalami beberapa gejala berikut ;

  • Mengalami gejala BAB terus menerus selama 24 jam ataupun lebih dapat di barengi juga dengan gejala BAB berdarah
  • Mengalami muntah yang berkepanjangan hingga mencapai 2 hari ataupun lebih dapat muntah darah ataupun muntah biasa
  • Anda juga dapat mengalami dehidrasi , tanda – tanda dehidrasi antara lain , haus, mulut terasa kering, urin berwarana kuning gelap, urin hannya keluar sedikit
  • Mengalami demam tinggi
Sponsors Link

Khsus untuk bayi :

  • Mengalami demam tinggi
  • Rewel atau mengangis terus menerus
  • Mengalami lemas atau lemah
  • Mengalami diare berdarah
  • Mengeluarkan tanda – tanda dehidrasi
  • Muntah dalam beberapa jam
  • Tidak megnalami buang air kecil selama 6jam atau lebih
  • Jam tidur yang tidak seperti biasanya.

Penyebab gastroenteritis ?

Gastroenteritis juga dpat di sebab kan dari inveksi virus , bakteri, dan juga parasi. Akan tetapi infeksi ini juga dapat menyebar melalui makanan dan juga minuman ataupun kontak secara langsung dengan seseorang yang sudah terinfeksi. Infeksi virus yang sangat sering terjadi juga dapat menyebabkan infeksi norovirus dan juga rotavirus. Nah pada kasus ini jarang bakteri penyebab infeksi adalah E.coli salmonella dan bisanya bakteri ini dapat di temukan pada daging ungags mentah ataupun telur yang sudah terkontaminasi.

ads

Ada baiknya anda memeriksa kan kondisi anda sejak gejala awal, agar anda selalu mendapatkan penanganan yang tepat dan pengawasan yang tepat , sehingga penyakit atau gejala yang anda alami tidak bertambah parah ataupun semakin parah. Gastroentertitis juga dapat menyebabkan tingkat keparahan pda berkisar sakit perut ringan hingga 1 sampai dua hari dan juga diare , muntah – muntah selama beberapa hari. Banyak juga virus , bakteri dan juga mikroba lainya seperti kuman juga dapat menyebabkan gastroenteritis. Virus  terutama virus rotavirus norovirus dan juga adenovirus dan juga bekteri Escherichia coli merupakan penyebab utama penyakit gastroenteritis , akan tetapi banyak agen infeksi lain yang juga dapat menyebabkan sindrom ini.

Nah di bawah ini merupakan beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit gastroenteritis :

  • Virus

khusus nya Rotavirus, rotavirus merupakan penyebab yang paling umum pada gastroenteritis yang terjadi pada anak – anak. Nah virus ini sudah menyebabkan setidaknya sekitar 70% dari episode diare pada kelompak anak – anak. Akan tetapi rotavirus juga termasuk dalam penyebab yang kurang umum khusus untuk orang dewasa, di karenakan faktor kekbalan yang di milikinya. Norovirus, Merupakan penyebab utama gastroenteritis pada kalangan orang dewasa, dan sudah menjadi penyebab utama hingga mencapai angka 90% wabah. Biasanya wabah ini dapat terjadi saat kelompok – kelompok orang menghabis kan waktu dengan adanya kontak fisik yang dekat antara satu dengan yang lain seperti yang berada pada rumah sakit ataupun kapal pesiar. Bah kan ternayat orang lain pun juga penyadi penyebab menularnya. Akan tetapi novirus merupakan penyebab dari 10% yang di alami oleh anak – anak.

  • Bakteri

Pada Negara yang sudah maju campylobacter jejuni merupakan salah satu penyebab utama gastroenteritis. Setengah kasus – kasus yang secara langsung berhubungan denga paparan ungags. Nah pada anak – anak bakteri juga dapat menyebabkan sekitar 15% kasus dengan beberapa jenis yang umum seperti Escherichia coli, salmonella, shigella , spesies, campylobacter. Nah ketika makanan terkontaminasi dengan beberapa bakteri dan berada pada suhu pada kamar  selama beberapa jam. Nah bakteri dapat berkembang biak dan juga meningkatkan resiko infeksi pada mereka yang sudah mengkonsumsi makanan . Pada beberapa makanan yang umum sperti kecambah, daging mentah, setengah matang , telur, keju lunak , jus sayuran dll. Pada kasus di beberapa Negara berkembang seperti korea penyebab umum gastroenteritis merupakan dari makanan dan juga air yang sudah terkontaminaasi.

  • Non – infeksi

Ada beberapa jumlah penyebab non – infeksi yaitu seperti peradangan pada saluran pencernaan. Nah beberapa contoh penyebab yang lebih umum merupakan obat – obat an sperti. Makanan tertentu yang mengandung laktosa, dan juga gluten. Penyakit crohn juga dapat merupakan sumer non – infeksi pada gastroenteritis. Penyakit sekunder ini juga bisa terjadi di karenakan beberapa kondisi makanan yang terkait dengan mual , muntah dan juga racun.

  • Transmisi
Sponsors Link

Penularan sebagaian besar melalui konsumsi air yang sudah terkontaminasi, ketika seseorang berbagai benda – benda yang tergolong pripadi pada tempat – tempat tertentu teruntuk lagi pada musim musim kemarau yang berkepanjangan. Nah pada keadaan tersebut kualtias air biasnya mengalami penurunan ataupun memburuk dan ini juga berkorelasi dengan waktu wabah. Botol pada makanan bayi yang tidak di bersih kan hingga benar – benar bersih ataupun secara benar juga dpat menjadi penyebab yang signifikan pada skala global transmisi juga terkait dengan beberapa keberihan yang buruk , terutama pada kalangan anak – anak

Penanganan ?

Gastroentertitis juga merupakan penyakit akut dan sembuh dengan sendirinya yangt tidak memerlukan pengobatan. Akan tetapi ada beberapa pengobatan pilihan pada mereka yang juga mengalami dehidrasi dari skala ringgan hingga ke sedang dengan menggunakan terapi Rehidrasi oral atau ORT. Metocpramide dan juga ondansetron  dapat membantu beberapa pasien mengurangi perasaan ingin BAB atau pergi ketoilet dan juga butslcoppolamine yang bergunan untuk mengobati rasa sakit pada  perut, nah perlaukan utama gastroenteritis [ada anak – anak dan juga orang dewasa merupakan rehidrasi.

Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang gastroenteritis dan juga dapat membuat anda menjadi tahu seperti apa penyakit tersebut, cara penangananya , gejala nya , dan juga penyebab nya. Dengan begitu akan membuat anda apat mengetahui penyakit tersebut sejak dini dan dapat mengobati penyakit tersebut sejak dini, Jika di rasa gejala yang di alami sudah parah dan tidak kunjung sembuh , ada baik nya anda segera memeeriksakan ya kedokter dan meminta resep obat yang cocok untuk anda konsumsi agar anda segera lekas sembuh dan dapat beratkfitas seperti bisanya. Bisanya dokter juga akan memberikan alsan dan juga cara untuk menghindari penyakit tersebut.

Sponsors Link
, ,